Info Sehat

5 Cara Ampuh Menghilangkan Bintitan pada Mata, Apa Saja?

July 17, 2020 | Husni Efendi | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Mungkin sebagian besar dari kamu pernah mengalami bintitan. Bikin tak percaya diri, berbagai cara menghilangkan bintitan pada mata pun akan dilakukan.

Ya, meski sebenarnya tidak terlalu berbahaya, namun bintitan juga bisa membuat seseorang jadi tak percaya diri. Kadang-kadang kondisi ini juga bisa mengganggu kenyamanan beraktivitas.

Apa itu bintitan pada mata?

Bintitan di mata adalah infeksi mata berupa benjolan kecil berwarna merah yang muncul di tepi kelopak mata.

Hal ini biasanya disebabkan karena infeksi bakteri staphylococcus. Bintitan juga dikenal dengan istilah hordeolum.

Cara menghilangkan bintitan pada mata

Berikut cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu menghilangkan bintitan pada mata:

1. Kompres dengan air hangat

Cara menghilangkan bintitan bisa dilakukan dengan mengompres mata yang terkena bintitan. Gunakan handuk yang sebelumnya sudah direndam dalam air hangat.

Kemudian peras handuk sampai tidak tersisa air yang menetes, kemudian tempelkan pada daerah yang terkena bintitan selama kurang lebih 10 menit. Lakukan hal tersebut selama 3 sampai 4 kali dalam sehari.

Yang harus diperhatikan, hindari menggunakan kain kompres yang terlalu panas karena bisa menyebabkan kelopak mata terluka.

2. Menggunakan anti nyeri OTC

Umumnya saat bintitan meradang kamu bisa merasangan nyeri pada bagian kelopak mata yang terinfeksi, untuk itu kamu bisa meminum obat anti nyeri seperti ibuprofen atau paracetamol untuk mengurangi gejalanya.

3. Letakkan kantong teh celup pada mata

Bahan lain yang bisa digunakan untuk mengatasi bintitan pada mata adalah mengompres dengan menggunakan kantong teh celup.

Teh hijau lebih direkomendasikan, karena memiliki fungsi antibakteri yang bisa meredakan infeksi.

Caranya, rendam kantong teh celup dalam air panas selama kurang lebih lima menit, angkat kantong teh celup dan biarkan sampai suhunya menjadi hangat.

Biarkan sisa-sisa air sudah merembes ke luar sehingga saat mengompres tidak akan terlalu membasahi mata. Kompres pada area mata yang bintitan selama kurang lebih 15 menit. Lakukan berapa kali dalam sehari hingga bintitan mengempis.

4. Hindari penggunaan lensa kontak dan make up

Jika kamu sedang mengalami bintitan, hal yang paling penting di hindari adalah penggunaan lensa kontak dan makeup pada mata, karna penggunaan lensa kontak bisa membuat infeksi yang ada pada bintitan menyebar ke dalam mata jika terkontaminasi. Selain itu penggunaan makeup juga dapat menunda bintitan untuk sembuh karena dapat mengiritasi bagian yang terkena bintitan.

5. Hindari sering memencet bintitan pada mata

Saat kamu mengalami bintitan, hindari untuk menyentuh bahkan memencetnya. Memegang atau menggosok area kelopak mata juga perlu dihindari.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan penyebaran infeksi ke kelopak mata yang dari tangan yang kotor. Tetap jaga area mata supaya tetap bersih.

Sering membersihkan kelopak mata pada area bintitan sangat dianjurkan, selalu gunakan air bersih untuk membersihkan kelopak mata dan lakukan secara perlahan.

Cara mencegah bintitan pada mata

Setelah mengetahu cara mengatasi bintitan pada mata, ada baiknya kamu juga selalu menjaga supaya bintitan tidak datang kembali. Berikut beberapa cara mencegah bintitan yang bisa dilakukan:

  • Selalu menjaga kebersihan tangan dan mencuci tangan sebelum menyentuh mata, dan usahakan memakai pelindung mata saat berada di daerah berdebu
  • Tidak memakai handuk yang juga dipakai dengan orang lain, terutama dengan orang yang sedang mengalami bintitan
  • Untuk kamu yang memakai lensa kontak pada mata, selalu sterilkan lensa kontak sebelum digunakan dan cuci tangan terlebih dahulu sebelum memasangkan lensa kontak pada mata
  • Tidak menggunakan kosmetik yang sudah kedaluwarsa, juga tidak menggunakan kembali kosmetik mata yang pernah digunakan saat bintitan

Demikian informasi tentang cara mengatasi mata bintitan yang bisa kamu coba. Jika kondisinya tak kunjung membaik, segera cek ke dokter.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

– Medical News Today, Everything you need to know about styes, diakses 12 Juli 2020

https://www.medicalnewstoday.com/articles/220551.php

 

 

– WebMD, Understanding Styes – Treatment, diakses 12 Juli 2020

http://www.webmd.com/eye-health/understanding-sty-treatment

 

– Healthy and natural world, How to Quickly Cure a Sty, diakses 12 Juli 2020 http://www.healthyandnaturalworld.com/home-remedies-for-eye-stye/

 

– Healthline, The 8 Best Stye Remedies, diakses 12 Juli 2020

http://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/best-stye-remedies#2

    register-docotr