Info Sehat

Inilah 12 Indikator Keluarga Sehat Menurut Kemenkes, Kamu Sudah Terapkan?

June 5, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengeluarkan Program Indonesia Sehat yang sudah berlaku mulai 2015 hingga 2019. Program 12 indikator keluarga sehat ini dicanangkan untuk menerapkan hidup sehat bagi masyarakat Indonesia, yuk, simak ulasannya!

12 Indikator keluarga sehat

Berikut 12 indikator keluarga sehat menurut Kemenkes, antara lain:

Keluarga Berencana (KB)

Program 12 indikator keluarga sehat ini bertujuan untuk membatasi 2 anak setiap keluarga dengan alasan kesejahteraan. Syarat dari indikator ini adalah ketika sudah ada pelayanan KB di wilayah tinggal keluarga, ikut penyuluhan, dan melaksanakan KB.

Persalinan di fasilitas kesehatan resmi

Dalam keluarga, seorang ibu melahirkan di fasilitas kesehatan resmi seperti puskesmas dan rumah sakit. Sang ibu mendapatkan penyuluhan dari tenaga kesehatan mengenai pentingnya melakukan persalinan dengan tenaga yang ahli dan terpercaya.

Bayi mendapatkan imunisasi dasar lengkap

Vaksinasi mampu melindungi anak dari penyakit yang membahayakan, seperti polio, campak, dan difteri. Tidak hanya itu saja, imunisasi juga dapat mencegah penyebaran penyakit. Seharusnya imunisasi juga dilakukan oleh tenaga medis.

Baca juga: Ini 15 Daftar Imunisasi Wajib untuk Anak Agar Terhindar dari Penyakit

Bayi mendapat ASI eksklusif

Pastikan anak mendapatkan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama dan sang ibu juga bisa memberikan ASI hingga 2 tahun. ASI berguna untuk meningkatkan imunitas anak hingga dewasa nanti.

Pertumbuhan bayi dipantau tiap bulan

Tumbuh kembang bayi harus dipantau setiap bulannya. Orang tua dapat melakukan pemeriksaan rutin dengan mengunjungi posyandu, puskesmas, dan rumah sakit. Hal yang biasanya dilakukan biasanya dengan menimbang berat badan anak.

Penderita tuberkolosis (TBC) butuh pengobatan sesuai standar

Sebaiknya jika seseorang di dalam keluarga mengalami batuk hingga dua minggu, periksakan kondisinya ke dokter. Hal ini penting untuk mencegah penularan penyakit TBC ke anggota keluarga lainnya.

Penderita hipertensi harus berobat secara teratur

Penyakit hipertensi termasuk berbahaya jika dibiarkan. Oleh karena itu, jika ada anggota keluarga yang terkena penyakit ini pengobatan harus dilakukan secara teratur. 

Seluruh anggota keluarga bebas dari rokok

Merokok pastinya sangat berbahaya bagi kesehatan kita. Baik perokok aktif maupun perokok pasif. Jadi sebaiknya hindarilah merokok agar keluarga kamu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Keluarga jadi anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)

JKN merupakan program pembangunan kesehatan nasional yang bertujuan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Program ini menjamin pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan pencegahan penyakit hingga pengobatannya.

Memiliki akses terhadap air bersih

Keluarga harus mendapatkan akses pada sarana air bersih dan layak minum. Air bersih tersebut dapat didapatkan dari PDAM atau sumur yang tidak tercemar. Tidak hanya di rumah saja, tetapi juga di tempat umum.

Keluarga menggunakan jamban yang sehat

Jamban yang sehat merupakan jamban yang berbentuk leher angsa dan bukan hanya sekedar lubang di tanah. Keluarga juga perlu memperoleh penyuluhan terkait pentingnya menggunakan jamban yang sehat.

Keluarga dengan gangguan jiwa tidak ditelantarkan

Apabila ada anggota keluarga yang mengalami gangguan jiwa, maka harus diajak berobat dan tidak ditelantarkan. Sebab penderita gangguan jiwa justru perlu diberi dukungan sehingga bisa segera sembuh.

Pentingnya indikator kesehatan

Pada dasarnya kesehatan merupakan hak setiap warga negara sehingga pemenuhannya harus secara adil, merata dan dengan harga yang terjangkau. Kesehatan juga menjadi salah satu indikator tingkat kesejahteraan masyarakat selain pendidikan dan daya beli.

Tidak hanya itu saja, dengan adanya 12 indikator keluarga sehat ini sangat membantu untuk menyehatkan masyarakat. Jika keluarga sehat, maka anggotanya akan produktif dan mencegah tidak mudah sakit.

Setiap keluarga diharapkan menerapkan 12 indikator kesehatan ini untuk mewujudkan keluarga yang sehat. Tidak hanya itu saja, hal ini juga membuat setiap anggota keluarga terhindar dari berbagai penyakit.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
Berita Terkait
register-docotr