Kehamilan

Patut Dicoba, Begini Cara Ampuh untuk Mendapatkan Anak Kembar

October 6, 2020 | Arianti Khairina | dr. Raja Friska Yulanda
feature image


Impian sebagian pasangan suami istri yaitu memiliki anak kembar. Namun banyak yang berpikir bahwa untuk mewujudkannya, kamu harus mencoba cara mendapatkan anak kembar yang mahal dan sulit.

Apalagi jika sebelumnya kamu tidak memiliki riwayat keluarga yang pernah memiliki bayi kembar, maupun sukses menjalani program hamil kembar.

Padahal ada beberapa faktor yang cukup mudah bisa membuat peluang kamu lebih besar untuk mendapatkan anak kembar. Tak ada salahnya untuk dicoba, intip informasinya berikut ini, yuk!

Cara mendapatkan anak kembar 

Dilansir Medical News Today, hamil kembar dapat terjadi ketika dua telur yang terpisah dibuahi di dalam rahim atau ketika satu telur yang dibuahi terbagi menjadi dua embrio.

Saat ini memiliki anak kembar sudah menjadi hal yang biasa, justru malah banyak pasangan yang ingin memilikinya.

Beberapa hal di bawah ini dapat dilakukan sebagai cara hamil anak kembar dan meningkatkan kemungkinan wanita bisa hamil kembar, seperti: 

1. Cara hamil bayi kembar paling mudah: obat kesuburan

Cara pertama yang dinilai cukup manjur meningkatkan kemungkinan memiliki anak kembar adalah penggunaan obat kesuburan. Berbagai jenis perawatan kesuburan yang tersedia meningkatkan kemungkinan kembar dengan cara yang berbeda.

Beberapa cara kerja obat ini yaitu dengan merangsang indung telur wanita, yang terkadang dapat menyebabkan mereka melepaskan lebih dari satu sel telur. Jika sperma membuahi kedua telur ini, tentu dapat menghasilkan anak kembar.

2. Program hamil kembar melalui bayi tabung 

Fertilisasi in vitro (IVF) merupakan salah satu jenis teknologi reproduksi terbantu. Ini melibatkan penggunaan intervensi medis untuk membuat seorang wanita menjadi hamil. Wanita yang menggunakan IVF juga mungkin akan diresepkan obat kesuburan sebelum prosedur untuk meningkatkan peluang mereka untuk hamil.

Cara hamil bayi kembar yang satu ini, dilakukan dengan penggabungan sel telur dan sperma di ruangan laboratorium, bukan di dalam organ kelamin wanita. Setelah itu, melalui prosedur medis, dokter menempatkan embrio di rahim wanita yang diharapkan akan tumbuh menjadi janin.

Untuk meningkatkan kemungkinan embrio akan bertahan di dalam rahim, lebih dari satu embrio dapat dimasukkan selama IVF. Hal ini lah yang kemudian meningkatkan kemungkinan memiliki anak kembar.

3. Minum susu  

Jangan lupa masukkan susu sebagai asupan sehari-hari, ya. Susu juga meningkatkan peluang kamu untuk bisa hamil kembar. Ini karena beberapa hormon pertumbuhan ditemukan di dalam susu dan produk olahan susu sapi lainnya.

4. Konsumsi ubi

Perlu kamu ketahui bahwa mengonsumsi ubi dapat meningkatkan peluang memiliki anak kembar.

Konsumsi makanan ini dapat merangsang terjadinya multipel ovulasi

Baca juga: Penasaran Bagaimana Proses Terjadinya Bayi Kembar? Yuk, Simak Ulasan Lengkapnya Berikut!

5. Perhatikan usia saat program hamil

Jika kamu ingin memiliki anak kembar, perhatikan usia saat program hamil, ya. Wanita yang berumur di atas 35 tahun memiliki peluang lebih tinggi untuk bisa hamil kembar.

Perubahan hormon yang terjadi saat kamu mulai mendekati masa menopause dapat mendorong tubuh melepaskan lebih dari satu sel telur selama ovulasi. 

Nah, demikian beberapa informasi tentang cara mendapatkan bayi kembar dalam kandungan dengan kondisi yang sehat yang dapat kamu coba. Jika perlu, lakukan konsultasi dengan dokter kandungan juga, ya.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Medicalnewstoday.com (2019) diakses 13 Juli 2020. What increases the odds of having twins?
  2. Healthline.com (2019) diakses 13 Juli 2020. Seeing Double: How to Increase Your Chances of Having Twins
    register-docotr