Info Sehat

6 Telemedicine yang Aktif Digunakan Masyarakat Indonesia

May 19, 2022 | aldi heryadi
feature image

Seiring dengan perkembangan teknologi serta munculnya COVID-19, mendorong pemerintah untuk secara resmi melalui Kementerian Kesehatan telah membuka layanan telemedicine atau konsultasi kesehatan daring bagi pasien COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri maupun masyarakat yang ingin mendapatkan akses layanan kesehatan.

Meningkatnya tren penggunaan layanan kesehatan menggunakan telemedisin dikarenakan pemerintah ingin menekan penyebaran virus COVID-19 dan bisa memperluas jangkauan fasilitas layanan kesehatan di tengah situasi pandemi ini. Hal ini menyebabkan aplikasi telemedicine semakin berkembang pesat. Fitur-fitur terbaru pun terus bertambah pada setiap layanan telemedisin. Nah, apa saja layanan telemedisin yang sering digunakan masyarakat? Simak yuk!

  1. Halodoc

Halodoc merupakan aplikasi telemedicine yang didirikan pada tahun 2016 di Jakarta oleh Jonathan Sudharta. Halodoc menawarkan solusi kesehatan secara lengkap, mulai dari chat dengan dokter, kunjungan rumah sakit, beli obat, cek lab, dan updateinformasi seputar kesehatan. Halodoc juga menawarkan beberapa layanan untuk COVID-19 sebagai bentuk kepeduliannya terhadap masyarakat, seperti tes, konsultasi dokter, pesan obat, informasi COVID-19, cek mandiri, cek siap vaksin, vaksinasi COVID-19, dan cek pasca vaksin.

  1. Alodokter

Alodokter didirikan oleh Nathanael Faibis sejak tahun 2014 sebagai penyedia layanan kesehatan di Indonesia dalam memberikan informasi medis yang dinilai mudah dipahami, akurat, dan dapat diakses oleh siapapun. Alodokter menyediakan beberapa fitur seperti Chat Bersama Dokter, Cari Dokter, Proteksi Alodokter, hingga Alodokter Shop. Beberapa fitur tersebut dapat dimanfaatkan juga sebagai upaya dalam penanganan COVID-19.

Baca juga: Lessons From Using Telemedicine During the Pandemic and Opportunities in the New Normal: Good Doctor Shares Their Views at Various Events

  1. Klikdokter

Klikdokter merupakan sebuah portal situs komunikasi, informasi, dan edukasi kesehatan yang dibuat bagi komunitas medis dan publik yang didirikan sejak tahun 2008. Klikdokter diselenggarakan dan dijalankan oleh tim redaksi medis yang terdiri dari dokter-dokter yang berkompetensi. Layanan yang tersedia seperti live chat, berbagai informasi mengenai penyakit dan cara sehat, tanya dokter, dan lain-lain.

  1. Isoman Kemenkes

Layanan Telemedisin Pasien COVID-19 Isolasi Mandiri merupakan sebuah layanan yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan kepada pasien positif COVID-19 untuk melakukan konsultasi kesehatan secara virtual selama menjalani isolasi mandiri yang bisa diakses kapan pun dan dimana pun oleh pasien. Layanan ini bekerjasama dengan 17 platform telemedicine untuk memberikan jasa konsultasi dokter dan juga jasa pengiriman obat secara gratis. 

  1. Aplikasi Telemedisin Rumah Sakit

Layanan telemedisin milik beberapa rumah sakit di Indonesia ini menyasar berbagai lapisan masyarakat baik pasien COVID maupun non-COVID. Ada beberapa rumah sakit yang memiliki layanan telemedisin diantaranya adalah Siloam Hospitals Group, Mitra Keluarga, Primaya Hospital, dan RS Pondok Indah Group.

  1. Good Doctor

Penyedia layanan kesehatan berbasis teknologi yang memiliki visi yaitu ‘Satu Dokter untuk Satu Keluarga Di Indonesia’. Good Doctor Technology Indonesia adalah mitra resmi Grab dalam menghadirkan layanan kesehatan melalui GrabHealth. Good Doctor juga menyediakan layanan seperti pembelian obat, informasi kesehatan, employee healthcare, dan GrabHealth.

Dilengkapi dengan kemampuan teknologi mutakhir, Good Doctor Technology Indonesia bertujuan menghubungkan para tenaga profesional kesehatan dengan para pasien dalam menyediakan layanan medis berkualitas tinggi untuk mengatasi hambatan waktu dan jarak tanpa mengesampingkan pentingnya pemeriksaan fisik sebagai bagian dari praktik diagnosa.Itulah beberapa aplikasi telemedisin yang sering digunakan oleh masyarakat di Indonesia semenjak kasus COVID-19 merebak berdasarkan survey yang dilakukan oleh katadata. Tak perlu bingung memilihnya, karena pada prinsipnya semua aplikasi telemedisin menginginkan cakupan pelayanan kesehatan secara komprehensif bagi seluruh lapisan masyarakat. Kesehatan merupakan hal penting untuk kehidupan, untuk itu konsultasikan masalah kesehatan Anda dengan dokter-dokter yang terpercaya di Good Doctor! Tak lupa, cari informasi kesehatan yang akurat pada laman Hidup Sehat. Yuk, daftar sekarang di sini.

register-docotr