Kehamilan

5 Manfaat Kuaci untuk Ibu Hamil, Salah Satunya Tingkatkan Imunitas!

July 8, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Siapa yang tidak kenal kuaci, makanan yang satu ini digemari oleh anak-anak maupun orang dewasa. Di samping rasanya yang gurih, biji bunga matahari ini juga memiliki beragam manfaat untuk ibu hamil, lho!

Kuaci dipanen dari kepala tanaman bunga matahari (Helianthus annuus). Kuaci memiliki ciri khas tertentu, yakni cangkang yang bergaris hitam dan putih.

Baca juga: Hamil Kembali saat Menyusui, Mungkin Tidak Ya?

Kandungan nutrisi kuaci

Meski berukuran kecil, biji bunga matahari kaya akan kandungan nutrisi. Dikutip dari Healthline, berikut ini adalah beberapa kandungan nutrisi yang terdapat dalam 30 gram atau ¼ cangkir kuaci:

  • Kalori: 163
  • Lemak total: 14 gram
  • Protein: 5,5 gram
  • Karbohidrat: 6,5 gram
  • Serat: 3 gram
  • Vitamin E: 37 persen dari asupan harian yang direkomendasikan (RDI)
  • Vitamin B6: 11 persen RDI
  • Zat besi: 6 persen dari RDI
  • Zinc: 10 persen dari RDI

Manfaat kuaci untuk ibu hamil

Memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, kuaci menjadi salah satu pilihan camilan sehat bagi ibu hamil. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat kuaci bagi ibu hamil:

1. Melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas

Penting untuk ibu hamil ketahui bahwa kuaci tinggi akan kandungan vitamin E dan selenium. Keduanya berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas. Radikal bebas sendiri telah dikatikan dengan peningkatan risiko kondisi medis tertentu.

Di samping itu, vitamin E juga dapat membantu mencegah penggumpalan darah di pembuluh darah.

2. Membantu perkembangan tulang

Bukan hanya berperan bagi kesehatan ibu hamil saja, kuaci juga memegang peranan penting bagi perkembangan janin. Salah satunya dalam hal perkembangan tulang janin. Hal ini berkat kandungan fosfor dan mineral yang terkandung dalam kuaci.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selama kehamilan, tak jarang sistem kekebalan tubuh melemah dan ini membuat ibu hamil rentan terserang penyakit.

Dikutip dari laman Web MD, kuaci adalah sumber vitamin dan mineral yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh, sekaligus meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan virus.

Adapun beberapa nutrisi yang berperan dalam hal ini adalah zinc dan selenium. Zinc sendiri memainkan peranan penting dalam sistem kekebalan tubuh, yakni dengan cara membantu tubuh mempertahankan sel-sel kekebalan.

Sementara itu, selenium dapat membantu menurunkan tingkat peradangan, melawan infeksi, hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: Bolehkah Makan Mayones saat Hamil? Begini Penjelasannya!

4. Meningkatkan energi

Protein yang terkandung dalam kuaci juga dapat membantu meningkatkan energi bagi ibu hamil. Namun bukan hanya protein saja, nutrisi lainnya seperti vitamin B dan selenium juga berperan dalam hal ini.

Sebagai contoh, vitamin B1 (thiamin) yang terdapat dalam kuaci dapat membantu mengubah makanan yang dicerna menjadi energi. Di sisi lain, selenium dapat meningkatkan aliran darah, sehingga dapat membantu memberikan lebih banyak oksigen ke tubuh.

5. Mencegah anemia defisiensi besi

Tubuh menggunakan zat besi untuk memproduksi darah (hemoglobin) untuk bayi dan ibu hamil pada masa kehamilan. Perlu diketahui bahwa zat besi dapat membantu memindahkan oksigen dari paru-paru menuju bagian tubuh lainnya, untuk kemudian ke janin.

Memenuhi asupan zat besi dalam tubuh dapat membantu mencegah kondisi anemia defisiensi besi. Kondisi ini ditandai dengan jumlah sel darah merah yang terlalu sedikit.

Anemia diketahui dapat memengaruhi janin. Ketika terjadi selama masa kehamilan, anemia dapat menyebabkan kelahiran prematur atau bahkan berat badan lahir rendah.

Tak hanya zat besi saja yang berperan dalam pembentukan sel darah merah, tetapi asam folat juga.

Dikutip dari laman Mom Junction, asam folat dalam kuaci membantu dalam pembentukan sel darah merah dan membawa oksigen dari paru-paru ke bagian tubuh lainnya.

Agar bisa mendapatkan manfaat maksimal dari kuaci, disarankan bagi ibu hamil untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter mengenai porsi yang tepat, ya.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai manfaat kuaci bagi ibu hamil. Jika masih memiliki pertanyaan lainnya seputar kehamilan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2018). Diakses pada 08 Juli 2021. Are Sunflower Seeds Good for You? Nutrition, Benefits and More 

Mom Junction (2021). Diakses pada 08 Juli 2021. 5 Amazing Benefits Of Eating Sunflower Seeds During Pregnancy 

Webmd (2020). Diakses pada 08 Juli 2021. Health Benefits of Sunflower Seeds

Webmd (2020). Diakses pada 08 Juli 2021. Are You Getting Enough Iron?

    register-docotr