Covid-19

Diklaim Bisa Percepat Penyembuhan Pasien COVID-19, Ini 8 Manfaat Ikan Gabus untuk Kesehatan

July 24, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Ikan gabus memiliki banyak kandungan nutrisi. Oleh karenanya, ikan air tawar ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Baru-baru ini, ikan gabus diklaim dapat menyembuhkan penyakit COVID-19, apakah benar? Lalu, apa saja manfaat yang dapat kita peroleh jika mengonsumsinya?

Baca juga: 10 Makanan untuk Imunitas Tubuh, Bantu Tangkal COVID-19

Kandungan nutrisi dari ikan gabus

Perlu kamu ketahui bahwa ikan gabus memiliki berbagai nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Bahkan dalam 150 gram ikan gabus mengandung:

  • Kalori: 118
  • Lemak total: 4 g
  • Karbohidrat total: 15 g
  • Protein: 20 g
  • Kalsium: 6%
  • Zat besi: 2%

Ikan gabus merupakan salah satu protein yang penting. Albumin merupakan protein penting yang dapat ditemukan di dalam ikan gabus.

Apa saja manfaat mengonsumsi ikan gabus?

Ikan gabus merupakan ikan yang mudah ditemukan di Indonesia. Untuk mengonsumsinya kamu dapat mencoba berbagai macam varian olahan dari ikan gabus. Ada banyak sekali manfaat yang akan kamu dapatkan jika kamu mengonsumsinya.

Nah, berikut ini adalah berbagai manfaat dari ikan gabus yang perlu kamu ketahui.

1. Mencegah terjadinya pembengkakan

Melansir dari laman DrHealthBenefits.com, albumin merupakan protein penting yang dapat membantu mencegah pembengkakan.

Pembengkakan atau edema dapat terjadi karena sel-sel darah kehilangan bentuknya. Pada dasarnya, sel darah hanya berbentuk cair, namun di dalamnya terdapat molekul dan partikel yang dalam keadaan normal tidak bercampur satu sama lain.

Nah, albumin dapat membuat sel-sel darah tersebut bercampur. Jika albumin di dalam tubuh tidak tercukupi dengan baik, ini dapat menyebabkan terbentuknya endapan darah di berbagai bagian tubuh, yang mana dapat menimbulkan pembengkakan.

2. Mempertahankan keseimbangan cairan dalam tubuh

Tubuh manusia terdiri dari sekitar 70 persen cairan. Sel-sel tubuh membutuhkan cairan untuk melakukan proses metabolisme. Nah, manfaat lain dari albumin dalam ikan gabus yakni dapat membantu mempertahankan keseimbangan cairan dalam tubuh.

Sebab, jika sel tubuh kekurangan cairan, albumin dapat membantu untuk membentuk air di dalam darah masuk ke dalam sel, sehingga dapat membantu menyeimbangkan cairan. Namun, jika terjadi konsentrasi  air berlebih, albumin berperan untuk mengatur kelebihan cairan tersebut.

3. Membantu menyimpan nutrisi dan hormon

Albumin tidak hanya menjaga sel darah dalam bentuk terlarut, tetapi juga nutrisi lainnya. Beberapa protein, hormon, dan mineral disimpan di dalam albumin, kemudian akan diedarkan ke seluruh tubuh.

4. Membantu memperbaiki kerusakan jaringan

Albumin memegang peranan penting dalam meningkatkan proses regenerasi sel. Tak hanya mempercepat proses regenerasi, albumin juga membantu untuk mengirimkan sinyal ke sistem imun tubuh jika ada sel dan jaringan yang rusak.

5. Mempercepat proses penyembuhan luka

Berdasarkan International Journal of Current Research and Academic Review, kandungan albumin pada ikan gabus sebesar 61 persen. Albumin dapat membantu proses penyembuhan luka.

Di sisi lain, kandungan albumin dari ikan gabus juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka pada pasien operasi. Selain diperlukan dalam proses penyembuhan, albumin juga diperlukan dalam proses pertahanan tubuh.

6. Membantu pencernaan

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Indonesian Fisheries Processing Journal menemukan bahwa ikan gabus juga mengandung beta-galaktosidase. Beta-galaktosidase adalah enzim yang dapat mengubah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa.

Tak hanya itu, enzim ini juga berfungsi untuk memudahkan pencernaan laktosa di dalam usus.

7. Pembentukan sel darah putih

Sel darah putih memiliki fungsi penting sebagai sistem kekebalan tubuh. Ketika terdapat benda asing yang masuk ke dalam tubuh, sel darah putih merupakan pertahanan utama tubuh. Nah, albumin merupakan protein yang berperan dalam pembentukan sel darah putih.

Kurangnya albumin dalam tubuh dapat menyebabkan tubuh mudah terserang sakit dan peradangan.

Benarkah ikan gabus dapat sembuhkan pasien COVID-19?

Dilansir dari Kompas.com, para peneliti percaya bahwa ikan gabus dapat mempercepat penyembuhan pada pasien COVID-19.

Hal tersebut merupakan kombinasi dari ekstrak ikan gabus, temulawak, serta meniran. Kombinasi ketiganya dapat meningkatkan kadar albumin, serta mencegah inflamasi dan koagulasi pada pasien corona.

Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara, PT Akar Rimba, dan PT Mega Medica Pharmaceuticals, saat ini tengah meneliti formulasi dari kombinasi ekstrak ikan gabus, temulawak, serta meniran untuk dikembangkan menjadi produk imunomodulator.

Nantinya, produk tersebut berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mencegah COVID-19.

Tingginya kadar protein, terutama albumin dalam ikan gabus sangat dibutuhkan untuk aktivasi makrofag, sel T dan B untuk mencegah penularan serta mempercepat pemulihan klinis pada pasien COVID-19.

Pantau perkembangan COVID-19 di Indonesia melalui situs resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Kompas.com (2020). Diakses pada 22 Juli 2020. Penelitian USU: Ekstrak Ikan Gabus Bisa Percepat Penyembuhan Pasien Covid-19 

DrHealthBenefits.com. Diakses pada 08 Februari 2021. 10 Proven Health Benefits of Snakehead Fish 

Nurimala, Mala, Mega Safithri, Fitria Tika Pradita, dan Rizsa Mustika Pertiwi (2020). Profil Protein Ikan Gabus (Channa striata), Toman (Channa micropeltes), dan Betutu (Oxyeleotris marmorata). Indonesian Fisheries Processing Journal (diakses pada 08 Februari 2021)

Suprayitno, Eddy (2014). Profile albumin fish cork (Ophicephalus striatus) of different ecosystems. International Journal of Current Research and Academic Review (diakses pada 08 Februari 2021)

 

    register-docotr