Kehamilan

Tendangan Pertama hingga Bisa Mendengar, Ini Perkembangan Janin saat Hamil 4 Bulan

February 9, 2021 | Putri Prima Soraya | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Moms, sangat wajar saat memasuki trimester dua, kamu merasakan babak baru dalam kehamilan. Jika pada trimester awal Moms masih belum banyak mengalami perubahan, saat hamil 4 bulan, perkembangan janin dalam kandungan akan membawa banyak perubahan bagi Moms.

Pada bulan ke-4 ukuran janin juga tentu saja semakin membesar. Jika Moms penasaran apa saja perkembangan janin setelah 4 bulan, Moms bisa membaca artikel di bawah ini hingga selesai. Selamat membaca!

Baca Juga: Moms, Tidak Hanya untuk sang Buah Hati, Manfaat ASI Juga Baik untuk Kamu

Kehamilan trimester ke-2

Pada fase kehamilan trimester ke-2, sering dianggap sebagai bagian terbaik dari pengalaman selama kehamilan. Pada saat ini, mual-mual di pagi hari mungkin sudah hilang dan ketidaknyamanan kehamilan dini telah memudar.

Bentuk wajah dari janin mulai berkembang selama bulan ini. Moms juga dapat mulai merasakan gerakan saat sang calon bayi membalik dan berputar di dalam rahim. Selama trimester ini, banyak orang tua yang sudah dapat mengetahui jenis kelamin calon bayinya.

Ilustrasi trimester ke 2 kehamilan. Foto www.gdesignsgallery.com

Tanda hamil 4 bulan

Moms akan merasa ‘benar-benar’ hamil di usia kehamilan 4 bulan ini. Pasalnya, memasuki trimester kedua, Moms tidak hanya merasakan menggembung dan perasaan aneh saja.

Di usia kehamilan 4 bulan, Moms akan mulai merasakan kram di bagian tengah tubuh karena rahim yang terus membesar dari hari-ke hari. Beberapa tanda dan gejala lain hamil 4 bulan adalah:

  • Heartburn dan masalah pencernaan
  • Sakit punggung
  • Tanda kerutan
  • Varises
  • Sesak napas
  • Pembengkakan dan sumbatan di saluran hidung
  • Gusi yang terasa sakit atau berdarah
  • Konstipasi
  • Nyeri ligamen bundar

Mayoritas gejala ini, seperti perubahan pembuluh darah serta hidung tersumbat, disebabkan oleh terlalu banyaknya aliran darah yang dipompa di pembuluh darah. 

Saat hamil 4 bulan, tubuh meningkatkan kapasitas produksinya dan berada dalam kecepatan seperti ini hingga usia kehamilan 35 minggu.

Perut membengkak saat hamil 4 bulan

Kebanyakan orang akan mulai mencapai berat kehamilan sebenarnya saat memasuki masa kehamilan 4 bulan. Jadi kalau Moms mulai merasakan hasrat untuk makan yang berlebih, itu adalah hal yang normal.

Pada intinya berapa berat masa kehamilan ini berbeda-beda pada tiap orang. Kalau Moms khawatir kurang atau terlalu berlebihan mengalami kenaikan berat badan, cobalah berbicara dengan dokter, karena dokter mengetahui riwayat massa tubuh Moms selama ini.

Pada saat hamil 4 bulan, Moms juga akan melihat perubahan signifikan pada perut. Ya, memasuki usia kehamilan 4 bulan, perut akan membengkak yang menandakan si Kecil sedang bertumbuh di sana. 

Tips perawatan diri saat hamil 4 bulan

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Moms ikuti supaya bisa melewati masa kehamilan 4 bulan yang lebih nyaman:

Posisi tidur

Ketika perut bertumbuh, maka Moms akan mengalami kesulitan mencari posisi tidur nyaman. Kesukaran ini bahkan sudah timbul sebelum perut membengkak.

Oleh karena itu, Moms bisa ikuti langkah berikut untuk membuat tidur lebih nyaman:

  • Pastikan kamar tidur berada dalam suhu yang Moms gemari, tidak terlalu panas atau terlalu dingin
  • Pastikan sirkulasi udara di dalam kamar berjalan dengan baik. Hal ini bisa dipastikan dengan menggunakan kipas angin, air conditioner (AC) atau bahkan membuka jendela
  • Tidurlah saat Moms sedang lelah, sehingga Moms tidak perlu banyak bergeser atau bergerak supaya bisa tidur
  • Gunakan bantal, baik itu bantai biasa atau bantal hamil untuk meredakan bagian tubuh yang terasa tertekan
  • Cobalah untuk tidur menyamping, terutama di bagian kiri

Pilih camilan sehat

Saat hamil 4 bulan, Moms akan merasa mudah lapar. Hasrat mengunyah makanan pun tidak terbatas pada makanan yang bernutrisi tinggi saja, Moms juga bisa terdorong untuk menyantap camilan kurang sehat.

