Covid-19

7 Alternatif Kegiatan Seru Mengisi Waktu Libur Lebaran di Rumah

May 15, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Berkumpul bersama sanak saudara di kampung halaman menjadi kegiatan yang biasanya dilakukan saat Lebaran. Namun sayangnya, untuk menghentikan penyebaran COVID-19, pemerintah kembali memutuskan larangan mudik pada tahun ini.

Meskipun demikian, ada beberapa alternatif kegiatan seru bersama keluarga yang bisa kamu lakukan, apa saja?

Baca juga: 4 Tips Mengatur Sirkulasi Udara di Kantor agar Terhindar dari Risiko COVID-19

Alternatif kegiatan seru bersama keluarga saat libur

Nah, berikut ini adalah beberapa daftar kegiatan di rumah yang bisa kamu lakukan bersama keluarga untuk mengisi libur Lebaran:

1. Memasak

Salah satu kegiatan yang bisa dilakuakn di rumah untuk mengisi liburan keluarga adalah memasak bersama. Kamu bisa mmbuat berbagai hidangan yang disukai oleh keluarga, misalnya saja kue pai, biskuit, atau hidangan lainnya.

Ketika kegiatan memasak usai, kamu bisa bersantai dengan keluarga menikmati hidangan yang sebelumnya kamu buat.

2. Menonton film

Pilihlah film yang disukai oleh kamu dan anggota keluarga untuk menghabiskan waktu. Selain mudah dilakukan, menonton film juga bisa meningkatkan ikatan antara orang tua dan anak.

Misalnya, saja ketika anak bertanya mengenai film yang ditontonnya, orang tua dapat menjawab pertanyaan anak.

Selain itu, sebelum menonton film, kamu juga bisa menyiapkan popcorn sebagai pelengkap.

3. Berkemah di rumah

Tak hanya dapat dilakukan di alam bebas saja, berkembah juga dapat dilakukan di rumah. Kegiatan ini bisa dijadikan sebagai alternatif lainnya untuk mengisi libur lebaran.

Dikutip dari laman Viva, menurut psikolog Irma Gustiana A, S.Psi., M.Psi., kegiatan ini bisa melatih kemandirian anak, memperkuat ikatan (bonding) antara anak dan orang tua, serta mengembangkan kemandirian.

Tak hanya itu, kegiatan ini juga bisa mengasah keluwesan koordinasi motorik visual anak. Agar kegiatan yang berlangsung lebih seru, orang tua dapat mengajak anak menyusun agenda serta menyiapkan peralatan seperti buku cerita, tenda, atau sedia camilan sehat.

4. Menggambar dan mewarnai

Selain kegiatan yang sudah disebutkan di atas, menggambar dan mewarnai merupakan kegiatan lainnya yang bisa dilakukan di rumah saja.

Menggambar memiliki banyak manfaat untuk anak. Misalnya mengembangkan keterampilan motorik halus, meningkatkan koordinasi tangan dan mata, membangun konsentrasi anak, hingga meningkatkan kepercayaan diri anak.

Sama halnya seperti menggambar, mewarnai pun juga memiliki manfaat bagi anak, seperti mendukung kreativitas, mengasah keterampilan motorik, hingga meningkatkan fokus anak.

Baca juga: Moms, Perhatikan 4 Hal Berikut saat Harus Menyusui di Era Pandemi

5. Bermain board game

Board game, seperti layaknya monopoli, scrabble, juga bisa menjadi kegiatan untuk mengisi liburan Lebaran.

Board game sendiri bisa dijadikan sebagai media belajar yang menyenangkan bagi anak. Tak hanya itu, kegiatan ini juga bisa mengasah fokus dan strategi anak sejak dini. Bermain board game bersama dengan anak juga bisa menumbuhkan jiwa berkompetensi yang sehat.

Anak akan belajar bagaimana bekerja keras, sportif, belajar ketangkasan, serta mengembangkan kepercayaan rasa percaya diri anak, sehingga anak akan tumbuh dan berkembang secara optimal.

6. Berkebun

Selain kegiatan yang sudah dijelaskan di atas, kegiatan lain yang juga bisa dilakukan adalah berkebun. Kegiatan ini juga memiliki manfaat untuk anak, lho.

Dilansir Better Health Channel, berkebun dapat membantu mengembangkan keterampilan baru, misalnya tanggung jawab untuk merawat tanaman, lebih mencintai alam, mengembangkan  kreativitas, dan meningkatkan kepercayaan diri untuk mencapai tujuan mereka.

7. Karaoke bersama

Selain mudah dilakukan dan merupakan kegiatan menyenangkan, karaoke juga dapat bermanfaat untuk mengembangkan bakat dan minat anak terkait dengan bidang seni musik dan olah vokal.

Tak hanya itu, karaoke juga memiliki manfaat lainnya, seperti mengembangkan keterampilan berkomunikasi dan bahasa serta mengasah koordinasi motorik, apabila karaoke diiringi dengan gerakan.

Itulah beberapa informasi mengenai alternatif kegiatan yang bisa dilakukan di rumah saja saat liburan Lebaran. Yuk dicoba!

Konsultasi lengkap seputar COVID-19 di Klinik Lawan COVID-19 dengan mitra dokter kami. Yuk, klik link ini untuk download aplikasi Good Doctor!

Reference

Better Health Channel. Diakses pada 11 Mei 2021. Gardening for children 

Kids Country Learning Centers (2016). Diakses pada 11 Mei 2021. 6 Benefits of Drawing Time for Children 

Lifehack. Diakses pada 11 Mei 2021. 15 Fun And Easy Family Activities That You Can Do At Home 

Mom Junction (2017). Diakses pada 11 Mei 2021. 13 Amazing Advantages Of Coloring Pages For Your Child’s Development 

Parents (2020). Diakses pada 11 Mei 2021. 20 Fun Family Activities to Do at Home 

Viva (2021). Diakses pada 11 Mei 2021. Libur Lebaran Seru Meski di Rumah, Yuk Coba 5 Kegiatan Ini 

 

    register-docotr