Kehamilan

Senam Kegel Punya Banyak Manfaat untuk Ibu Hamil, Begini Cara Melakukannya

November 1, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Selama kehamilan kamu harus selektif dalam memilih jenis olahraga. Pasalnya, tidak semua olahraga dapat dilakukan oleh ibu hamil. Tak perlu khawatir, karena kamu bisa melakukan senam kegel untuk ibu hamil yang memiliki banyak manfaat.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Posisi Tidur Ibu Hamil yang Baik dan Benar

Apa itu senam kegel untuk ibu hamil?

Senam kegel untuk ibu hamil adalah salah satu bentuk senam dasar panggul yang dilakukan dengan cara menahan dan mengendurkan otot di daerah panggul dan genital.

Senam ini dapat membantu memperkuat otot-otot yang menopang kandung kemih, rahim (uterus), serta usus besar. Nah, dengan memperkuat otot-otot ini selama kehamilan, kamu bisa menjadi lebih rileks dan dapat mengontrol otot dalam persiapan persalinan serta kelahiran.

Senam ini sangat mudah untuk dilakukan lho, kamu tidak perlu datang ke gym untuk melatih otot-otot tersebut. Kamu bisa melakukan senam kegel sebagai bagian dari rutinitas harianmu.

Manfaat senam kegel untuk ibu hamil

Jika kamu melakukan senam kegel selama kehamilan, kamu akan memperoleh banyak manfaat. Berikut manfaat senam kegel untuk ibu hamil yang wajib kamu ketahui.

Meningkatkan kontrol kandung kemih

Ketika bayi terus tumbuh, rahim akan mulai membesar, yang mana hal ini dapat membebani dasar panggul. Jika otot-otot dasar panggul lemah, kamu dapat mengalami inkontinensia urine (UI) atau kebocoran urine, dalam arti kata kamu dapat kesulitan untuk menahan buang air kecil.

Perlu diketahui bahwa wanita di trimester ketiga sangat rentan terhadap kondisi ini. Nah, senam kegel ini dapat mengurangi atau mencegah kondisi tersebut sepenuhnya.

Mengurangi rasa sakit saat persalinan

Dasar panggul yang kuat juga dapat membantu mengurangi rasa sakit saat persalinan. Ketika kamu melakukan senam kegel, kamu akan belajar bagaimana cara untuk membuat otot dasar panggul menjadi rileks.

Pengetahuan ini sangat berguna saat persalinan. Merilekskan otot akan memungkinkan bayi keluar dengan lancar.  

Persalinan lebih singkat

Dilansir dari Firstcry.com, banyak penelitian yang menunjukkan bahwa wanita hamil yang melakukan senam kegel secara teratur dapat memiliki waktu persalinan yang lebih singkat.

Meningkatkan sirkulasi darah

Selama kehamilan, tak jarang ibu hamil dapat menderita wasir (ambeien) yang sangat menyakitkan. Melakukan senam kegel dapat meningkatkan sirkulasi darah di area panggul, sehingga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya wasir.

Memperkuat organ yang menopang panggul

Melahirkan melalui vagina merupakan salah satu penyebab potensial prolaps organ panggul, yakni ketika rahim, uretra, atau usus mengendur ke dalam vagina. Ini karena kehamilan dan persalinan melalui vagina dapat melemahkan otot dasar panggul.

Hal tersebut tidak dapat memberikan dukungan yang cukup bagi organ panggul. Dokter mungkin saja akan merekomendasikan senam kegel sebagai bagian dari rencana perawatan.

Mengurangi risiko inkontinensia tinja (fecal incontinence)

Inkontinensia tinja adalah kondisi yang menyebabkanmu mengalami kebocoran feses sebelum kamu dapat pergi ke kamar mandi. Nah, senam kegel dapat memperkuat otot rektal untuk membantu mencegah kondisi ini.

Baca juga: 6 Manfaat Senam Hamil: Sehatkan Janin hingga Lancarkan Persalinan

Bagaimana cara melakukan senam kegel untuk ibu hamil?

Jika kamu ingin melakukan senam kegel sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter ya kapan waktu yang tepat untuk melakukannya. Senam kegel dapat dilakukan saat kamu berbaring, berdiri, atau bahkan duduk.

Berikut ini adalah cara melakukan senam kegel untuk ibu hamil yang mudah dilakukan seperti yang telah dilansir dari American Pregnancy Association.

Temukan otot yang tepat

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menemukan otot kegel. Pertama, kamu bisa memasukkan jari bersih ke dalam vagina, dan cobalah untuk menekan otot-otot yang mengelillinginya.

Kedua, kamu bisa berlatih seperti sedang menghentikan aliran urine. Namun, cara kedua ini harus dilakukan secara hati-hati.

Tahan otot kemudian kendurkan

Setelah kamu menemukan otot-otot dasar panggul, tekan atau kontraksikan otot-otot tersebut selama 5-10 detik, kemudian kendurkan secara perlahan-lahan. Kamu dapat mengulanginya sebanyak 10-20 kali.

Ketika melakukan hal ini jangan lupa untuk selalu mengosongkan kandung kemih terlebih dahulu ya.

Hal-hal yang perlu dihindari

Ada beberapa hal yang perlu kamu hindari ketika melakukan senam kegel untuk ibu hamil, ini termasuk:

  • Menarik perut ke dalam
  • Menghentikan napas
  • Menggerakan kaki
  • Menahan otot bokong dan perut
  • Jangan mencoba untuk melakukan senam kegel saat buang air kecil karena dapat melemahkan otot serta meningkatkan risiko terkena infeksi saluran kemih
  • Jangan melakukannya secara berlebihan, karena ini dapat memungkinkanmu mengejan saat buang air kecil maupun besar

Nah, itulah informasi mengenai senam kegel untuk ibu hamil. Sebaiknya konsultasikanlah terlebih dahulu pada dokter ya sebelum melakukan hal ini.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

American Pregnancy Association (2012). Diakses pada 22 Oktober 2020. Kegel Exercises 

Firstcry.com (2019). Diakses pada 22 Oktober 2020. How to Do Kegel Exercises in Pregnancy 

Pampers (2019). Diakses pada 22 Oktober 2020. Why Kegel Exercises Are Great During and After Pregnancy 

Webmd (2018). Diakses pada 22 Oktober 2020. Exercises for Pregnancy 

    Berita Terkait
    register-docotr