Untuk itu, cobalah menyeimbangkan asupan makanan. Caranya, buatlah makanan yang padat nutrisi untuk dimasukkan dalam diet harian. 

Imbangi makanan berat dengan snack. Kalau mau snack sehat, Moms bisa andalkan buah, kacang-kacangan, keju, dan sayur-sayuran.

Seperti apa makanan saat hamil 4 bulan?

Berikut ini adalah beberapa makanan sehat yang perlu Moms masukkan dalam diet harian:

Makanan kaya akan zat besi

Seiring dengan peningkatan volume darah di usia kehamilan 4 bulan, maka Moms harus memasukan semua jenis makanan yang kaya akan zat besi ke dalam diet harian. Tujuannya untuk menopang kebutuhan dari zat ini selama masa kehamilan.

Contoh makanan yang kaya akan zat besi adalah daging, ikan, tahu, hati, kedelai, gandum utuh, kacang-kacangan, sayuran yang hijau tua seperti kale dan bayam buah kering hingga telur.

Makanan kaya serat

Hormon progesteron di usia kehamilan ini akan melambatkan proses pencernaan. Hal ini dapat menyebabkan konstipasi. 

Untuk mencegah konstipasi dan menstimulasi pergerakan usus yang seperti biasanya, Moms bisa makan makanan kaya serat.

Makanan kaya kalsium

Kalsium sangat penting untuk pertumbuhan tulang yang kuat si Kecil. Karena itu coba konsumsi makanan kaya kalsium seperti susu, kale, yoghurt dan keju.

Makanan kaya asam lemak omega

Asam lemak omega-3 sangat penting untuk perkembangan mata dan otak si Kecil dalam kandungan. Sementara asam lemak omega-6 dapat meningkatkan kesehatan jantung, fungsi sistem reproduksi yang baik serta kulit.

Sumber makanan yang mengandung dua nutrisi ini adalah minyak sayur, salmon, sarden, kacang kedelai, kacang seperti kenari dan almond, serta biji-bijian seperti chia dan flax atau lenan.

Jangan panik jika belum merasakan gerakan si Kecil

Gerakan pertama bayi akan terasa seperti sepakan, detakan atau gerakan gas di dalam perut. Moms yang sudah mengalami kehamilan lebih dari satu kali mungkin akan lebih mudah menyadarinya.

Untuk itu, jika ini adalah kehamilan pertama dan Moms belum merasakan gerakan si Kecil, jangan panik dulu. Biasanya memang butuh waktu lebih lama untuk merasakan gerakan ini, apalagi jika Moms memiliki plasenta anterior. 

Sebuah penelitian yang diterbitkan BMC Pregnancy and Childbirth bahkan mencatat beberapa Ibu hamil tidak merasakan gerakan dari bayi mereka hingga menginjak usia kehamilan 20 bulan bahkan lebih.

Dengan pekan-pekan yang semakin bertambah dan si Kecil yang terus bertumbuh, niscara gerakan si Kecil akan lebih mudah disadari. Karena itu, Moms dan pasangan bisa bersiap untuk merasakan bagaimana si Kecil bergerak dan tendangannya yang agak keras.

Memeriksakan diri ke dokter saat hamil 4 bulan

Rajin ke dokter saat hamil menjadi satu hal yang penting. Hal ini untuk memastikan bagaimana perkembangan kesehatan Moms dan bayi yang dikandung.

Pemeriksaan rutin

Saat pemeriksaan rutin di usia kehamilan 4 bulan, dokter akan memeriksa berbagai hal ini:

  • Tekanan darah
  • Rekam berat badan
  • Sampel urine
  • Memeriksa adanya pembengkakan di tubuh dan kaki
  • Mendengarkan detak jantung janin
  • Memeriksa gejala hamil 4 bulan yang timbul
  • Menjawab semua pertanyan yang Moms sampaikan

Memeriksa tinggi fundus

Dokter atau bidan juga biasanya akan mengukur tinggi fundus atau jarak antara ujung atas tulang kemaluan dengan ujung atas rahim.

Pengukuran ini dilakukan supaya dokter atau bidan bisa memantau pertumbuhan janin. Pad usia 16 minggu, ujung atas rahim sudah berada di setengah jalan antara tulang kemaluan dengan pusar saat Moms berbaring.

Tes genetik

Jika Moms memilih untuk melakukan tes genetik, biasanya sampel darah akan diambil dalam kunjungan ke dokter di usia kehamilan ini. Tes darah ini ditawarkan untuk dilakukan antara minggu ke 15 hingga 22 untuk mengetahui risiko kromosom abnormal atau cacat tabung saraf.

