Covid-19

5 Cara Mengatasi Kacamata Berembun saat Memakai Masker

March 10, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Masker adalah salah satu senjata utama untuk mengurangi penyebaran COVID-19. Akan tetapi tak dapat dipungkiri kalau masker bisa menyebabkan beberapa masalah, termasuk kaca mata yang menjadi berkabut.

Lalu bagaimana mengatasi hal tersebut? Lanjutkan membaca artikel di bawah untuk mengetahui jawabannya.

Baca juga: Kacamata Antiradiasi Apakah Perlu dan Bermanfaat?

Mengapa kacamata berkabut saat memakai masker?

Ketika udara hangat dari mulut dan hidung keluar melalui celah di sekitar masker, itu akan menyentuh permukaan kacamata yang dingin, dan berubah menjadi embun yang mengganggu pandangan.

Apalagi jika kamu mengenakan masker wajah yang longgar atau tidak pas. Secara tidak langsung kamu telah menciptakan ruang ekstra untuk keluarnya napas sehingga membuat kacamata jadi berkabut.

Cara mengatasi kacamata berembun saat memakai masker

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memastikan kacamata tidak berkabut saat mengenakan masker.

1. Sesuaikan masker dengan wajah

Dilansir dari Aarp, cara termudah dan paling murah untuk mengatasi kacamata berembun adalah memakai masker yang pas dengan wajah.

Jika tidak, udara hangat kemungkinan besar akan keluar dan membuat lensa kacamata menjadi berkabut.

Saat mengenakan masker, pastikan pula untuk mencubit bagian atas masker agar sesuai dengan bentuk hidung. Kencangkan juga sisi-sisi masker, agar pas dengan bentuk wajah dan tidak menjadi celah udara keluar dari hidung maupun mulut.

2. Rekatkan bagian atas masker ke pangkal hidung

Jika masker yang pas tidak dapat menghentikan pengabutan, pertimbangkan untuk menutup aliran napas dari bagian atas masker dengan selotip.

Kamu dapat menggunakan selotip medis untuk menjaga posisi masker, sehingga udara dapat mengalir keluar dari kacamata tanpa membuatnya berembun.

Tetapi sebelum kamu menerapkan tips ini, kamu harus mencoba menempelkan selotip di anggota tubuh kamu yang lain terlebih dulu. Ini bertujuan untuk mengurangi risiko terjadinya iritasi pada kulit.

3. Berikan semprotan khusus

Lensa kacamata yang terlalu sering berembun, lama kelamaan akan rusak dan mengalami penurunan kualitas.

Jika kamu tidak ingin menggantinya, kamu dapat mengatasinya dengan memasang pelindung lensa kacamata, seperti semprotan khusus kacamata.

Jenis perawatan ini biasanya bekerja dengan mengendapkan film bahan kimia yang sangat tipis ke dalam lensa. Tujuannya adalah untuk mencegah tetesan air terbentuk di permukaan kacamata.

Kekurangan solusi ini adalah meski efektif saat dilakukan untuk pertama kali. Tetapi lapisan itu akan luntur seiring waktu, dan kamu akan perlu mengoleskannya kembali setiap beberapa hari.

4. Tambahkan lapisan lensa antifog

Sebagian besar lapisan antifog bersifat hidrofilik. Ini dapat bertindak sebagai sejenis spons mikroskopis, yang memungkinkan tetesan air menyerap ke dalam lapisan lensa, dan mencegahnya menjadi buram.

“Ini adalah langkah tambahan, dan merupakan bagian dari proses perawatan yang sama seperti pelapis antipantul, anti-silau atau anti-noda (pada kacamata),”

jelas Michael Vitale, direktur teknis senior di the Vision Council.

Jika kamu mempertimbangkan solusi ini, akan lebih baik untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli perawatan mata untuk menyesuaikan jenis lensa dengan lapisan antifog yang akan digunakan.

5. Solusi rumahan lainnya

Mengingat masalah ini merupakan hal umum yang terjadi di hampir semua pemakai kacamata. Tak heran jika ada beberapa solusi ‘rumahan’ lain yang kerap dipakai untuk mengatasinya.

Salah satunya adalah mencuci kacamata dengan air sabun. Dilansir dari Healthline, sebuah tinjauan penelitian 2015 menunjukkan bahwa mencuci kacamata dengan air hangat dan sabun dapat membantu pemakai masker menghindari fogging.

Caranya kamu hanya membilas kacamata dengan sabun dan air hangat. Biarkan mengering, lalu bersihkan hingga bersih dari noda dengan kain mikrofiber kering.

Jika kacamata kamu memiliki film khusus, seperti ultraviolet atau pelindung silau, bicarakan dengan ahli kacamata sebelum mencoba langkah-langkah tersebut karena beberapa pembersih dapat merusak film tersebut.

Baca juga: Yuk, Kenali 4 Penyebab Mata Berair dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Itulah beberapa tips mencegah kacamata berkabut saat menggunakan masker. Selamat mencoba!

Konsultasi lengkap seputar COVID-19 di Klinik Lawan COVID-19 dengan mitra dokter kami. Yuk, klik link ini untuk download aplikasi Good Doctor!

Reference

How to Prevent Foggy Eyeglasses While Wearing a Mask https://www.aarp.org/health/conditions-treatments/info-2021/prevent-foggy-glasses-face-masks.html diakses pada 9 Maret 2021

How to See Clearly While Wearing Glasses with a Facial Covering https://www.healthline.com/health/how-to-stop-glasses-from-fogging#why-do-glasses-fog diakses pada 9 Maret 2021

How to Wear a Face Mask Without Fogging Your Glasses https://www.aao.org/eye-health/tips-prevention/face-mask-foggy-glasses-coronavirus-covid diakses pada 9 Maret 2021

Dewy glasses when wearing a mask, here’s how to fix it page all https://netral.news/en/dewy-glasses-when-wearing-a-mask-heres-how-to-fix-it-page-all.html diakses pada 9 Maret 2021

    register-docotr