Covid-19

Mengenal Terapi Inhalasi Hidrogen untuk Membantu Pemulihan Pasien COVID-19

July 14, 2021 | Nik Nik Fadlah
feature image

COVID-19 dapat menimbulkan berbagai gejala, tak terkecuali gejala yang memengaruhi saluran pernapasan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meringankan gejala tersebut, salah satunya adalah dengan terapi air dan inhalasi hidrogen.

Hidrogen sendiri dikatakan memiliki kandungan tertentu yang bermanfaat dalam hal pemulihan pasien COVID-19.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai terapi air dan inhalasi hidrogen terhadap pemulihan pasien COVID-19, yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Mengenal Pengobatan COVID-19, Ini yang Perlu Diperhatikan!

Kaitan antara COVID-19 dan sistem pernapasan

COVID-19 dapat menyebabkan berbagai masalah pernapasan, dari mulai tingkat yang ringan hingga yang berlangsung serius.

Dikutip dari Webmd, ketika virus penyebab COVID-19 masuk ke dalam tubuh, virus dapat bersentuhan dengan selaput lendir yang melapisi hidung, mulut, dan mata.

Virus kemudian memasuki sel sehat dan menggunakan sel untuk membuat bagian virus yang baru, yang mana ini dapat membuat virus baru menginfeksi sel di dekatnya.

Virus corona dapat menginfeksi bagian atas atau bawah dari saluran pernapasan. Lapisan saluran pernapasan dapat menjadi teriritasi atau meradang. Bahkan dalam beberapa kasus, infeksi dapat mencapai alveoli.

Alveoli (alveolus) sendiri adalah kantung udara yang berfungsi sebagai tempat masuk oksigen ke dalam darah dan karbondioksida keluar dari tubuh.

Penting juga untuk diketahui bahwa saat infeksi menyebar ke saluran pernapasan, sistem kekebalan tubuh melawan, ini menyebabkan paru-paru dan saluran udara meradang.

Mengenal terapi inhalasi hidrogen

Gejala atau yang timbul akibat COVID-19 juga dapat disebabkan adanya inflamasi atau peradangan dalam tubuh. Untuk meredakan gejalanya, terapi air dan inhalasi hidrogen disebutkan dapat membantu.

Air dan hidrogen sendiri dapat dihirup dengan cara mengalirkan air dan hidrogen melalui sirkuit ventilator atau nasal cannula. Hidrogen sendiri memiliki beberapa manfaat, bahkan menurut sebuah studi hidrogen telah terbukti memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, hingga pengatur hormon.

Berdasarkan studi tersebut, penggunaan hidrogen dapat mengurangi kerusakan akibat badai sitokin serta gangguan paru-paru yang disebabkan oleh virus penyebab COVID-19, yakni SARS-CoV-2.

Tak sampai di situ saja, studi lainnya juga menemukan bahwa hidrogen dapat menghambat peradangan saluran napas pada pasien asma. Selain itu, terapi ini juga dapat memberikan efek yang mampu untuk memperbaiki kondisi badai sitokin pada kasus COVID-19.

Baca juga: Dapat Izin Uji Klinik BPOM, Ini Fakta Vaksin GX-19N Asal Korea Selatan

Manfaat lainnya dari terapi air dan inhalasi hidrogen

Antioksidan yang terdapat dalam hidrogen juga memiliki efek perlindungan pada berbagai organ serta meningkatkan detoksifikasi ataupun hidrasi sel. Tak hanya itu, kandungan antioksidannya dikatakan juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Molekul hidrogen sangat kecil dan ringan, sehingga mudah masuk ke dalam tubuh dan segera didistribusi melalui seluruh pembuluh darah hingga ke bagian tubuh kita yang terkecil dan terjauh pun akan mendapatkan hidrogen.

Maka dari itu, apabila ada keluhan-keluhan karena inflamasi maka akan cepat diredakan dan diatasi, begitu juga apabila banyak radikal bebas akan cepat dinetralkan dan dibuang dari dalam tubuh

Meskipun demikian, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengetahui efektivitas terapi air dan inhalasi hidrogen dalam pemulihan pasien COVID-19.

Cara lain untuk membantu pemulihan pasien COVID-19

Selain dengan terapi air dan inhalasi hidrogen, kamu juga perlu menerapkan beberapa cara lain sebagai upaya mempercepat pemulihan COVID-19, di antaranya adalah:

  • Mengonsumsi makanan bergizi
  • Cukup beristirahat
  • Mencukupi asupan cairan dalam tubuh.

Obat-obatan juga dapat membantu untuk meredakan gejala COVID-19. Namun, ingat obat tidak boleh dikonsumsi sembarangan, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter, ya.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai terapi air dan inhalasi hidrogen. Untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, jangan lupa selalu terapkanlah protokol kesehatan di manapun kamu berada, ya.

Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar COVID-19 ataupun manfaat terapi air dan inhalasi hidrogen, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya.

Konsultasi lengkap seputar COVID-19 di Klinik Lawan COVID-19 dengan mitra dokter kami. Yuk, klik link ini untuk download aplikasi Good Doctor!

Reference

Liputan 6 (2021). Diakses pada 13 Juli 2021. Manfaat Inhalasi Hidrogen yang Bisa Membantu Pemulihan Pasien Covid-19 

Patient (2021). Diakses pada 13 Juli 2021. COVID-19: how to treat coronavirus at home 

Tempo.co (2021). Diakses pada 13 Juli 2021. Inhalasi Hidrogen Bantu Keluhan Pasca Vaksinasi Covid-19 

Webmd (2020). Diakses pada 13 Juli 2021. What Does COVID-19 Do to Your Lungs? 

NCBI (2011). Diakses pada 13 Juli 2021. Recent Progress Toward Hydrogen Medicine: Potential of Molecular Hydrogen for Preventive and Therapeutic Applications

NCBI (2020). Diakses pada 13 Juli 2021. Hydrogen: A Potential New Adjuvant Therapy for COVID-19 Patients 

NCBI (2020). Diakses pada 13 Juli 2021. COVID-19 and molecular hydrogen inhalation 

    register-docotr