Kehamilan

Patut Dicoba, Begini Cara Ampuh untuk Mendapatkan Anak Kembar

October 6, 2020 | Arianti Khairina
no-image


Impian sebagian pasangan suami istri yaitu memiliki anak kembar. Namun banyak yang berpikir bahwa untuk mewujudkannya, kamu harus mencoba cara mendapatkan anak kembar yang mahal dan sulit.

Apalagi jika sebelumnya kamu tidak memiliki riwayat keluarga yang pernah memiliki bayi kembar, maupun sukses menjalani program hamil kembar.

Padahal ada beberapa faktor yang cukup mudah bisa membuat peluang kamu lebih besar untuk mendapatkan anak kembar. Tak ada salahnya untuk dicoba, intip informasinya berikut ini, yuk!

Cara mendapatkan anak kembar 

Dilansir Medical News Today, hamil kembar dapat terjadi ketika dua telur yang terpisah dibuahi di dalam rahim atau ketika satu telur yang dibuahi terbagi menjadi dua embrio.

Saat ini memiliki anak kembar sudah menjadi hal yang biasa, justru malah banyak pasangan yang ingin memilikinya.

Beberapa hal di bawah ini dapat dilakukan sebagai cara hamil anak kembar dan meningkatkan kemungkinan wanita bisa hamil kembar, seperti: 

1. Cara hamil bayi kembar paling mudah: obat kesuburan

Cara pertama yang dinilai cukup manjur meningkatkan kemungkinan memiliki anak kembar adalah penggunaan obat kesuburan. Berbagai jenis perawatan kesuburan yang tersedia meningkatkan kemungkinan kembar dengan cara yang berbeda.

Beberapa cara kerja obat ini yaitu dengan merangsang indung telur wanita, yang terkadang dapat menyebabkan mereka melepaskan lebih dari satu sel telur. Jika sperma membuahi kedua telur ini, tentu dapat menghasilkan anak kembar.

Clomiphene dan gonadotropin adalah obat kesuburan yang biasa digunakan untuk meningkatkan peluang kamu memiliki anak kembar. Clomiphene hanya tersedia melalui resep dokter, dan bekerja dengan merangsang hormon tubuh untuk menyebabkan ovulasi.

Sementara gonadotropin adalah jenis obat kesuburan yang diberikan melalui suntikan. Follicle-stimulating hormone (FSH) diberikan dengan sendirinya atau dikombinasikan dengan hormon luteinizing (LH).

Ingat ya, cara ini hanya boleh dilakukan berdasarkan pemeriksaan dan pertimbangan dokter. Jadi, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu supaya kesehatan tetap terjaga.

2. Program hamil kembar melalui bayi tabung 

Fertilisasi in vitro (IVF) merupakan salah satu jenis teknologi reproduksi terbantu. Ini melibatkan penggunaan intervensi medis untuk membuat seorang wanita menjadi hamil. Wanita yang menggunakan IVF juga mungkin akan diresepkan obat kesuburan sebelum prosedur untuk meningkatkan peluang mereka untuk hamil.

Cara hamil bayi kembar yang satu ini, dilakukan dengan penggabungan sel telur dan sperma di ruangan laboratorium, bukan di dalam organ kelamin wanita. Setelah itu, melalui prosedur medis, dokter menempatkan embrio di rahim wanita yang diharapkan akan tumbuh menjadi janin.

Untuk meningkatkan kemungkinan embrio akan bertahan di dalam rahim, lebih dari satu embrio dapat dimasukkan selama IVF. Hal ini lah yang kemudian meningkatkan kemungkinan memiliki anak kembar.

Dengan melakukan program hamil kembar IVF, peluang kamu mendapatkan anak kembar setidaknya ada sekitar 1:5. Tentu saja hal ini sangat tergantung dengan berapa banyak embrio yang diletakkan di dalam rahim.

3. Minum susu  

Jangan lupa masukkan susu sebagai asupan sehari-hari, ya. Susu juga meningkatkan peluang kamu untuk bisa hamil kembar. Ini karena beberapa hormon pertumbuhan ditemukan di dalam susu dan produk olahan susu sapi lainnya.

4. Konsumsi protein

Perlu kamu ketahui bahwa mengonsumsi makanan yang kaya akan protein seperti biji-bijian utuh, tahu, kedelai isoflavon hingga ubi dapat meningkatkan peluang memiliki anak kembar.

Konsumsi makanan kaya protein diyakini dapat merangsang fungsi ovarium dengan lebih baik.

