Covid-19

Harus ke Luar untuk Hal Urgent? Begini Langkah Tepat Cegah COVID-19 setiba di Rumah

July 7, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Pitoyo Marbun
feature image

COVID-19 kini telah memiliki varian yang sangat beragam dan beberapa di antaranya cukup berbahaya. Salah satu varian yang diketahui dapat menular dengan mudah adalah varian Delta Plus.

Untuk itu, sangat penting untuk menerapkan tindak pencegahan terutama jika harus melakukan aktivitas di luar rumah. Nah, untuk mengetahui langkah tepat mencegah infeksi COVID-19 setelah bepergian yuk simak penjelasannya berikut.

Baca juga: Alasan di Balik Tingginya Tingkat Kesembuhan COVID-19 pada ODGJ

Bagaimana cara mencegah infeksi COVID-19 setelah bepergian?

Dilansir dari Healthline, virus COVID-19 saat ini dapat ditularkan lebih mudah dan menyebabkan penyakit yang mengancam jiwa pada beberapa orang. Karena itu, anjuran untuk tetap di rumah dan melakukan pekerjaan dari rumah kembali diberlakukan.

Namun, terdapat beberapa orang yang tetap mengharuskan ke luar rumah untuk kepentingan tertentu. Untuk hal ini, maka pencegahan terhadap infeksi COVID-19 setelah bepergian harus diketahui yakni sebagai berikut:

Lepas masker setelah bepergian

Ketika berada di luar rumah, sangat penting selalu mengenakan masker. Penggunaan masker ini bertujuan untuk membantu mencegah orang yang tidak menunjukkan gejala atau tidak terdiagnosis menularkan COVID-19 saat bernapas, berbicara, bersin, atau batuk.

Jika kamu menggunakan masker sekali pakai, maka segera buang setelah sampai di rumah. Ingatlah untuk tidak menyentuh bagian depan masker karena virus bisa bertahan di tempat tersebut.

Ketika melepas masker, ada baiknya membukanya dari telinga dan segera buang ke tempat sampah.

Selalu cuci tangan

Selama pandemi COVID-19, kamu juga harus memastikan untuk mencuci tangan, terutama setelah berada di tempat umum, sebelum menyentuh wajah, dan setelah menyentuh permukaan tertentu.

Metode cuci tangan perlu dilakukan dengan tepat, seperti mengoleskan sabun hingga ke pergelangan tangan, di antara jari-jari, dan di bawah kuku. Gunakan air bersih yang mengalir dan sabun untuk menggosok tangan setidaknya selama 20 detik.

Gunakan hand sanitizer ketika kamu tidak dapat mencuci tangan dengan air bersih. Pastikan untuk mencuci kembali tangan beberapa kali sehari, terutama setelah menyentuh apapun termasuk ponsel dan laptop.

Segera tanggalkan dan bersihkan pakaian dan alas kaki yang dikenakan

Saat ini tidak jelas berapa lama virus COVID-19 dapat bertahan pada kain, namun banyak jenis pakaian memiliki elemen plastik dan logam yang bisa menyebabkan virus bertahan selama beberapa jam hingga hari.

Karena itu, setelah bepergian biasakan untuk segera membersihkan jaket topi dan pakaian dengan mencucinya atau rendam dengan air panas. Sementara untuk alas kaki juga tidak lupa semprotkan disinfektan dan simpan di luar rumah.

Praktik pencegahan yang bisa diterapkan, termasuk mengganti pakaian bersih saat kembali ke rumah setelah berada di tempat ramai dan cuci tangan dengan sabun dan air.

Bersihkan sekitar rumah

Tak hanya diri sendiri, kamu juga perlu memerhatikan kebersihan rumah. Pencegahan penting untuk menurunkan risiko infeksi adalah dengan membersihkan dan mendesinfeksi permukaan yang sering disentuh di rumah secara teratur.

Ikuti petunjuk produk pembersih untuk penggunaan yang aman dan efektif, termasuk tindakan pencegahan saat menerapkan produk seperti mengenakan sarung tangan dan pastikan memiliki ventilasi baik.

Meski setiap rumah berbeda, namun permukaan yang umumnya disentuh sehingga perlu didesinfeksi adalah gagang pintu, meja, kursi, permukaan dapur dan kamar mandi, toilet, serta saklar lampu.

Karantina mandiri jika sakit

Jika kamu merasakan tidak enak badan setelah bepergian, segera istirahat di rumah. Lakukan karantina mandiri di rumah sampai kondisi pulih. Hindari duduk, tidur, atau makan dengan anggota keluarga lain meski tinggal di satu rumah untuk mencegah penularan virus yang mungkin terjadi.

Pastikan untuk menjaga kesehatan dengan baik dengan minum obat secara teratur dan konsumsi makanan sehat. Jika kamu membutuhkan perawatan medis mendesak, kenakan masker dan beritahu dokter mengenai gejala yang dirasakan.

Baca juga: Viral: Resep Obat COVID-19 di Media Sosial, Apakah Aman atau Justru Berbahaya?

Konsultasi lengkap seputar COVID-19 di Klinik Lawan COVID-19 dengan mitra dokter kami. Yuk, klik link ini untuk download aplikasi Good Doctor!

Reference
  1. Webmd (2020), diakses 6 Juli 2021. Coronavirus Prevention
  2. Healthline (2020), diakses 6 Juli 2021. Coronavirus (COVID-19) Prevention: 12 Tips and Strategies
  3. CDC (2021), diakses 6 Juli 2021. How to Protect Yourself & Others
  4. Unicef (2020), diakses 6 Juli 2021. Cleaning and hygiene tips to help keep the COVID-19 virus out of your home
    register-docotr