Covid-19

Begini Tips Aman Ketika Menggunakan Fasilitas Umum Untuk Hindari COVID-19!

January 21, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Penggunaan fasilitas umum di masa pandemi perlu juga menerapkan protokol kesehatan. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya perpindahan virus karena tidak mempedulikan kebersihan di sekitar, terutama saat menggunakan fasilitas umum seperti toilet.

Toilet umum digunakan oleh beragam orang dengan latar belakang kesehatan yang berbeda sehingga penggunanya harus berhati-hati.

Nah, untuk mengetahui tips aman dalam menggunakan fasilitas umum yuk simak penjelasannya berikut!

Baca juga: Meski Sudah Pulih, Ini Efek Corona Jangka Panjang yang Mungkin Terjadi!

Apakah fasilitas umum berisiko menyebabkan penularan COVID-19?

Laporan terbaru telah menarik perhatian karena menjelaskan bahwa terdapat tetesan infeksi udara yang muncul dari fasilitas umum seperti toilet setelah digunakan.

Satu studi yang dilaporkan dalam jurnal Physics of Fluids berfokus pada potensi risiko infeksi dari kotoran yang mengandung virus selain dari penyebaran infeksi melalui tetesan pernapasan.

Meski tingkat infeksi COVID-19 dari penggunaan fasilitas umum, seperti toilet masih rendah namun tindakan pencegahan tetap diperlukan. Sebelum menggunakan toilet umum atau fasilitas umum lainnya, termasuk ATM, pastikan untuk menjaga kebersihan diri sendiri dan sekitar. 

Bagaimana tips aman dalam menggunakan fasilitas umum?

Dilansir CDC, ketika menggunakan akan fasilitas umum maka perlu mempertahankan praktik pembersihan dengan tepat. Perlu diketahui, fasilitas umum termasuk toilet dan ATM digunakan oleh banyak orang dengan status kesehatan yang tidak diketahui.

Ditambah lagi, beberapa fasilitas umum ini terkadang kurang mendapatkan tanggung jawab kebersihan oleh penggunanya.

Oleh karena itu, pengguna fasilitas umum, salah satunya toilet perlu mempertimbangkan beberapa tips, seperti berikut ini:

Hindari menyentuh apa pun

Toilet umum terkenal dengan media yang mudah menyebabkan perpindahan kuman atau virus secara mudah. Maka dari itu, ketika ingin menggunakan toilet umum maka hindari menyentuh apa pun dengan tangan.

Saat kamu memasuki kamar mandi umum, coba gunakan siku atau kaki untuk mendorong pintu agar terbuka. Setelah itu, pakai tisu toilet untuk melindungi tangan dari menyentuh permukaan apa pun di dalam toilet. 

Gunakan juga penutup ketika menggunakan dudukan toilet umum. Jika sudah selesai, pastikan untuk selalu mencuci tangan hingga bersih dan gunakan tisu atau kaki untuk membuka pintu keluar.

Selalu bawa pembersih tangan sendiri

Ketika menggunakan fasilitas umum, pembersih tangan belum tentu tersedia sehingga perlu membawa hand sanitizer sendiri. Pembersih tangan atau hand sanitizer harus selalu dibawa dan digunakan setiap kali menyentuh permukaan fasilitas umum.

Pastikan untuk menggosoknya secara menyeluruh dan terapkan pada satu atau dua inchi di atas pergelangan agar mendapatkan hasil terbaik. Menjaga kebersihan tangan sangat penting untuk mencegah penyebaran virus yang mungkin tidak disadari.

Bawa tisu disinfektan

Untuk benar-benar membersihkan permukaan pada fasilitas umum, kamu perlu membawa produk desinfektan seperti tisu. Jika menggunakan tisu atau hand sanitizer dirasa tidak cukup, maka bisa membersihkan permukaan yang ingin disentuh dengan produk disinfektan.

Namun, ketika jika sudah membersihkan dudukan toilet dengan desinfektan maka pastikan untuk mengeringkannya terlebih dahulu sebelum duduk. Jangan pernah duduk langsung di atas produk disinfektan karena dapat mengiritasi kulit.

Terapkan jarak sosial

Jika kamu harus mengantre untuk menggunakan toilet umum, pastikan memberikan jarak setidaknya enam kaki dengan orang lain. Idealnya, cobalah untuk menggunakan kamar mandi umum ketika tidak ada orang di dalamnya agar perpindahan virus COVID-19 bisa diminimalkan.

Namun, jika terpaksa harus menggunakan toilet umum dengan banyak orang maka setidaknya untuk menjaga jarak fisik antara kamu dan orang lain. Pastikan untuk selalu masker untuk menghindari paparan virus yang mungkin tidak terlihat.

Baca juga: Benarkah Pakai Mouthwash Bisa Cegah COVID-19? Berikut Fakta Medisnya!

Konsultasi lengkap seputar COVID-19 di Klinik Lawan COVID-19 dengan mitra dokter kami. Yuk, klik link ini untuk download aplikasi Good Doctor!

Reference
  1. CDC (2021), diakses 20 Januari 2021. Cleaning and Disinfecting Your Facility
  2. The Irish Times (2020), diakses 20 Januari 2021. How do I use a public toilet and avoid Covid-19?
  3. Health Grades (2020), diakses 20 Januari 2021. Public Restroom Safety Tips During COVID-19
    register-docotr