Covid-19

Agar Kesehatan Tetap Terjaga, Simak Tips Merawat Orang Sakit Kronis di Masa Pandemi

July 19, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Ario W. Pamungkas
no-image

Di masa pandemi COVID-19 ini merawat orang sakit kronis memang menjadi tantangan tersendiri. Baik orang tersebut merupakan anggota keluarga kita ataupun pasien yang terkena sakit kronis. Ada beberapa tips merawat yang dapat kamu lakukan agar kesehatanmu dan pasien tetap terjaga. Apa saja?

Baca juga: 7 Tips Sederhana Melindungi Orang Tua dari Virus Corona

Bagaimana merawat orang yang sakit kronis di masa pandemi?

Pasien dengan sakit kronis memerlukan perawatan yang ekstra, tak hanya itu saja, mereka juga membutuhkan dukungan moral. Di masa pandemi COVID-19 ini untuk merawat pasien dengan sakit kronis memang harus sangat di perhatikan dan harus menerapkan beberapa protokol ekstra.

Hal tersebut dimaksudkan agar kesehatan kita selalu terjaga dan untuk menghindari penyebaran virus corona.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah tips merawat orang sakit kronis di masa pandemi.

1. Mengikuti pedoman pencegahan penyebaran virus corona

Sebagai seseorang yang merawat pasien sakit kronis, hal pertama yang selalu harus diperhatikan adalah mengikuti pedoman yang telah diberikan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Misalnya saja selalu gunakan masker dan alat pelindung diri (APD) lainnya, terutama ketika merawat seseorang yang berada di rumah sakit.

Tak hanya itu saja, sebaiknya selalu mencuci tanganlah dengan teknik yang benar, ini merupakan pilihan yang terbaik untuk pencegahan virus corona.

Misalnya saja selalu mencuci tangan sebelum dan setelah makan, setelah menggunakan toilet, batuk, atau bersin, serta sebelum atau setelah merawat pasien.

Hand sanitizer juga dapat menjadi pilihan, terutama ketika kamu berada di tempat umum dan tidak memiliki akses untuk ke kamar kecil. Pilihlah yang setidaknya mengandung 60 persen alkohol.

2. Selalu berikan dukungan

Orang yang sakit kronis memerlukan dukungan moral, terutama dari keluarganya. Setiap rumah sakit tentu saja akan menerapkan kebijakan untuk mencegah kunjungan yang tidak perlu.

Jika kamu merupakan anggota keluarga pasien, kamu dapat memberikan dukungan kepada mereka melalui telepon atau video. Pastikan juga kamu selalu bertanya kepada tenaga kesehatan mengenai perkembangan anggota keluargamu tersebut.

Dukungan moral kepada pasien juga harus selalu diberikan oleh tenaga kesehatan. Hal ini dapat membuat pasien semangat untuk sembuh.

3. Selalu cari tahu mengenai informasi COVID-19, tetapi jangan berlebihan

Sebaiknya sebagai seseorang yang merawat pasien sakit kronis selalu cari tahulah perkembangan COVID-19 di wilayahmu, tetapi jangan berlebihan dan selalu pastikan bahwa informasi yang kamu dapatkan tersebut berasal dari sumber yang valid.

Serangkaian berita yang berfokus pada pandemi bisa sangat melelahkan secara mental dan emosional, jadi sebaiknya seraplah informasi secukupnya.

4. Beristirahatlah jika lelah

Pada masa pandemi ini merawat pasien yang sakit memang dapat menjadi lebih melelahkan dibandingkan sebelum masa pandemi. Risiko kelelahan dapat meningkat ketika kita stres.

Ada beberapa ciri kelelahan pada masa pandemi ini yang harus kamu perhatikan, seperti:

  • Merasa putus asa
  • Kecemasan
  • Gangguan tidur
  • Kesulitan dalam menjalani tugas

Dalam berbagai jangka waktu merawat seorang pasien dapat menimbulkan kelelahan secara fisik, mental, dan emosional. Merawat seorang pasien memang sangat penting, tetapi jika kamu merasa lelah sebaiknya beristirahatlah dan jangan bekerja secara berlebihan.

5. Carilah peluang untuk bersantai

Merawat pasien memang kewajiban utama dan dapat sangat melelahkan. Untuk mengatasi kelelahan, kamu dapat menggunakan waktu luang dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai, seperti mendengarkan musik favorit, membaca, atau mengerjakan hobi lainnya.

Berikut adalah beberapa pilihan yang dapat kamu lakukan:

  • Cobalah meditasi untuk menenangkan pikiran
  • Selalu berdoa
  • Luangkan waktu di luar, dengan selalu mengikuti protokol kesehatan

Baca Juga: Awas! Sering Gonta-ganti Shampo Datangkan Masalah Bagi Rambut

6. Menjaga diri sendiri

Menjaga kesehatan pasien memang penting, tetapi jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan diri sendiri. Kesejahteraan seorang pasien bergantung pada kemampuan seorang perawat untuk mempertahankan kesehatanmu sendiri.

Bagaimanapun tantangan pada masa pandemi COVID-19 ini, kesehatan diri sendiri tidak boleh dilupakan. Agar kesehatanmu tetap terjaga kamu dapat melakukan:

  • Mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang
  • Pertahankan rutinitas tidur yang teratur
  • Temukan peluang berolahraga kapan pun yang memungkinkan

Diet sehat yang dikombinasikan dengan olahraga dan tidur nyenyak membantu menjaga daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh sangat penting untuk selalu dipertahankan untuk melawan semua jenis virus.

Merawat orang yang sakit kronis di masa pandemi ini memang menjadi suatu tantangan tersendiri. Agar selalu terhindar dari penyebaran COVID-19, selalu ikutilah protokol kesehatan yang sudah diberikan. Dan jangan lupa selalu jagalah kebersihan dan kesehatan selama masa pandemi ini.

Pantau perkembangan situasi pandemi di Indonesia melalui situs resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Keiro (2020). Diakses pada 15 Juli 2020. 8 Tips for Caregiving During The COVID-19 Pandemic 

Sunrise Senior Living (2020). Diakses pada 15 Juli 2020. Tips for Family Caregivers During a Pandemic 

Vitas Healthcare. Diakses pada 15 Juli 2020. Care giving During COVID-19: Be Well With These 6 Tips 

    Berita Terkait
    register-docotr