Perkembangan janin 4 bulan

Pada usia kehamilan 4 bulan, sang calon ibu akan mendapatkan banyak kejutan mengenai perkembangan janinnya pada bulan ke-4 yang terjadi di tubuh sang ibu. Di bawah ini merupakan perkembangan yang terjadi pada janin berumur 4 bulan:

1. Berat badan dan ukuran panjang janin akan bertambah

Pada bulan keempat, sang calon bayi akan memiliki ukuran kira-kira sebesar buah jeruk besar yang beratnya sekitar enam ons dan panjangnya 6,5sampai 7 inci.

2. Perkembangan janin 4 bulan ditandai organ reproduksi dan genital mulai terbentuk

Pada bulan ke-4 dalam kehamilan, organ reproduksi dan genital mulai berkembang dan moms dapat melihat melalui USG jika Moms ingin mengetahui apakah Moms akan memiliki anak laki-laki atau perempuan.

3. Detak jantung janin mulai terasa

Pada usia kehamilan 4 bulan, sekarang Moms bisa mendengar detak jantung sang janin melalui alat yang disebut Doppler.

4. Pendengaran janin mulai berfungsi

Pemeriksaan bulan ke-4, dokter kandungan mungkin akan sering menganjurkan agar kamu sering mengajak mengobrol sang calon buah hati. Hal tersebut dikarenakan pada bulan ke-4 pendengaran janin sudah mulai berfungsi.

Tulang kecil di telinga janin pada usia 4 bulan sudah terbentuk, sehingga kemungkinan bayi bisa mendengar suara ketika kamu mengajaknya berbicara.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa bayi yang mendengar lagu saat mereka berada di dalam rahim, dapat mengenali nada yang sama ketika lagu itu dinyanyikan kepada mereka setelah mereka lahir.

5. Perkembangan janin 4 bulan yakni munculnya tendangan pertama

Pada usia 4 bulan, janin mungkin akan melakukan gerakan tertentu. Meskipun kadang sang calon ibu masih tidak merasakan gerakan apa pun dari calon bayi sampai bulan depan, janin sudah mulai melakukan pergerakan di dalam rahim sang ibu.

Sebagai contoh, adalah umum bagi bayi untuk melenturkan tangan dan kaki mereka dan mengepalkan tangan pada bulan keempat. Tidak akan lama setelahnya sang ibu akan merasakan tendangan pertama.

6. Organ mata pada janin mulai berfungsi

Pada kehamilan empat bulan, otot-otot wajah pada janin telah cukup berkembang sehingga mata mereka bekerja dan mereka dapat menyipit, bahkan membuat gerakan dari sisi ke sisi.

Meskipun kelopak mata mereka masih tertutup, mata mereka sudah dapat melihat cahaya pada usia ini.

Baca Juga: Bisa Cegah Cacat pada Bayi, Ini Pentingnya Asam Folat untuk Ibu Hamil, Moms!

7. Kulit janin mulai terlihat walaupun masih transparan

Pada kehamilan bulan ke-4 pemeriksaan USG sudah dapat memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai bentuk wajah bayimu. Telinga, mata, hidung, rambut, dan dan bagian wajah lainnya menjadi lebih jelas

Nah itu dia beberapa hal mengenai perkembangan janin pada bulan ke-4 yang perlu Moms ketahui. Sebenarnya masih banyak perkembangan lainnya yang dapat terjadi pada kehamilan bulan ke-4, kondisi perkembangan janin juga dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Selalu konsultasikan masa kehamilan dengan dokter kandungan dan tidak lupa juga untuk memerhatikan asupan gizi untuk kamu dan bayi.

Jika punya pertanyaan lebih lanjut mengenai perkembangan janin 4 bulan dan kehamilan lainnya. Jangan ragu berkonsultasi online di Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Sutter Health. Diakses pada 15/06/20. Second Trimester Fetal Development

WebMD (2018). Diakses pada 15/06/20. 4 to 6 Months Pregnant – 2nd Trimester Baby Growth & Development

Planned Parenthood. Diakses pada 15/06/20. Happens at 4 Months of Pregnancy? | 16 Weeks Pregnant

What To Expect (2018). Diakses pada 15/06/20.16 Weeks Pregnant | Belly, Symptoms, & More

Clevelandclinic (2020). Diakses pada 15/06/20.Fetal development: Month-By-Month Stages of Pregnancy

Mom Junction (2020). Diakses pada 15/06/20. 4 Months Pregnant: Symptoms, Baby Development And Diet Tips

Healthline, diakses 08 Februari 2021. 4 Months Pregnant: Symptoms, Belly, Baby’s Development, More

VeryWellFamily, diakses 08 Februari 2021. 16 Weeks Pregnant: Baby Development, Symptoms, and More

Firstcry Parenting, diakses 08 Februari 2021. Diet for 4th Month of Pregnancy – Foods to Eat & Avoid

BMC Pregnancy and Childbirth, diakses 08 Februari 2021. Fetal movement in late pregnancy – a content analysis of women’s experiences of how their unborn baby moved less or differently

    register-docotr