5. Konsumsi asam folat

Pastikan tubuh kamu cukup mendapatkan asupan yang mengandung asam folat. Senyawa ini ampuh membantu proses ovulasi. Proses ovulasi yang baik akan meningkatkan peluang kamu untuk bisa hamil kembar.

Tak selalu harus melalui suplemen, kamu bisa mendapatkan asupan yang mengandung asam folat dari beberapa makanan seperti sayuran hijau, ikan laut hingga brokoli.

Baca juga: Penasaran Bagaimana Proses Terjadinya Bayi Kembar? Yuk, Simak Ulasan Lengkapnya Berikut!

6. Perhatikan usia saat program hamil

Jika kamu ingin memiliki anak kembar, perhatikan usia saat program hamil, ya. Wanita yang berumur di atas 35 tahun memiliki peluang lebih tinggi untuk bisa hamil kembar.

Perubahan hormon yang terjadi saat kamu mulai mendekati masa menopause dapat mendorong tubuh melepaskan lebih dari satu sel telur selama ovulasi. Pada umumnya ditandai dengan hormon perangsang folikel (FSH) yang meningkat.

Namun peningkatan FSH ini memungkinkan lepasnya lebih dari satu sel telur dalam setiap satu siklus menstruasi, sehingga peluang kemungkinan kamu untuk melahirkan anak kembar memang jauh lebih besar.

7. Melakukan posisi seks tertentu agar memiliki bayi kembar

Meskipun memiliki bayi kembar mungkin tidak pernah ada dalam riwayat keluarga kamu, tapi jangan dulu menyerah karena beberapa posisi seks ini dapat membantu kamu memiliki bayi kembar:

Bersebelahan

Posisi ini dikenal sebagai gaya doggy dimana wanita akan memposisikan dengan menekuk lututnya, dan pasangannya akan melakukan penetrasi dari belakang. Dalam posisi ini, pasangan akan dapat mengandung anak kembar karena serviks akan lebih mudah didekati oleh sperma.

Posisi Berdiri

Ini juga merupakan variasi lain dari gaya doggy lain di mana ada kemungkinan penetrasi yang lebih dalam ke dalam rahim.

Posisi Misionaris

Posisi pria di atas wanita akan membantu sperma memasuki sel telur dengan mudah, dan itu adalah posisi seks terbaik untuk menghasilkan anak kembar.

Ciri-ciri hamil kembar

Begitu kamu dideteksi berhasil hamil kembar, secara alami tubuh kamu akan mengalami gejala-gejala berikut.

Mual dan muntah di pagi hari

Dilansir Healthline, beberapa orang yang hamil bayi kembar melaporkan mengalami peningkatan tingkat mual di pagi hari yang berlangsung lebih lama. Mengalami mual dan muntah yang berlangsung setelah minggu ke-14 kehamilan dapat mengindikasikan bahwa kamu hamil dengan lebih dari satu bayi.

Kadar Hcg tinggi

Apabila kamu sebelumnya menjalani program hamil kembar, maka besar kemungkinan dokter akan memberikan obat-obatan tertentu untuk meningkatkan hormon Hcg dalam tubuhmu.

Sebuah studi 2018 menunjukkan bahwa wanita yang hamil dengan anak kembar, mungkin akan memiliki jumlah hCG yang lebih tinggi dari ibu hamil lain pada umumnya.

Detak jantung ganda

Salah satu ciri bayi kembar dalam kandungan bisa diketahui lewat detak jantung. Detak jantung janin sendiri mulai dapat didengar sejak 8 hingga 10 minggu menggunakan alat doppler janin.

Jika dokter kandunganmu merasa mendengar detak jantung kedua, kemungkinan besar mereka akan menyarankan penjadwalan USG bayi kembar untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang apa yang terjadi.

Nah, demikian beberapa informasi tentang cara mendapatkan bayi kembar dalam kandungan dengan kondisi yang sehat dan waktu yang cepat. Jika perlu, lakukan konsultasi dengan dokter kandungan juga, ya.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Medicalnewstoday.com (2019) diakses 13 Juli 2020. What increases the odds of having twins?
  2. Healthline.com (2019) diakses 13 Juli 2020. Seeing Double: How to Increase Your Chances of Having Twins
  3. Flo.health (2020) diakses 13 Juli 2020.  How You Get Pregnant with Twins: 5 Factors that Increase the Odds of Getting Pregnant with Twins 
    Berita Terkait
    register-docotr