Kehamilan

Ingin Segera Punya Momongan? Ini Macam-macam Program Hamil yang Bisa Kamu Coba!

February 25, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Bagi pasangan yang menikah, kehadiran buah hati tentu menjadi hal yang paling dinantikan. Kehamilan sendiri bisa datang lebih cepat atau lebih lama. Tak perlu khawatir, karena ada macam-macam promil (program hamil) yang bisa kamu coba untuk mendapatkan momongan, apa saja?

Baca juga: Sulit Dapat Momongan?Yuk, Simak 6 Cara Agar Cepat Hamil

Macam-macam program hamil secara alami

Masing-masing pasangan memiliki alasan yang berbeda untuk mendapatkan kehamilan dengan cepat.

Hal terpenting bagi seorang wanita yang ingin hamil adalah mengenal tubuhnya, terutama siklus menstruasinya. Penting untuk mengetahui jarak siklus menstruasi sehingga seorang wanita dapat mengatur waktu hubungan seksual lebih akurat untuk mengupayakan kehamilan.

Nah, berikut ini macam-macam promil secara alami yang bisa kamu coba.

1. Catat frekuensi siklus menstruasi

Seorang wanita yang ingin mendapatkan momongan harus memantau  apakah hari-hari pertama menstruasinya cenderung datang dengan jumlah hari yang sama setiap bulan (teratur), atau bahkan sebaliknya, yakni menstruasi mungkin tidak teratur.

Dengan mengetahui informasi ini melalui kalender, seorang wanita memiliki prediksi yang lebih baik kapan ia akan mulai berovulasi, yakni ketika ovarium melepaskan sel telur.

Kapan waktu yang tepat untuk berhubungan seks?

Siklus menstruasi kamu berlangsung dari hari pertama haid hingga hari terakhir sebelum periode menstruasi selanjutnya. Biasanya, durasi ini berlangsung selama 28 hari tapi kamu pun bisa memiliki siklus yang lebih panjang atau pendek, antara 21 hingga 40 hari.

Dalam siklus itu, sel telur akan dilepaskan dan bergerak ke tuba falopi. Biasanya fenomena ini terjadi pada 10-16 hari sebelum periode menstruasi yang berikutnya.

Dengan mencatat frekuensi siklus menstruasi, kamu jadi bisa mengitung waktu yang tepat untuk pembuahan. Sel telur hanya bertahan 24 jam setelah ovulasi dan sperma harus segera bertemu sel telur dalam periode itu agar kamu bisa hamil.

Kamu bisa hamil dalam 2 hari setelah ovulasi. Namun, jika kamu melakukan hubungan seksual 7 hari sebelum ovulasi, kemungkinan ini akan tetap ada karena sperma dapat tetap hidup di tubuhmu hingga 7 hari setelah dilepaskan dari penis pasangan.

2. Menjaga berat badan sehat

Memiliki berat badan berlebih dapat mengurangi peluang wanita untuk hamil. Namun, memiliki berat badan yang kurang dapat lebih sulit untuk mendapatkan momongan.

Dilansir dari Live Science, penelitian telah menunjukkan bahwa wanita dengan berat badan berlebih membutuhkan waktu dua kali lebih lama untuk hamil dibandingkan dengan wanita yang memiliki berat badan normal.

Sedangkan wanita dengan berat badan yang terlalu rendah membutuhkan waktu empat kali lebih lama untuk hamil.

Terlalu banyak lemak di dalam tubuh dapat menghasilkan estrogen berlebih, yang mana hal ini dapat menganggu ovulasi. Bagi wanita dengan berat badan terlalu rendah mungkin tidak akan mendapatkan siklus menstruasi teratur atau bahkan bisa berhenti ovulasi.

3. Konsumsi makanan sehat

Mengonsumsi berbagai macam makanan sehat dapat membantu tubuh wanita untuk mempersiapkan kehamilan lho! Hal ini karena mengonsumsi makanan sehat dapat memberikan tubuh simpanan nutrisi penting seperti kalsium, protein, dan zat besi.

