Kehamilan

Benarkah Tes Kehamilan di Malam Hari Hasilnya Tidak Akurat? Ini Jawabannya

November 10, 2020 | Fitri Chaeroni | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Selama ini Moms pasti sering disarankan untuk melakukan tes kehamilan saat pagi hari tak lama setelah bangun tidur. Waktu ini dianggap waktu yang terbaik.

Lalu apa dengan begitu kita tidak boleh tes kehamilan di malam hari? Benarkah melakukan tes kehamilan di malam hari tidak akurat hasilnya? Ketahui jawaban serta rekomendasi kapan waktu terbaik untuk tes kehamilan lewat pembahasan berikut ini ya.

Baca Juga : Hasil Test Pack Tidak Akurat? Mungkin Kamu Melakukan Kesalahan Berikut Ini

Bolehkan lakukan tes kehamilan saat malam hari?

Jawabannya pasti boleh, tapi apakah hasilnya akan akurat? Tes di malam hari tidak ideal karena test pack tidak dapat menangkap hormon hCG dengan baik.

Tujuan utama melakukan tes kehamilan adalah untuk memeriksa hormon hCG atau human chorionic gonadotropin yang merupakan hormon yang diproduksi oleh plasenta selama kehamilan.

Hormon ini dilepaskan bersama urine di pagi hari dan memberikan pembacaan yang kuat, itulah sebabnya pembacaan kehamilan cenderung akurat di pagi hari. Pada malam hari, garis mungkin samar dan tes kehamilan mungkin memberikan hasil yang salah.

Tetapi jika kamu ingin memastikan bahwa kamu hamil, kamu harus melakukan tes darah atau USG daripada melakukan tes kehamilan di rumah. Pasalnya, hasilnya lebih akurat daripada test pack.

Sudah tes di malam hari dan hasilnya negatif, harus apa?

Dalam hal tes kehamilan di rumah, kemungkinan hasil negatif palsu jauh lebih tinggi daripada hasil positif palsu.

Jika kamu melakukan tes kehamilan pada malam hari dan hasilnya negatif, kamu mungkin masih ingin melakukan tes lagi di pagi hari atau dalam beberapa hari untuk membantu memastikan bahwa kamu tidak benar-benar hamil.

Melansir Healthline, berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan hasil negatif palsu:

  • Konsumsi obat tertentu: obat-obatan tertentu dapat mengganggu keakuratan tes kehamilan.
  • Melakukan tes terlalu dini: tingkat hCG membutuhkan waktu untuk bisa dideteksi dengan test pack. Meskipun kamu menggunakan test pack yang mengklaim dapat mendeteksi kehamilan lebih awal, waspadalah dengan hasil negatif. Pertimbangkan untuk menunggu kapan haid kamu yang terlewat dan tes ulang jika menurut kamu, kamu mungkin hamil.
  • Tidak menunggu cukup lama atau tidak mengikuti petunjuk tes dengan tepat. Kamu pasti sangat bersemangat untuk mendapatkan jawaban, tetapi kamu perlu meluangkan waktu untuk melakukan tes seperti yang diinstruksikan oleh pabrikan test pack untuk hasil yang akurat.

Lalu bagaimana jika sudah tes di malam hari dan hasilnya positif?

Jika kamu melakukan tes kehamilan di malam hari dan hasilnya positif, maka kemungkinan besar kamu hamil. 

Ada beberapa situasi di mana kamu mungkin mengalami positif palsu, di antaranya:

  • Kehamilan kimiawi
  • Kehamilan ektopik
  • Keguguran baru-baru ini
  • Menopause
  • Kondisi ovarium tertentu, seperti kista ovarium.

Namun, kasus seperti ini cenderung jarang terjadi, dan kapan pun kamu mendapatkan hasil tes kehamilan positif, kamu sebaiknya menghubungi dokter atau bidan untuk tindak lanjut dan perawatan.

Baca Juga : Garis Test Pack Samar, Apakah Benar Positif Hamil?

Kapan sih waktu terbaik untuk tes kehamilan?

Ada banyak faktor yang perlu dipikirkan sebelum memutuskan waktu yang tepat untuk melakukan tes kehamilan. Jika kamu menginginkan hasil yang akurat, idealnya kamu harus mempertimbangkan hal-hal berikut sebelum mengikuti tes:

1. Perhatikan siklus menstruasi

Sebuah tes kehamilan berbasis urine akan memberikan hasil yang paling akurat sekitar seminggu setelah siklus menstruasi kamu terlewat.

Jika siklus menstruasi kamu tidak teratur, sebaiknya tunggu sekitar 2 minggu sejak tanggal potensi konsepsi. Ini menawarkan tingkat hCG waktu yang cukup untuk naik cukup tinggi untuk bisa terdeteksi oleh alat tes kehamilan di rumah.

Baca Juga : Seberapa Penting Mencatat Jadwal Menstruasi? Ladies Wajib Tahu Ini

2. Pilih pagi hari

Pagi hari adalah waktu terbaik untuk melakukan tes kehamilan dengan media urine, karena kadar hCG dalam urine terkonsentrasi setelah malam tanpa banyak minum dan buang air kecil. 

Jika kamu masih sangat awal dalam masa kehamilan dan kadar hCG baru mulai meningkat, sebaiknya jangan melakukan tes pada malam hari.

3. Perhatikan gejala kehamilan

Jika kamu merasakan mual di pagi hari, nyeri payudara, atau tanda-tanda awal kehamilan lainnya, kamu mungkin ingin memikirkan tanggal menstruasi terakhir dan menentukan apakah ada cukup waktu untuk mendapatkan hasil yang akurat.

Baca Juga : Jangan Bingung! Ini Perbedaan Antara PMS dan Tanda Awal Kehamilan

4. Beri waktu jeda dari tes sebelumnya

Jika kamu telah melakukan tes dan mendapatkan hasil yang tidak jelas, kamu dapat mempertimbangkan untuk menunggu beberapa hari atau mencoba lagi di pagi hari.

Dengan sedikit waktu dan tes baru, level hCG dapat mencapai titik pendeteksian yang lebih baik atau pembacaan negatif mungkin lebih jelas.

Ingat, apapun jenis alat tes kehamilan yang kamu gunakan atau kapan kamu melakukannya, jika ingin hasil yang akurat, kamu harus mengikuti instruksi dari pabriknya dengan tepat.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar kehamilan? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline Parenthood. Diakses pada 9 November 2020. Can I Take a Pregnancy Test at Night?

First Cry Parenting. Diakses pada 9 November 2020. Taking a Pregnancy Test at Night – How Accurate Is It?

Verywell Family. Diakses pada 9 November 2020. When to Take a Pregnancy Test

    Berita Terkait
    register-docotr