News from Good Doctors

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia perluas kerja sama dengan Grab dan Good Doctor hadirkan Pusat Vaksin di Palembang untuk percepatan vaksinasi COVID-19

May 21, 2021 | Dewi Nurfitriyana
feature image

Grab Fatigon Vaccine Center di Palembang, Sumatera Selatan melakukan pendekatan teknologi untuk pelaksanaan proses vaksinasi yang efisien

Dalam tiga hari pelaksanaannya, pusat vaksin ini akan melakukan vaksinasi kepada 4.600 masyarakat Palembang yang terdiri dari lansia, pekerja publik sektor transportasi dan pariwisata

Grab mendorong para mitra pengemudi dan mitra pengantaran untuk berpartisipasi mendukung Program Vaksinasi Nasional dengan mengundang anggota keluarga yang masuk kategori lansia untuk mendapatkan vaksin seiring dengan percepatan program vaksinasi

Palembang, 31 Maret 2021 – Setelah sukses menjalankan pusat vaksinasi dengan pendekatan teknologi 3-in-1 di Bali, Banten, Bandung, Solo dan Pekanbaru, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia kembali berkolaborasi dengan Grab dan Good Doctor untuk menghadirkan pusat vaksin di Palembang, Sumatera Selatan dengan menargetkan vaksinasi kepada 4,600 orang lansia, pekerja publik sektor transportasi dan pariwisata di Palembang selama tiga hari.

Grab, Good Doctor, dan Fatigon berkolaborasi dalam mendirikan Grab Fatigon Vaccine Center untuk mendukung Program Vaksinasi Nasional. Berlokasi di Jakabaring Sport City, Grab Fatigon Vaccine Center beroperasi pada 29 sampai 31 Maret 2021 untuk gelombang pertama vaksinasi. Untuk pelaksanaan vaksinasi yang lebih efisien dan aman, pusat vaksin Palembang menggunakan pendekatan yang mengedepankan teknologi mulai dari proses pra-registrasi, jadwal vaksinasi, pra-skrining serta penerapan pendaftaran melalui QR Code melalui layanan GrabHealth yang didukung oleh infrastruktur digital Good Doctor yang bekerja sama dengan pemerintah.

Acara momen apresiasi kolaborasi vaksinasi ini turut dihadiri oleh Muhammad Tito Karnavian, Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Herman Deru, Gubernur Sumatera Selatan dan jajaran Forkopimda Sumatera Selatan, serta Harnojoyo, Walikota Palembang dan jajaran Forkopimda Kota Palembang. Selain itu, perwakilan dari Kementerian Kesehatan  Republik Indonesia dan perwakilan dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia juga turut menghadiri acara ini.

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Muhammad Tito Karnavian (tengah) didampingi oleh Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru (kedua kiri) dan Country Managing Director of Grab Indonesia, Neneng Goenadi (kanan) sedang meninjau Grab Fatigon Vaccine Center di Palembang (31/3). Pusat vaksinasi yang beroperasi pada 29 sampai 31 Maret 2021 untuk gelombang pertama ini melakukan pendekatan teknologi dalam pelaksanaan proses vaksinasi yang efisien dan menargetkan vaksinasi kepada 4.600 masyarakat Palembang yang terdiri dari lansia dan pekerja publik sektor transportasi dan pariwisata.

Muhammad Tito Karnavian, Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia saat mengunjungi Grab Vaccine Center di Palembang menyampaikan, “Percepatan vaksinasi merupakan salah satu kunci dalam mengendalikan laju penyebaran COVID-19 dan untuk tercapainya kekebalan kelompok (herd immunity). Daerah-daerah harus dapat menerapkan aspek prioritas dalam pelaksanaan vaksinasi  terutama terhadap mereka yang rentan terpapar virus seperti lansia dan tenaga kesehatan dan juga yang memiliki interaksi yang tinggi seperti pengemudi kendaraan umum. Kami sangat mengapresiasi Grab dan Good Doctor yang melakukan terobosan dengan  bersinergi antara sektor swasta dan pemerintah dalam pendistribusian vaksin COVID-19 di tanah air. Pelaksanaan pusat vaksinasi ini berjalan dengan baik, mulai dari screening sampai penyuntikan dan waktu observasi hingga selesai. Lokasinya juga memadai di Jakabaring dan ini bisa menjadi role model bagi daerah lain di Indonesia yang akan melaksanakan vaksinasi massal.”