Kamu dapat mengonsumsi makanan bergizi seperti buah dan sayuran, protein tanpa lemak, biji-bijian, produk susu, dan sumber lemak sehat.

4. Program hamil alami dengan memanfaatkan suhu badan

Promil yang satu ini digunakan dengan memanfaatkan kenaikan suhu badan yang terjadi setelah ovulasi.

National Health Service (NHS) di Britania Raya menyarankan agar kamu menggunakan termometer digital atau termometer yang memang khusus dirancang untuk perencanaan keluarga. Karena termometer yang biasa dipakai di telinga atau kening cukup akurat.

Untuk melaksanakan program hamil alami yang satu ini, kamu harus menghitung suhu tubuh setiap pagi sebelum kamu beranjak dari tempat tidur. Langkah ini harus dilakukan sebelum kamu makan, minum atau merokok. Lakukan di waktu yang sama tiap pagi.

Perhatikan selama 3 hari berturut-turut saat ada kenaikan suhu yang lebih tinggi daripada 6 hari sebelumnya. Peningkatan suhu ini sangat kecil, biasanya sekitar 0,2 derajat Celsius.

5. Program hamil alami dengan melihat sekresi serviks

Ada perubahan jumlah dan tekstur sekresi serviks atau lendir serviks yang terjadi di waktu tertentu selama masa menstruasi. Kamu bisa memeriksa hal ini dengan menempatkan jari tengah ke vagina dan tekan ke atas ke sekitar buku jari tengah.

Pada beberapa hari pertama masa menstruasi, kamu mungkin melihat vagina kamu kering dan kamu tidak merasakan adanya lendir di situ. Namun, dengan hormon yang meningkat dan tubuh mempersiapkan diri untuk ovulasi, akan terjadi perubahan di sana.

Kamu akan menyadari munculnya lendir yang lengket, lembap, putih dan lembut. Ini menandakan awal masa subur dalam siklus menstruasi kamu.

Segera sebelum ovulasi terjadi, lendir ini akan terlihat lebih basah, jernih dan licin (mirip dengan putih telur mentah). Ini menandakan kamu sedang dalam masa yang sangat subur. Lendir ini akan segera menjadi lebih tebal dan lengket dan dalam 3 hari kamu tidak lagi subur.

6. Konsumsi asam folat 

Asam folat merupakan vitamin B. Jika kamu memiliki cukup kadar asam folat dalam tubuh, setidaknya 1 bulan sebelum dan selama masa kehamilan, maka hal ini bisa mencegah cacat lahir di otak dan tulang belakang si Kecil.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat menyarankan agar kamu mengonsumsi 400 mikrogram asam folat setiap hari.

7. Hindari paparan zat beracun

Kamu harus menghindari zat kimia berbahaya, kontaminan lingkungan, dan substansi beracun lainnya seperti zat kimia sintesis, logam, pupuk, penyemprot serangga, kotoran kucing atau hewan pengerat di sekitar rumah dan tempat kerja.

Semua hal ini bisa memengaruhi sistem reproduksi wanita maupun pria. Akibatnya, kamu akan sulit untuk hamil. 

Paparan dalam jumlah yang kecil saat kamu hamil, masih bayi, kanak-kanak atau pubertas bisa menimbulkan penyakit. Karena itu, sayangi dirimu dan orang-orang tersayang dari paparan ini, ya!

Seberapa efektif program hamil alami ini?

Jika instruksi program hamil alami ini dilakukan dengan benar, maka efektivitas metode ini dikatakan NHS bisa mencapai 99 persen. Ini berarti 1 dari 100 perempuan yang tidak bisa hamil menjalani instruksi ini dengan tidak benar.

Macam-macam program hamil dengan tindakan medis

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kehamilan tidak kunjung datang, ini termasuk ketidakteraturan ovulasi, masalah struktural dalam sistem reproduksi, jumlah sperma yang rendah, atau masalah medis lain yang mendasarinya.

