Covid-19

Beragam Vitamin untuk Perkuat Sistem Imun Tubuh Lawan Virus Corona

October 14, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Meskipun saat ini belum ada vitamin untuk mencegah corona, tapi konsumsi vitamin di tengah pandemi ini sangat berguna untuk meningkatkan sistem imun kamu, lho.

Situs kesehatan Web MD menyebut beberapa nutrisi dan vitamin dapat kamu andalkan untuk meningkatkan sistem imun dan memperkuat kemampuan mereka untuk melawan virus.

Vitamin untuk memperkuat sistem imun melawan corona

Pandemi COVID-19 membuat banyak orang waspada dan berusaha mencari cara terbaik terhindar dari kemungkinan paparan virus tersebut.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah mengonsumsi vitamin untuk memperkuat sistem imun melawan corona. Menjaga sistem imun tetap sehat dan kuat adalah salah satu cara mencegah infeksi dan penyakit apapun.

Untuk itu, berikut ini adalah vitamin yang bisa kamu andalkan untuk memperkuat sistem imun dalam perang melawan corona:

Vitamin D

Vitamin D merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk kesehatan dan fungsi sistem imun. Jenis vitamin ini akan meningkatkan kemampuan monosit dan makrofag untuk melawan patogen.

Monosit dan makrofag sendiri merupakan bagian dari sel darah putih yang penting untuk sistem imun. Kemampuan kedua sel ini sangat penting untuk mengurangi inflamasi dan meningkatkan respons sistem imun.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients mencatat kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko infeksi di saluran pernapasan bagian atas, termasuk influenza dan alergi asma.

Meskipun tergantung dari level darah di dalam tubuh, tapi bagi banyak orang, pemberian suplemen vitamin D dengan kandungan 1.000-4.000 International Unit (IU) sudah cukup untuk kebutuhan tubuh.

Vitamin C

Suplemen vitamin C merupakan yang paling sering dikonsumsi untuk melindungi tubuh dari infeksi karena perannya yang penting dalam kesehatan imun. Vitamin C juga penting dikonsumsi karena akan membantu mengganti sel tubuh yang lama dengan yang baru.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menyebut kalau konsumsi vitamin C dapat menurunkan durasi dan tingkat keparahan infeksi saluran pernapasan, termasuk yang disebabkan oleh penyakit pilek.

Kalau kamu ingin mengonsumsi vitamin ini untuk memperkuat sistem imun tubuh agar kuat melawan corona, pastikan kamu tidak melewati batas atas konsumsi harian vitamin C yang mencapai 2.000 mg. Biasanya suplemen vitamin C mengandung 250-1.000 mg vitamin ini.

Vitamin B6

Vitamin yang satu ini sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh di tengah pandemi corona. Walaupun penting, tapi tubuh tidak bisa menghasilkan sendiri vitamin B6. Oleh karena itu, diperlukan asupan makanan atau suplemen yang kaya akan vitamin ini.

Makanan yang kaya akan vitamin B6 adalah daging ayam serta ikan perairan dingin seperti salmon dan tuna. Selain itu, vitamin B6 bisa ditemukan di sayuran hijau dan buncis.

Vitamin A

Vitamin A terkenal akan kemampuannya sebagai anti-inflamasi karena fungsinya sebagai penguat sistem imun tubuh. Selain itu, vitamin ini juga diperlukan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tubuh, penglihatan dan reproduksi.

Vitamin A ini ditemukan dalam berbagai bentuk. Kamu bisa mendapatkan vitamin ini dari konsumsi daging, ikan, produk olahan susu, buah, sayur, dan produk nabati lainnya.

Meskipun demikian, terlalu banyak konsumsi vitamin A juga tidak baik, karena akan menyebabkan keracunan dan hypervitaminosis.

Vitamin E

Tubuh membutuhkan vitamin E untuk memperkuat sistem imun di tengah pandemi corona. Selain virus, vitamin E juga merupakan antioksidan yang dapat melindungi jaringan tubuh dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas.

Vitamin E dibutuhkan oleh formasi sel darah merah untuk memproduksi vitamin K. Dengan vitamin E, pembuluh darah tetap dapat melebar dan mencegah pembekuan darah di dalamnya.

Beberapa sumber vitamin E adalah sebagai berikut:

  • Minyak sayuran
  • Kacang-kacangan
  • Biji-bijian
  • Sayuran hijau

Zinc

Zinc merupakan mineral yang banyak ditambahkan dalam suplemen atau produk kesehatan lainnya seperti tablet isap yang dapat meningkatkan sistem imun. Tubuh sangat membutuhkan zinc untuk memperkuat sistem imun.

Demikianlah berbagai vitamin yang dapat kamu andalkan untuk memperkuat sistem imun di tengah pandemi corona ini. Jangan lalai untuk mengonsumsi suplemen dan memperkaya asupan vitamin kamu, ya!

Konsultasi lengkap seputar COVID-19 di Klinik Lawan COVID-19 dengan mitra dokter kami. Yuk, klik link ini untuk download aplikasi Good Doctor!

Reference
  1. WebMD, diakses 10 Oktober 2020. Can I take any vitamins or supplements to prevent coronavirus?
  2. Healthline, diakses 10 Oktober 2020. The 15 Best Supplements to Boost Your Immune System Right Now
  3. Medicinenet, diakses 10 Oktober 2020. 20 Vitamins and Supplements To Boost Immune Health for COVID-19
  4. Cleveland Clinic, diakses 10 Oktober 2020. 3 Vitamins That Are Best for Boosting Your Immunity
  5. MedlinePlus, diakses 10 Oktober 2020. Vitamin E
  6. MedicalNewsToday, diakses 10 Oktober 2020. Everything you need to know about vitamin A
  7. US National Library of Medicine, diakses 10 Oktober 2020. Vitamin C and Immune Function
  8. US National Library of Medicine, diakses 10 Oktober 2020. Vitamin D and Immune Function
  9. US National Library of Medicine, diakses 10 Oktober 2020. Role of Vitamin A in the Immune System
    register-docotr