Info Sehat

5 Fakta Menarik tentang Latihan Brandt-Daroff untuk Atasi Vertigo

January 5, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Gangguan vertigo sering kali membuat penderitanya tidak bisa beraktivitas secara normal. Bahkan tak jarang, nyeri kepala yang satu ini bisa sampai membahayakan nyawa.

Oleh karena itu, penyakit ini harus segera diatasi dengan metode pengobatan yang tepat. Salah satunya adalah dengan rutin melakukan latihan Brandt-Daroff.

Latihan ini merupakan rangkaian gerakan yang dapat membantu mengatasi gejala jenis vertigo tertentu. Mari simak ulasan mengenai latihan ini secara lebih lengkap di sini.

Baca juga: Dapatkah Stres Menyebabkan Vertigo? Simak 6 Fakta Menarik Mengenai Hal Ini

Apa itu latihan Brandt-Daroff?

Dilansir Uofmhealth.org, latihan Brandt-Daroff merupakan terapi vertigo yang umum diberikan pada pasien vertigo posisi paroksismal jinak (BPPV). Ini adalah jenis vertigo yang menimbulkan sensasi berputar-putar secara tiba-tiba.

BPPV terjadi ketika kristal kalsium karbonat kecil yang terbentuk di organ otolith telinga pecah, dan bergerak ke kanal setengah lingkaran di telinga. Kejadian ini mengirimkan sinyal campuran ke otak tentang posisi tubuh, sehingga membuat kamu merasa pusing.

Latihan Brandt-Daroff diketahui dapat melepaskan dan memecah kristal tersebut dan meredakan gejala pusing.

Cara melakukan latihan Brandt-Daroff

Posisi latihan Brandt-Daroff. Sumber foto: Wsh.Nhs.Uk

Dilansir dari Wsh.nhs.uk, latihan Brandt-Daroff harus dilakukan selama dua atau tiga minggu dengan durasi sebanyak 5 kali pengulangan selama 10 menit.

Masing-masing dilakukan pagi, siang, dan malam hari. Adapun untuk gerakannya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Duduk menyamping dengan nyaman di tengah tempat tidur (posisi 1), lalu putar kepala 45 derajat ke satu sisi.
  2. Jaga posisi kepala tetap seperti itu, dan baringkan tubuh menyamping di tempat tidur secara berlawanan arah dengan cara memutar kepala kamu.
  3. Misalnya, jika kepala menengok ke kiri, maka badan harus berbaring ke sisi kanan (posisi 2).
  4. Gerakan ini bisa menimbulkan sensasi pusing atau vertigo singkat.
  5. Tetap berada di posisi ini selama 30 detik, atau sampai pusing telah berlalu.
  6. Kembali ke posisi duduk (posisi 3), dan diam seperti itu selama 30 detik.
  7. Putar kepala sebanyak 45 derajat ke arah yang berlawanan dengan sebelumnya dan lanjutkan rutinitas yang sama tetapi ke sisi lain.
  8. Ini berarti kamu harus menjaga agar kepala tetap menoleh ke satu sisi dan berbaring miring di tempat tidur ke sisi yang berlawanan.
  9. Misalnya, jika kepala menoleh ke kanan maka berbaringlah ke sisi kiri (posisi 4).
  10. Gerakan ini juga bisa menimbulkan sensasi pusing yang singkat, namun tetap pertahankan posisi ini selama 30 detik atau sampai pusing telah berlalu.
  11. Kembali ke posisi duduk (posisi 1), bertahanlah selama 30 detik.
  12. Ulangi sesuai jadwal yang telah kamu tetapkan.
  13. Setelah menyelesaikan set latihan, pastikan kamu tetap duduk di sisi tempat tidur sampai pusingnya hilang dan merasa aman untuk berdiri.

Baca juga: Baca juga: Ampuh Redakan Sakit Kepala, Lakukan Pijat di 5 Titik Bagian Tubuh Ini

Manfaat dan tingkat keberhasilan latihan Brandt-Daroff

Sebuah studi telah berupaya meneliti tentang tingkat efektifitas latihan Brandt-Daroff pada 60 pasien BPPV.

Hasilnya ditemukan fakta bahwa latihan ini memiliki tingkat keberhasilan pada sekitar 80 persen peserta, di mana 30 persen sisanya mengalami kembali gejala vertigo.

Temuan ini cukup membuktikan bahwa meski tidak selalu menyembuhkan, namun latihan Brandt-Daroff merupakan cara yang cukup baik untuk mengelola gejala vertigo.

Risiko latihan Brandt-Daroff

Secara umum tidak ada risiko dalam melakukan latihan ini. Namun penting untuk diingat, agar kepala tidak terbentur atau cedera leher ringan, berhati-hatilah untuk tidak berbaring terlalu cepat.

Meski begitu latihan Brandt-Daroff juga memiliki risiko tertentu. Salah satu yang paling sering dikeluhkan adalah rasa pusing, terutama jika kamu belum pernah melakukannya.

Jadi upayakan untuk meminta bantuan orang lain saat kamu baru pertama kali melakukan latihan ini. Tujuannya adalah untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan selama kamu melakukan latihan.

Efektifitas latihan Brandt-Daroff dibandingkan dengan metode lainnya

Selain latihan Brandt-Daroff, penderita vertigo juga biasa disarankan untuk melakukan teknik Epley dan Semont untuk mengobati gejala vertigo mereka. Masing-masing tentu memiliki keunggulan dan kekurangan.

Jika dilihat dari sisi kemudahan, maka banyak orang menganggap latihan Brandt-Daroff jauh lebih mudah dilakukan di rumah daripada latihan serupa lainnya. Teknik ini juga relatif lebih aman untuk dilakukan oleh orang dengan cedera tulang belakang atau punggung.

Namun bila dilihat dari segi efektivitas, dilansir dari Healthline, manuver Epley dan Semont diketahui memiliki tingkat efektivitas sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dengan latihan Brandt-Daroff pada sebagian orang.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

Brandt-Daroff exercises, https://www.wsh.nhs.uk/CMS-Documents/Patient-leaflets/ENT/6331-1-Brandt-Daroff-Exercises.pdf diakses pada 4 Januari 2021

Brandt-Daroff Exercise for Vertigo, https://www.uofmhealth.org/health-library/hw205649 diakses pada 4 Januari 2021

The Brandt-Daroff Exercises: Can They Really Treat Vertigo?, https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/brandt-daroff-exercises#benefits-and-success-rate diakses pada 4 Januari 2021

A comparative study on effectiveness of the rolling-over maneuver in rehabilitation of patients with posterior semicircular canal benign paroxysmal positional vertigo, https://ejo.springeropen.com/articles/10.4103/1012-5574.133193 diakses pada 4 Januari 2021

 

 

    register-docotr