Kehamilan

Manfaat Luar Biasa Air Kelapa untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

May 12, 2020 | Santi Andriani | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Tidak hanya untuk melepas dahaga, sejak lama diketahui air kelapa punya manfaat kesehatan, pun demikian bagi ibu hamil. Utamanya kelapa muda, manfaat air kelapa untuk ibu hamil tak main-main.

Ada fakta luar biasa yang terkandung di dalam air kelapa. Struktur yang mirip dengan plasma darah yang ada di dalam aliran darah manusia membuatnya dijadikan pengganti darah pada zaman perang di masa lalu.

Air kelapa juga memiliki daya daya detoksifikasi dan segudang manfaat kesehatan lainya. Ia mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menghilangkan bakteri serta infeksi berbagai penyakit.

Baca Juga: Mengenal Fenomena Burnout dan Efeknya Bagi Kesehatan Kaum Millenial

Segudang manfaat air kelapa untuk ibu hamil

1. Mengandung elektrolit pengganti cairan/ion tubuh

manfaat air kelapa untuk ibu hamil
Manfaat air kelapa untuk ibu hamil. Foto: https://www.shutterstock.com

Air kelapa memiliki kandungan elektrolit atau cairan yang dibutuhkan untuk membuat metabolisme bekerja secara optimal.

Terpenuhinya ion tubuh secara optimal sangat penting untuk mendukung kesehatan ibu dan janin. Kamu bisa mengonsumsi satu gelas air kelapa setiap hari untuk menjaga cairan tubuh tetap optimal.

2. Mengandung antioksidan tinggi

Air kelapa muda juga mengandung antioksidan yang sangat diperlukan oleh ibu hamil. Oleh karena itu, pada masa kehamilan sangat penting menjaga asupan makanan atau minuman yang mengandung antioksidan seperti air kelapa, buah dan sayuran.

Air kelapa ini bisa diminum setiap hari di sore hari sambil bersantai, minumlah satu gelas air kelapa saat masih segar dan baru dikupas.

3. Dapat menjaga berat badan sehat ideal

manfaat air kelapa untuk ibu hamil
Ibu hamil boleh mengonsumsi air kelapa. Sumber foto : https://www.imoney.ph/

Saat hamil, ibu wajib mengonsumsi banyak makanan bergizi, namun harus tetap menjaga berat badan ideal yang sehat untuk ibu dan janin. Salah satu caranya yaitu dengan mengonsumsi satu gelas air kelapa segar setiap hari.

Cara ini dapat membantu menjaga berat badan ideal saat hamil, karena air kelapa bebas lemak dan rendah kalori. Dengan begitu, kolesterol atau lemak jahat tidak akan tertimbun lama pada tubuh ibu hamil.

4. Manfaat air kelapa untuk ibu hamil yakni dapat membantu menjernihkan air ketuban

Menurut berbagai penelitian, air kelapa muda kaya akan kandungan elektrolit dan antioksidan. Nah, kedua kandungan inilah dapat membantu menjernihkan air ketuban. Elektrolit dan antioksidan dapat menyerap lendir dan kotoran di dalam air ketuban.

5. Dapat meningkatkan cairan amniotik air ketuban

manfaat air kelapa untuk ibu hamil
Manfaat air kelapa untuk ketuban. Foto: https://www.livescience.com

Meminum air kelapa muda secara rutin terutama pada trimester ketiga dapat membantu meningkatkan cairan amniotik pada ketuban. Selain itu, juga mampu meningkatkan volume dan sirkulasi darah.

Minumlah air kelapa muda satu gelas setiap hari sejak 6 bulan kehamilan hingga melahirkan.

6. Dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan janin

Meminum satu gelas air kelapa muda setiap hari dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi. Pada masa kehamilan, ibu dan janin sangat membutuhkan nutrisi untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Pilihlah kelapa muda dan berwarna hijau karena mengandung lebih banyak nutrisi.

7. Mencegah janin kelebihan berat badan

manfaat air kelapa untuk ibu hamil
Air kelapa menjaga janin sehat. Foto: https://www.babycentre.co.uk

Air kelapa muda merupakan minuman rendah gula yang sangat aman meski dikonsumsi setiap hari. Kandungan gulanya hanya sekitar 6 gram. Sangat kecil bila dibandingkan minuman sehat lainnya. Karena itulah ia bagus untuk mencegah bayi lahir dengan berat badan berlebih atau tidak normal.

8. Membantu mengatasi sembelit

Manfaat air kelapa bagi ibu hamil berikutnya adalah mengatasi sembelit. Air kelapa mengandung banyak serat yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan, menyeimbangkan pH dan mencegah konstipasi.

Saat masa kehamilan, ibu pasti mengalami perubahan hormonal seperti mudah mual, maag, sembelit dan gangguan pencernaan lainnya. Nah, mengonsumsi satu gelas air kelapa setiap hari bisa membantu meringankan masalah tersebut. 

9. Membantu mengatasi mual atau mulas

Air kelapa untuk ibu hamil. Foto: https://www.foodbusinessnews.net

Saat masa kehamilan, ibu akan sering merasa mual bahkan muntah dan perut terasa mulas. Hal ini bisa dinetralkan dengan rutin mengonsumsi satu gelas air kelapa setiap hari. Air kelapa muda dapat berfungsi sebagai penetral asam alami dan mencegah gejala mual atau mulas.

10. Membantu mengurangi pegal-pegal

Ibu hamil sering mengalami kecapekan dan pegal-pegal karena kekurangan ion tubuh dan kondisi aliran darah yang tidak lancar. Kandungan elektrolit air kelapa bagus untuk mengatasi masalah ini. Ia bisa memenuhi cairan atau ion tubuh secara optimal. Dengan begitu, aliran darah pun akan lebih lancar.

11. Membantu mencegah infeksi saluran kemih

Air kelapa mencegah penyakit. Foto:https://www.foodbusinessnews.net

Saat hamil, kadar asam urat umumnya tidak normal sehingga berpengaruh pada intensitas buang air kecil dan fungsi ginjal. Nah, manfaat air kelapa untuk ibu hamil berikutnya adalah mencegah infeksi saluran kemih.

Air kelapa bersifat diuretik yang akan mengoptimalkan kerja ginjal dan meningkatkan keinginan untuk buang air kecil. Terutama karena adanya kandungan potasium, magnesium, dan mineral.

Baca Juga: Ladies, Sudah Idealkah Berat Badan Kamu? Begini Cara Menghitungnya

12. Dapat Mencegah Berbagai macam Penyakit

Saat hamil, ibu maupun janin sangat rentan terhadap masalah kesehatan. Untuk mencegahnya, ibu hamil bisa mengonsumsi segelas air kelapa muda setiap hari. Kandungan elektrolit akan memenuhi kebutuhan ion tubuh dan antioksidan akan melawan radikal bebas sehingga lebih tidak mudah sakit.

Begitu luar biasa bukan manfaat air kelapa bagi ibu hamil. Tetapi perlu diingat, ini adalah air kelapa muda langsung dari buahnya. Bukan air kelapa kemasan yang ada di minimarket.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

WebMD. Diakses 10 Oktober 2019. The Truth About Coconut Water

WebMD. Diakses 10 Oktober 2019. Is Coconut Water All It’s Cracked Up to Be?

ASN. Diakses 10 Oktober 2019. Coconut Water

    Berita Terkait
    register-docotr