Kehamilan

Telapak Kaki Sakit saat Hamil, Apa Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

August 18, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Selama kehamilan ada beberapa perubahan yang dapat dirasakan oleh ibu hamil. Salah satunya telapak kaki yang terasa sakit. Telapak kaki sakit saat hamil tidak terjadi begitu saja dan disebabkan oleh beberapa faktor. Rasa sakit tersebut dapat diatasi dengan melakukan berbagai cara, apa saja?

Telapak kaki yang terasa sakit dapat membuat seorang wanita kesulitan untuk berdiri, berjalan, atau bahkan menekannya terlalu lama. Tidak banyak metode yang dapat dilakukan untuk mencegah kondisi ini.

Meskipun demikian, ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk meredakan gejalanya. Yuk simak di sini!

Baca juga: Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil: Meredakan Nyeri Hingga Mengusir Insomnia

Apa penyebab telapak kaki sakit saat hamil?

Seiring dengan perkembangan si kecil di dalam kandungan, ibu hamil mengalami banyak sekali perubahan fisik. Ini merupakan hal yang wajar, akan tetapi ada beberapa perubahan yang membuat bumil merasa tidak nyaman dan menyulitkannya beraktivitas, termasuk telapak kaki sakit.

Rasa sakit yang dirasakan pada telapak kaki disebabkan oleh beberapa penyebab. Penyebab pada tiap kasus pun berbeda dan tidak dapat disamakan.

Dilansir dari Firstcry.com, berikut adalah penyebab telapak kaki sakit saat hamil.

Penyebab umum

Ada beberapa penyebab umum yang membuat telapak kaki terasa sakit, ini dapat termasuk:

  • Pertambahan berat badan secara alami dapat memberikan tekanan pada kaki dan ligamen di dekat lengkungan kaki. Hal ini menyebabkan telapak kaki terasa sakit
  • Pusat gravitasi pada tubuh bergeser akibat berat bayi yang sedang tumbuh
  • Gaya berjalan yang lebih lebar karena beban ekstra, ini dapat meregangkan otot kaki
  • Volume darah meningkat juga dapat menyebabkan kram pada telapak kaki
  • Sepatu yang terlalu ketat atau ukuran yang salah dapat menyebabkan nyeri pada telapak kaki

Penyebab lain

Selain masalah yang sudah disebutkan di atas, rasa sakit yang terjadi pada telapak kaki juga dapat disebabkan dengan beberapa kondisi lainnya. Dapat dikatakan kondisi ini juga merupakan kondisi umum yang mengakibatkan telapak kaki sakit saat hamil, di antaranya adalah:

Edema

Selama kehamilan, wanita sering mengalami edema. Edema sendiri merupakan kondisi di mana kaki membengkak. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa yang tidak nyaman serta nyeri.

Saat bayi tumbuh, rahim menjadi berkembang dan memberi tekanan besar pada pembuluh darah di area panggul. Ini dapat menghalangi sirkulasi darah dan menyebabkan penumpukan darah di kaki, yang berujung pada pembengkakan kaki.

Edema dapat membuat ibu hamil sulit untuk bergerak. Jika kondisi ini membuat kamu tidak nyaman atau terlalu berat untuk menanggungnya, sebaiknya berkonsultasilah pada dokter.

Over-Pronation

Over-Pronation atau yang juga dikenal sebagai flat feet merupakan kondisi lainnya yang dapat membuat rasa sakit pada telapak kaki. Kondisi ini disebabkan oleh tekanan berlebihan pada kaki.

Lengkungan kaki dapat menjadi rata karena pertambahan berat badan selama kehamilan dan menambah tekanan pada plantar fascia, yakni jaringan yang menghubungkan tumit ke bagian kaki depan. Ini dapat menambah tekanan pada punggung dan otot betis.

Cara mengatasi telapak kaki sakit saat hamil

Rasa sakit yang terjadi pada telapak kaki memang dapat membuat tidak nyaman atau bahkan dapat menghalangimu untuk melakukan banyak aktivitas.

Tak perlu khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa sakit di telapak kaki, seperti yang telah dilansir dari berbagai sumber berikut ini.

  1. Menopang kaki dengan cara mengenakan sol yang mendukung di dalam sepatu serta pilihlah alas kaki yang nyaman
  2. Lakukanlah olahraga ringan yang bertujuan untuk mengurangi rasa sakit pada kaki. Semakin banyak kamu bergerak semakin banyak pula darah keluar dari kaki dan mengalir ke seluruh tubuh
  3. Hindari berdiri dalam waktu yang lama tanpa istirahat. Semakin banyak waktu kamu berdiri, kaki dapat semakin bengkak. Sebaiknya naikkan atau sejajarkan posisi kaki dengan tubuh untuk mencegah pembengkakan menjadi terlalu parah
  4. Minum banyak air serta hindari konsumsi garam. Garam serta kafein dapat membuat tubuh lebih banyak menahan cairan ekstra
  5. Saat kaki bengkak, angkatlah kaki ke atas. Kompres es juga dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan
  6. Melakukan pijatan dapat meredakan rasa sakit. Akan tetapi, sebaiknya lakukanlah dengan ahlinya karena ada beberapa titik tertentu yang tidak boleh dipijat ketika sedang hamil

Sudah tahu bukan apa saja penyebab dan cara mengatasi telapak kaki sakit saat hamil? Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, kamu juga dapat berkonsultasi langsung dengan dokter lho. Dokter akan memberikan informasi lainnya yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Ask Dr Sears. Diakses pada 12 Agustus 2020. Foot Pain During Pregnancy 

Everyday Health (2009). Diakses pada 12 Agustus 2020. The Aches and Pains of Pregnancy on Your Feet 

First Cry (2018). Diakses pada 12 Agustus 2020. Foot Pain During Pregnancy 

Foot Health Facts. Diakses pada 12 Agustus 2020. Enjoy Pregnancy Without Foot Pain

    Berita Terkait
    register-docotr