Jika kamu sedang berjuang mengatasi ketidaksuburan dan membutuhkan bantuan untuk hamil, ada macam-macam promil dengan tindakan medis yang bisa kamu coba, di antaranya adalah:

1. Inseminasi buatan

Macam-macam promil secara medis melibatkan inseminasi buatan. Intrauterine insemination (IUI) atau yang juga lebih dikenal sebagai inseminasi buatan adalah prosedur sederhana yang dilakukan dengan cara memasukkan sperma langsung ke dalam rahim, yang mana hal ini dapat membantu sperma sehat lebih dekat ke sel telur.

Sebelum melakukan prosedur ini, kamu disarankan untuk meminum obat kesuburan yang membantu sel telur matang dan siap dibuahi. Dokter akan melakukan prosedur ini selama ovulasi.

2. Bayi tabung

In vitro fertilization (IVF) atau bayi tabung adalah prosedur selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk memperoleh momongan.

Selama IVF, sel telur diambil dari ovarium dibuahi oleh sperma di laboratorium. Kemudian telur yang telah dibuahi (embrio) dipindahkan ke rahim.

Prosedur ini bisa dilakukan dengan menggunakan sel telur kamu sendiri dan sperma pasanganmu, atau dapat juga melibatkan telur, sperma, atau embrio dari donor yang dikenal atau tidak dikenal.

Peluang untuk mendapatkan bayi yang sehat dari prosedur ini bergantung dari banyak faktor, seperti usia dan penyebab ketidaksuburan. Tak hanya itu, prosedur bayi tabung juga dapat memakan waktu serta biaya yang tidak murah.

Baca juga: Senjata Pamungkas untuk Punya Momongan, Ini Proses Bayi Tabung yang Harus Kamu Ketahui!

3. Terapi kesuburan

Untuk meningkatkan peluang hamil jika kamu memiliki masalah dengan ketidaksuburan adalah dengan menggunakan terapi kesuburan. Ini merupakan pengobatan untuk masalah ketidaksuburan. Beberapa terapi kesuburan yang bisa kamu lakukan yakni:

Obat-obatan

Obat kesuburan dapat membantu merangsang dan mengatur ovulasi. Ini merupakan pengobatan utama bagi wanita yang mengalami kemandulan akibat gangguan ovulasi. Obat-obatan ini termasuk:

  • Clomiphene citrate
  • Gonadotropin
  • Metformin
  • Letrozole
  • Bromocriptine

Operasi

Ada beberapa jenis prosedur pembedahan yang dapat digunakan untuk menyelidiki masalah kesuburan, di antaranya adalah:

  • Operasi tuba falopi
  • Laparoskopi
  • Operasi untuk memperbaiki penyumbatan epididimis dan pembedahan untuk mengambil sperma

Nah, itulah informasi mengenai macam-macam promil. Ada baiknya, sebelum melakukan macam-macam promil ini berkonsultasilah terlebih dahulu pada dokter ya. Dokter akan memberikan saran terbaik agar kamu bisa cepat mendapatkan momongan.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Live Science (2018). Diakses pada 08 Oktober 2020. Trying to Conceive: 10 Tips for Women 

Mayo Clinic (2019). Diakses pada 08 Oktober 2020. In Vitro Fertilization (IVF) 

Mayo Clinic (2019). Diakses pada 08 Oktober 2020. Female Infertility

NHS (2020). Diakses pada 08 Oktober 2020. Treatment Infertility 

Planned Parenthood. Diakses pada 08 Oktober 2020. What is IUI? 

Planned Parenthood. Diakses pada 08 Oktober 2020. Fertility Treatments 

Very Well Family (2020). Diakses pada 08 Oktober 2020. Why Am I Not Getting Pregnant? 

NHS, diakses 25 Februari 2021. Natural family planning (fertility awareness)

CDC, diakses 25 Februari 2021. Planning for Pregnancy | Preconception Care

    register-docotr