Covid-19

Tidur Lebih Cepat Bisa Jaga Imun dan Cegah COVID-19 pada Anak, Benarkah Demikian?

July 28, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Debby Deriyanthi
feature image

COVID-19 telah menginfeksi banyak orang, termasuk kelompok anak-anak di Indonesia. Untuk mencegahnya semakin menyebar, orang tua perlu menjaga daya tahan tubuh si Kecil agar senantiasa kuat.

Salah satunya adalah dengan membuat anak tidur lebih cepat. Jaga agar anak dapat tidur nyenyak secara teratur.

Baca juga: Studi Terbaru: Kurang Tidur di Usia 50 tahun Meningkatkan Risiko Demensia

Mengapa anak perlu tidur berkualitas selama pandemi?

Tak hanya orang dewasa, saat ini anak-anak juga ikut berjuang melawan pandemi COVID-19. Mulai dari karena tidak bisa sekolah secara normal, tidak bisa melihat teman-teman mereka, atau bahkan sekadar berolahraga di luar ruangan.

Semua itu membuat mereka tidak dapat mengeluarkan tingkat energi yang sama seperti sebelum wabah COVID-19 terjadi. Hal ini sangat mungkin membuat stres atau cemas.

Pada gilirannya, itu dapat menyebabkan kurang tidur yang berisiko memicu berbagai gangguan kesehatan yang tidak diinginkan, termasuk terinfeksi COVID-19.

Dengan waktu istirahat yang cukup, diharapkan tubuh anak jauh lebih sehat dan tiap organnya berkembang dengan baik meski di tengah pandemi.

Meningkatkan kualitas tidur untuk menjaga imunitas anak

Dilansir Comprehensive Sleep Care, penelitian menunjukkan bahwa kualitas tidur sangat penting bagi kesehatan anak-anak dan orang dewasa.

Memastikan bahwa anak mendapatkan jumlah tidur berkualitas yang cukup pun dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan mereka. Ini menjadi salah satu prioritas tinggi selama COVID-19.

Hal ini diamini oleh dokter spesialis anak, dr Natasya Ayu Andamari, Sp.A. Dilansir Viva.co.id, dr Natasya mengatakan bahwa menjaga imunitas anak sebenarnya tak jauh berbeda dengan orang dewasa. Salah satu yang terdengar sederhana namun amat penting adalah waktu tidur anak.  

“Anak yang tidur cepat bisa meningkatkan imunitas mereka. Kemudian, barulah tambahan-tambahan lainnya. Seperti kalau mengajak anak yang sudah berusia 2 tahun jangan lupa untuk menggunakan masker,” ujarnya dalam acara virtual bersama Good Doctor bertajuk ‘Healthy Kids Healthy Family’, baru-baru ini.

Waktu tidur yang dianjurkan untuk anak

Meskipun lebih banyak tidur tidak serta merta mencegah anak sakit, namun melewatkannya dapat berdampak buruk pada sistem kekebalan anak.

Tidur berkualitas dapat membantu tubuh menghasilkan sel kekebalan untuk melindungi si Kecil dari serangan berbagai penyakit. Itu sebabnya ketika anak sakit, mereka juga akan merasa lelah. Itu tandanya tubuh memberi tahu bahwa ia perlu tidur untuk sembuh.

Dilansir Sleep Foundation, berikut rekomendasi jumlah waktu tidur yang dianjurkan bagi anak-anak berdasarkan rentang usia:

 Rentang usiaWaktu tidur yang dianjurkan
Bayi baru lahir0-3 bulan14-17 jam
Bayi4-11 bulan12-15 jam
Balita1-2 tahun11-14 jam
Anak kecil usia prasekolah3-5 tahun10-13 jam
Anak usia sekolah6-13 tahun9-11 jam

Tips lain menjaga imunitas anak selama pandemi

Selain memenuhi kebutuhan tidur anak, baik dari sisi waktu maupun kualitas, Moms juga bisa melengkapi langkah tersebut dengan beberapa tips menjaga daya tahan tubuh anak lainnya, seperti:

1. Memenuhi asupan nutrisi seimbang

Meski anak saat ini lebih banyak diam di dalam rumah, bukan berarti ia terbebas dari paparan berbagai virus, bakteri, maupun kuman.

Untuk meningkatkan perlindungan tubuhnya, Moms perlu memberikan asupan makanan bernutrisi seimbang setiap hari.

Moms juga bisa menambahkan beberapa suplemen vitamin jika diperlukan. dr Natasya mengatakan bahwa anak-anak bisa mengonsumsi vitamin D dan C sesuai dengan dosis yang disarankan.

2. Tetap melakukan imunisasi wajib

Imunisasi tetap wajib dilakukan untuk mencegah anak terkena berbagai penyakit lain yang tidak kalah berbahaya dari COVID-19. Di tengah masa pandemi seperti sekarang, Moms harus tetap melakukan imunisasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

3. Patuhi protokol kesehatan dengan baik

Studi telah menunjukkan bahwa anak-anak dapat terkena COVID-19 dan menularkannya pada orang dewasa. Oleh sebab itu, pada saat anak harus bepergian ke luar rumah, pastikan agar ia menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

Konsultasi lengkap seputar COVID-19 di Klinik Lawan COVID-19 dengan mitra dokter kami. Yuk, klik link ini untuk download aplikasi Good Doctor!

Reference

Sleep Foundation diakses pada 28 Juli 2021

Comprehensive Sleep Care diakses pada 28 Juli 2021

Cleveland Clinic diakses pada 28 Juli 2021

Viva.co.id diakses pada 28 Juli 2021

    register-docotr