Covid-19

Jenis Makanan yang Harus Dikonsumsi setelah Sembuh dari COVID-19

May 22, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Seiring dengan semua obat-obatan dan multivitamin yang kamu konsumsi, makan makanan sehat saat memulihkan diri dari COVID-19 juga merupakan hal yang sama pentingnya.

Mengapa? Pola makan yang seimbang dan bergizi, terutama pada saat kamu baru sembuh dari corona, akan membantu sistem kekebalan tubuh kembali bekerja dengan optimal secara cepat.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang wajib dikonsumsi jika kamu baru saja sembuh dari serangan virus corona.

Baca juga: Mengenali Beda Ruam Kulit Biasa dengan Gejala COVID-19

Mengapa makan sehat itu penting selama pemulihan COVID-19?

Saat tubuh sedang melawan infeksi, ia membutuhkan lebih banyak energi dan cairan. Oleh karena itu kamu perlu makan dan minum lebih banyak dibandingkan saat kamu berada dalam kondisi sehat.

Tubuh juga membutuhkan lebih banyak protein untuk mendukung sistem kekebalan kembali kuat, dan membantu perbaikan jaringan tubuh selama pemulihan.

Makanan yang dianjurkan untuk mempercepat proses pemulihan akibat COVID-19

Dilansir dari yourcovidrecovery.nhs.uk, berikut adalah beberapa jenis makanan yang dianjurkan selama proses recovery dari COVID-19.

1. Makanan yang kaya akan protein

Ini diperlukan untuk menjaga sistem kekebalan tetap sehat dan membangun kembali kekuatan otot yang hilang akibat sakit. Usahakan makan tiga porsi makanan berprotein seukuran telapak tangan per hari.

Kamu bisa memperolehnya dari salah satu dari makanan di bawah ini.

  • Daging
  • Ikan
  • Telur
  • Kacang-kacangan
  • Buncis dan alternatif daging misalnya tahu
  • Susu atau produk mengandung susu.

2. Susu atau produk makanan mengandung susu

Susu, atau makanan yang mengandung susu termasuk keju dan yoghurt diperkaya dengan kalsium yang akan membantu menjaga gigi dan tulang tetap kuat.

Jika kamu punya alergi susu sapi, kamu juga bisa memilih susu jenis lain seperti susu kedelai.

3. Buah dan sayur-sayuran

Targetkan lima porsi sayuran setiap hari (1 porsi terdiri dari 80 gram). Jika kamu kesulitan mengonsumsinya secara langsung, kamu boleh memilih sayuran kalengan, atau jus buah-buahan (150 ml sekali minum).

Ini sangat baik untuk pemulihan COVID-19, karena bisa mendukung sistem kekebalan tubuh kembali bekerja dengan optimal.

4. Makanan berkarbohidrat

Nasi, kentang, sereal, mie, pasta, dan roti adalah beberapa jenis makanan sumber karbohidrat yang bisa kamu makan selama recovery dari corona.

Jika memungkinkan, pilih yang varietas gandum utuh. Usahakan agar seperempat makanan utama yang kamu makan menyertakan sumber karbohidrat tersebut.

Fungsinya adalah untuk memberikan energi dan serat yang membantu menjaga kinerja usus tetap teratur.

5. Minyak

Pilih minyak yang termasuk jenis tak jenuh seperti, minyak berbahan dasar bunga matahari, zaitun atau rapeseed.

Ini sangat baik untuk kesehatan karena mampu memberikan energi dan membantu tubuh menyerap beberapa jenis vitamin tertentu.

Tips agar tetap makan meski kehilangan selera

Agar kamu tetap bersemangat makan demi membangun kembali kekuatanmu, ikuti beberapa tips makan di saat proses pemulihan berikut ini:

Atur porsi dengan bijak

Saat merencanakan makan, mungkin berguna untuk menargetkan setengah dari piring untuk memasukkan sayuran, seperempat untuk memasukkan protein, dan seperempat terakhir untuk memasukkan karbohidrat.

Taruh sayuran atau buah yang berwarna warni di piring

Dapatkan asupan vitamin tanpa merasa terbebani, dengan memilih buah dan sayuran yang berwarna-warni seperti pelangi. Ini akan membuat makanan menjadi lebih menarik dikonsumsi.

Jika hal tersebut sulit untuk dilakukan, kamu juga bisa membeli multivitamin tertentu setelah berkonsultasi dahulu kepada dokter.

Minum minuman bergizi

Minuman bergizi juga dapat sangat membantu jika kamu sedang tidak ingin makan apapun. Beberapa jenis minuman yang dianjurkan adalah:

  • Susu kedelai ditambah susu skim, kacang polong, bubuk rami, buah beku / bubuk cokelat
  • Susu kedelai ditambah makan oat, selai kacang, dan pisang
  • Suplemen nutrisi oral yang dijual bebas dan minuman bergizi lainnya.

Minum cukup air

Air adalah elemen penting dalam proses pemulihan, karena berfungsi membawa nutrisi dalam darah, mengatur suhu tubuh, dan mengeluarkan racun dari tubuh.

Usahakan minum setidaknya 2-3 liter air setiap hari. Kamu juga bisa mengonsumsi ramuan herbal, air kelapa, susu dan jus segar. Hindari jus kemasan, kopi, teh, dan minuman bersoda.

Konsultasi lengkap seputar COVID-19 di Klinik Lawan COVID-19 dengan mitra dokter kami. Yuk, klik link ini untuk download aplikasi Good Doctor!

Reference

Times of India diakses pada 21 Mei 2021

Your COVID Recovery diakses pada 21 Mei 2021

Homerton University Hospital diakses pada 21 Mei 2021

    register-docotr