Kehamilan

Payudara Nyeri saat Hamil? Jangan Panik Dulu, Simak Faktanya di Sini!

March 1, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Payudara yang terasa nyeri merupakan salah satu gejala yang timbul saat hamil. Perubahan hormon yang kamu alami saat hamil menjadi pemicu kondisi ini

Bagi kebanyakan orang, payudara yang nyeri saat hamil ini muncul di trimester pertama. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan fenomena ini muncul kapanpun selama masa kehamilan dan saat menyusui.

Apakah payudara nyeri ini normal saat hamil?

Nyeri di payudara ini biasanya merupakan gejala pertama kehamilan dan merupakan kondisi yang wajar. Biasanya sensasi ini muncul paling cepat satu hingga dua minggu setelah pembuahan, atau secara teknis di minggu ketiga dan keempat masa kehamilan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Nursing menyebut 76,2 persen wanita hamil yang ikut dalam penelitian ini mengaku mereka mengalami nyeri di payudara. 

Dalam penelitian disebutkan kalau payudara yang nyeri dan sensitif merupakan hal ketiga yang sering dialami saat hamil. Hal yang pertama dan kedua adalah mual dan lelah.

Baca Juga: Normalkah Nyeri Panggul saat Hamil? Yuk Cari Tahu Penyebabnya, Moms!

Penyebab payudara nyeri saat hamil

Penyebab utama dari nyeri yang kamu rasakan adalah hormon. Saat hamil, tubuh kamu dibanjiri hormon yang memiliki fungsi penting, yaitu mempersiapkan tubuh sebagai tempat pertumbuhan si Kecil.

Janin yang tumbuh ini terus berkembang. Untuk memenuhi kebutuhannya, hormon-hormon itu akan bergerak dengan cepat mempersiapkan payudara untuk masa menyusui nantinya. Kondisi ini membuat aliran darah meningkat dan menyebabkan payudara membesar.

Pertumbuhan ini akan menimbulkan nyeri di payudara, bahkan dapat membuat kulitnya iritasi dan gatal-gatal.

Pertumbuhan payudara berdasarkan trimester masa kehamilan

Selama trimester pertama, yang berlangsung mulai dari minggu pertama pembuahan hingga minggu ke-12, kamu akan mengalami fluktuasi hormon sehingga banyak perubahan tubuh.

Perubahan level hormon progesteron dan estrogen yang menyiapkan tubuh untuk menyusui menyebabkan perubahan yang kentara pada payudara. Perubahan ini termasuk pembengkakan dan nyeri di payudara dan puting pun menjadi lebih besar.

Pada trimester kedua, yang dimulai dari minggu ke-13 hingga ke-28, kulit di sekitar puting akan menjadi lebih gelap.

Di trimester ketiga dan terakhir, mulai dari minggu 29-40 atau melahirkan, payudara akan mulai terasa nyeri lagi. Dengan tubuh mulai bersiap menyusui, kamu mungkin akan menyadari ada kolostrum atau ASI awal yang keluar.

Bagaimana membedakan payudara yang nyeri saat hamil dengan gejala PMS?

Gejala awal kehamilan sangat mirip dengan gejala menstruasi reguler kamu. Jadi, agak sulit untuk membedakan nyeri payudara yang berlangsung di kedua periode ini. Apalagi jika kamu termasuk yang mengalami nyeri di payudara saat PMS.

Kedua gejala ini mirip karena fluktuasi hormon. Level hormon biasanya menurun sebelum kamu menstruasi, itu sebabnya nyeri di payudara menjadi satu gejala yang umum di sini.

Cara terbaik untuk membedakan apakah nyeri di payudara ini disebabkan oleh kehamilan atau tidak bisa dilakukan dengan melakukan tes kehamilan. 

Baca Juga: Jangan Panik Jika Mengalami Sesak Napas Saat Hamil, Cari Tahu Penyebabnya di Sini!

Haruskah khawatir dengan nyeri di payudara ini?

Nyeri di payudara saat hamil atau sebelum menstruasi adalah hal yang biasa dan pada umumnya kamu tidak perlu khawatir tentang hal ini.

Jika nyeri ini hilang setelah trimester pertama, maka hal ini sangat normal. Sama seperti gejala kehamilan lain, misalnya morning sickness, dia akan pergi dengan sendirinya seiring usia kehamilan bertambah.

Yang perlu kamu khawatirkan adalah benjolan yang baru atau lama yang bertumbuh. Bejolan yang jinak atau tidak berbahaya dapat muncul saat hamil, jadi jangan panik dulu, tapi segeralah pergi periksakan diri ke dokter.

Cara mengatasi nyeri di payudara saat hamil

Menggunakan bra hamil bisa menghadirkan rasa nyaman bagi payudara yang membesar dan lebih sensitif ini. Tidur dengan bra pun bisa membantu mengurangi rasa tidak nyaman yang mungkin ditimbulkan. 

Tidak hanya bra hamil, kamu pun bisa menggunakan bra olahraga. Selain itu, mengompres payudara dengan air hangat atau dingin pun bisa menghadirkan rasa nyaman, lho!

Demikianlah berbagai penjelasan tentang payudara yang terasa nyeri saat hamil. Jangan khawatir karena kondisi ini masih tergolong normal.

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
register-docotr