Info Sehat

10 Penyebab Penglihatan Kabur di Pagi Hari dan Cara Mengatasinya

May 20, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Penglihatan kabur di pagi adalah salah satu kondisi yang banyak terjadi. Seseorang bisa mengalami penglihatan kabur di salah satu mata atau kedua mata sekaligus.

Dalam banyak kasus, kondisi penglihatan kabur di pagi hari bukanlah hal yang harus dikhawatirkan. Tapi kira-kira apa saja ya yang menyebabkan penglihatan kabur di pagi hari?

Penyebab penglihatan kabur di pagi hari

Biasanya, penglihatan kabur di pagi hari akan kembali jelas dengan sendirinya. Meski umumnya tak berbahaya, tidak ada salahnya mengenali berbagai penyebab penglihatan kabur di pagi hari. 

Berikut daftar penyebab yang mungkin terjadi:

1. Air mata kering

Air mata berfungsi melumasi, menyehatkan dan melindungi mata. Namun di malam hari, air mata bisa mengering dan dapat menyebabkan mata kabur di keesokan paginya setelah bangun tidur. 

2. Alergi di area mata

Alergi di daerah mata bisa menimbulkan gejala berupa gatal, bengkak, berair atau mata kering. Gejala-gejala ini dapat menyebabkan penglihatan kabur setelah bangun tidur. 

Alergi di daerah mata bisa terjadi karena beberapa pemicu, seperti tungau, debu, bulu hewan yang ada di kamar. Atau alergi pada deterjen yang digunakan untuk mencuci seprai.

3. Tidur tengkurap

Posisi tidur tengkurang dapat menyebabkan kondisi yang disebut floppy eyelid syndrome. Ini adalah kondisi saat kelopak mata kehilangan elastisitas. 

Kondisi itu juga memicu penglihatan kabur di pagi hari, bahkan bisa menyebabkan luka dan rasa terbakar pada mata. Biasanya kondisi ini lebih sering dialami oleh pria yang kelebihan berat badan. 

4. Distrofi kornea Fuchs

Ini adalah kondisi saat kornea mata bengkak saat tidur. Saat bangun pagi dapat memengaruhi mata, membuat penglihatan menjadi kabur. 

Kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita dibanding pria. Gejalanya juga lebih sering dialami oleh mereka yang berusia sekitar 50 tahun. 

5. Minum obat tertentu sebelum tidur

Obat tertentu seperti antihistamin, obat tidur, obat flu, dan obat tekanan darah tinggi dapat mengurangi produksi air mata saat tidur. Mata dapat menjadi kering dan menyebabkan penglihatan kabur di pagi hari. 

6. Tidur dengan memakai lensa kontak

Lensa kontak yang digunakan saat tidur, dapat mengurangi suplai oksigen ke mata. Akibatnya, mata menjadi kering dan saat bangun pagi, penglihatan menjadi kabur. 

Karenanya pastikan untuk melepas lensa kontak di malam hari sebelum tidur. 

7. Minum alkohol sebelum tidur

Alkohol dapat menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi dapat memicu mata kering dan menjadi kabur. Jika kamu minum minuman beralkohol di malam hari, maka bisa saja membuat penglihatan kabur di pagi hari, di keesokan harinya. 

8. Tidur di bawah kipas angin

Kipas bisa membuat suhu kamar terasa lebih nyaman. Tetapi, tidur dengan kipas dapat menyebabkan kulit dan mata kering.

Walau dalam kondisi tidur atau kelopak mata menutup, penggunaan kipas akan tetap memengaruhi atau menyebabkan mata kering. 

Mata bisa menjadi gatal, iritasi dan akibatnya bisa membuat kamu mengalami penglihatan yang kabur di keesokan paginya. 

9. Masalah kelenjar minyak

Kelenjar minyak yang ada di sekitar mata bisa saja menghasilkan hanya sedikit minyak dan air. Ini kemudian menyebabkan iritasi mata dan penglihatan kabur di pagi harinya. 

10. Masalah gula darah

Dari semua penyebab yang sudah disebutkan, ini adalah yang harus lebih diperhatikan. Karena kondisi gula darah tinggi erat kaitannya dengan diabetes.

Beberapa orang dengan kadar gula darah terlalu tinggi atau terlalu rendah biasanya mengalami gejala berupa penglihatan buram di pagi hari. 

Beberapa orang yang mengalaminya, biasanya disertai gejala lain berupa pusing dan lemas. 

Kondisi lain yang menyebabkan mata buram di pagi hari

Jika kamu mengalami penglihatan kabur yang disebabkan oleh beberapa kondisi yang sudah disebutkan di atas, umumnya akan membaik dengan sendirinya tanpa perlu dibawa ke dokter. 

Tapi jika kamu ingin memastikan kondisi, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter. Sebab ada juga penyebab penglihatan buram di pagi hari, yang membutuhkan perawatan medis sesegera mungkin. Misalnya penglihatan kabur karena stroke.

Biasanya stroke akan menimbulkan gejala berupa:

  • Pusing
  • Sakit kepala
  • Mati rasa atau kesemutan di satu atau dua sisi tubuh
  • Serta gangguan bicara

Selain itu, cedera kepala dan gegar otak juga bisa menyebabkan penglihatan kabur di pagi hari. Waspadai gejalanya seperti:

  • Kurang koordinasi
  • Sakit kepala
  • Mual
  • Pusing
  • Denging di telinga

Jika mengalami gejala tersebut, sebaiknya langsung periksakan diri ke dokter. Pemeriksaan lebih awal dapat membantu mencegah perburukan kondisi pada pasien yang mengalaminya. 

Apa yang harus dilakukan jika penglihatan kabur di pagi hari? 

Penyebab umum mata kabur di pagi hari karena mata kering. Sebenarnya ada beberapa penyebab lainnya, tetapi jika kamu merasa matamu kering dan kabur, kamu bisa mengatasinya dengan beberapa pilihan berikut:

  • Tetes mata buatan: Kamu bisa membeli obat tetes mata yang dijual bebas. Tetes mata tersebut dapat menambahkan lubrikasi pada mata. 
  • Oklusi punctual: Prosedur yang dilakukan untuk menutup saluran air mata. 
  • Pulsari termal: Ini adalah prosedur pemijatan pada saluran kelenjar di mata yang tersumbat. Penyumbatan itu yang bisa menyebabkan mata kering. 

Selain itu, jika kamu mengalami mata kering, bisa melakukan perawatan rumahan seperti:

  • Kompres mara hangat
  • Membersihkan kelopak mata
  • Menggunakan humidifier
  • Tetap terhidrasi
  • Aturan 20 menit melihat layar, istirahat 20 detik dan melihat benda dalam jarak 20 kaki
  • Menggunakan kacamata hitam, ini dapat melindungi mata dari angin dan sinar matahari yang menyebabkan mata kering
  • Menggunakan filter udara, yang dapat mengurangi debu penyebab mata kering

Demikian beberapa penyebab penglihatan kabur di pagi hari yang perlu kamu ketahui dan beberapa cara mengatasinya.

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 18 Mei 2021
Blurry Vision in the Morning: 10 Reasons Why You May Have It
American Academy of Ophthalmology, diakses 18 Mei 2021
Can you explain why I have halos and blurry vision in the morning?
All about vision, diakses 18 Mei 2021
Waking up with blurry vision

    register-docotr