Info Sehat

6 Jenis Makanan agar Susah BAB Tak Datang Lagi

September 15, 2020 | Dewi Nurfitriyana | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Sembelit di pagi hari memang bukan gangguan kesehatan yang membahayakan jiwa. Tapi jika dialami setiap hari, tentu hal ini bisa membuat kamu lama-lama menjadi stres.

Meski hampir semua orang mengalaminya, tapi ini bukan alasan untuk menyepelekan masalah susah buang air besar.

Yuk, cari tahu apa saja asupan makanan yang bisa dikonsumsi untuk membantu buang air besar menjadi lancar berikut ini.

Yoghurt

Dilansir dari Medicalnewstoday, yoghurt mengandung bakteri baik yang dinamakan probiotik. Fungsinya adalah membantu meningkatkan kesehatan usus dan melunakkan tinja.

Pada penelitian tahun 2014, ditemukan fakta bahwa penderita sembelit yang memakan 180 mililiter yoghurt setiap pagi selama 2 minggu, butuh waktu lebih singkat untuk mengeluarkan kotoran dari usus besar.

Baca juga: Praktis dan Mudah Diolah, Apa Kandungan Gizi yang Dimiliki Telur?

Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan seperti lentil, buncis, dan kacang polong, memiliki kandungan serat yang sangat tinggi.

Seperti yang telah diketahui secara umum, serat adalah komponen yang berperan besar dalam menciptakan sistem pencernaan yang sehat, termasuk mencegah terjadinya sembelit.

Penelitian tahun 2017 pun membenarkan hal tersebut. Dari situ disebutkan bahwa 100 gram kacang-kacangan yang dimasak, dapat memenuhi 26 persen kebutuhan serat harian yang direkomendasikan di Amerika Serikat.

Plum

Buah plum kering yang juga dikenal dengan sebutan prunes, telah lama dikonsumsi sebagai obat alami untuk mengatasi konstipasi.

Hal ini sangat wajar, mengingat buah ini mengandung serat yang begitu tinggi, yakni 2 gram per 1 ons penyajiannya (sekitar 3 butir).

Serat tidak larut dalam buah plum yang dikenal sebagai selulosa, juga dapat meningkatkan jumlah kandungan air di dalam tinja. Sementara serat larutnya terfermentasi di dalam usus besar dan berubah menjadi asam lemak yang menambah massa pada kotoran.

Tak hanya itu, prunes juga memiliki kandungan sorbitol, yang memiliki efek pencahar pada sebagian orang.

Baca juga: Ssst… Ini 6 Penyebab Perempuan Susah Orgasme saat Berhubungan Seksual

Apel

Apel adalah buah yang sangat kaya akan serat. Dilansir dari Healthline, satu butir apel berukuran sedang seberat sekitar 182 gram, mengandung 4,4 gram serat. Jumlah ini dapat memenuhi kebutuhan serat harian sebanyak 17 persen.

Apel juga memiliki kelebihan lain yakni terdiri dari serat larut dalam air yang dinamakan pectin. Saat masuk dalam sistem pencernaan, pectin akan terfermentasi secara acak oleh bakteri di dalam usus, dan berubah menjadi asam lemak rantai pendek yang dapat membuat tinja menjadi lunak.

Bayam

Sayuran hijau semacam bayam, brokoli, atau brussel sprouts tak hanya kaya akan serat, namun juga merupakan sumber vitamin C, vitamin K, dan asam folat yang baik bagi kesehatan.

Sayuran jenis ini juga membantu menambah massa dan berat pada tinja, sehingga membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan melalui usus.

Satu cangkir bayam yang dimasak, dapat mengandung 4,3 gram serat, atau 17 persen dari asupan harian yang direkomendasikan para ahli.

Untuk memasukkan bayam ke dalam menu makanan kamu, coba olah bayam menjadi sup, tumis, pie, atau bahkan quiche. Bayam bayi bahkan bisa dikonsumsi mentah dengan dijadikan sebagai salad atau sandwich.

Baca juga: Begitu Lezat, Simak Berbagai Kandungan Gizi Susu Berikut Ini

Ubi jalar

Selain enak, tumbuhan yang satu ini juga ternyata mengandung banyak serat yang bermanfaat agar terhindar dari sembelit.

Satu buah ubi jalar yang memiliki berat sekitar 114 gram, diketahui mengandung 3,8 gram serat. Angka ini cukup besar untuk memenuhi kebutuhan serat harian kamu.

Sebuah studi yang meneliti dampak memakan ubi pada orang yang sedang menjalani kemoterapi menemukan sebuah fakta yang sangat menarik.

Di situ diketahui bahwa, setelah 4 hari memakan 200 gram ubi jalar secara rutin, peserta penelitian melaporkan bahwa mereka jadi jarang susah buang air besar.

Semua makanan di atas terbilang mudah diperoleh dan memiliki harga yang murah. Jadi tak ada alasan untuk tidak mencobanya agar gangguan sembelit tak datang lagi.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter terkait dengan masalah kesehatan kamu di aplikasi Good Doctor. Dokter terpercaya kami akan membantu dengan layanan 24/7.

Reference

The 17 Best Foods to Relieve Constipation https://www.medicalnewstoday.com/articles/322382#fourteen-foods diakses pada 14 September 2020

Which foods are good for constipation? https://www.healthline.com/nutrition/best-foods-for-constipation#section12 diakses pada 14 September 2020

    register-docotr