Vaksin akan membantu kita untuk lepas dari belenggu pandemi COVID-19. Pendistribusian vaksin membawa harapan bagi kita bahwa keadaan normal sudah di depan mata dan kolaborasi multi sektor yang terjalin seperti yang dilakukan Grab dan Good Doctor, bersama dengan sektor publik lainnya akan menjadi faktor pendorong percepatan distribusi vaksin. Saya mengajak masyarakat Sumatera Selatan untuk berpartisipasi aktif dalam Program Vaksinasi Nasional demi tercapainya kekebalan kelompok guna mendorong pemulihan ekonomi di Indonesia. Masyarakat tidak perlu takut dan ragu melakukan vaksinasi COVID-19 karena vaksin ini efektif untuk menekan penyebaran virus,” Herman Deru, Gubernur Sumatera Selatan.

Salah satu peserta vaksinasi kategori lansia di Grab Fatigon Vaccine Center Palembang (31/3) berfoto seusai menerima suntikan. Pusat vaksin ini menghadirkan metode Walk-In dan jalur khusus untuk tahap pengecekan/pemeriksaan (pre-screening) guna mengidentifikasi kondisi kesehatan calon penerima vaksin sebelum mereka mendapatkan vaksin, terutama bagi mereka yang memiliki riwayat medis.

Grab Fatigon Vaccine Center menghadirkan metode Walk-In dan jalur khusus untuk tahap pengecekan/pemeriksaan (pre-screening) guna mengidentifikasi kondisi kesehatan calon penerima vaksin sebelum mereka mendapatkan vaksin, terutama bagi mereka yang memiliki riwayat medis. Pelaksanaan pusat vaksin ini berkolaborasi dengan Indorelawan dengan penerapan protokol kesehatan secara disiplin dan ketat. Grab Fatigon Vaccine Center di Palembang ditargetkan untuk memberikan 4,600 vaksinasi dalam tiga hari. Selain vaksin COVID-19, penerima vaksin juga akan mendapatkan Fatigon Promuno Herbal Imunomodulator sebagai suplemen untuk perlindungan kesehatan.

Pandemi ini mendorong peran kolaboratif dari sektor swasta dalam membantu pendistribusian vaksin, dan kami bangga dapat berkontribusi melalui teknologi dan sumber daya kami untuk mempercepat proses pendistribusian vaksin di berbagai wilayah tanah air. Vaksin adalah cara terbaik untuk melindungi diri kita, dan secara signifikan mengurangi risiko terpapar virus COVID-19, serta membantu menjaga keamanan orang lain. Di Palembang, kami bersyukur tidak hanya dapat melindungi para mitra pengemudi dan mitra pengantaran kami dari virus lewat pemberian vaksin, tetapi juga mengikutsertakan para anggota keluarga mitra kami yang masuk kategori lansia untuk turut mendapatkan vaksin di Grab Fatigon Vaccine Center. Kami berharap inisiatif yang kami lakukan ini dapat mendorong semakin banyak masyarakat untuk menerima vaksin COVID-19 pertama mereka,” ujar Neneng Goenadi, Country Managing Director of Grab Indonesia.

Vaksin disediakan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan akan diberikan kepada lansia, pekerja publik sektor transportasi dan pariwisata sesuai dengan target Program Vaksinasi Nasional Tahap Kedua. Untuk melindungi warga lansia dari paparan virus COVID-19, Grab mendorong mitra pengemudi dan mitra pengantaran untuk mengajak anggota keluarga yang berusia lanjut untuk segera melakukan vaksinasi bersama di Grab Fatigon Vaccine Center dengan cara yang lebih efisien.

register-docotr