Bikin Takut Duduk-Susah Berdiri, Ini Obat untuk Mengatasi Radang Sendi Lutut

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Obat radang sendi lutut kini tak hanya dibutuhkan oleh orang berusia lanjut, namun juga kaum muda lho! Ya, radang sendi lutut bisa terjadi pada orang dengan usia muda karena beberapa faktor seperti kebiasaan buruk ataupun riwayat keluarga.

Radang sendi lutut ini sendiri umumnya terjadi ketika tulang rawan atau bantalan antara sendi dan lutut mengalami kerusakan. Hal inilah yang akan mengakibatkan lutut merasakan sakit, kaku, hingga bengkak.

Baca juga: Kamu Punya Masalah Pencernaan? Yuk Ketahui Jenis dan Cara Pencegahannya

Apa saja obat radang sendi lutut?

Perlu diketahui, sebenarnya tidak ada obat radang sendi lutut yang pasti yang bisa menyembuhkan penyakit ini. Namun, perawatan yang rutin dapat membantu meringankan ketidaknyaman dan memperlambat kerusakan.

Hal inilah yang juga akan meningkatkan kualitas hidup dan membantu kamu dalam menjadi kegiatan sehari-hari dengan baik.

Dilansir dari Healthline, terdapat beberapa macam perawatan yang bisa dilakukan untuk membantu meringankan rasa sakit akibat radang sendi pada lutut. Nah, perawatan yang biasanya dilakukan untuk menyembuhkan peradangan lutut, antara lain sebagai berikut.

obat radang sendi lutut
Kondisi lutut yang mengalami radang sendi. Foto: https://orthoinfo.aaos.org

Gunakan obat radang sendi lutut yakni penghilang rasa sakit

Obat bebas atau OTC atau resep dokter dapat membantu meringankan rasa sakit dan gejala lain yang terkait dengan radang lutut.

Beberapa pilihan obat bebas yang bisa membantu mengatasi rasa sakit dan ketidaknyamanan, berupa obat antiinflamasi non steroid atau NSAID seperti ibuprofen dan acetaminophen.

Jika kamu tidak bisa menolerir NSAID yang mengandung capsaicin maka dokter mungkin akan meresepkan duloxetin atau cymbalta dan tramadol.

Tramadol merupakan jenis obat opioid namun harus berada dalam pengawasan dokter karena jika menggunakannya maka bisa mengembangkan risiko ketergantungan.

Pemberian steroid injeksi

Untuk mengatasi rasa sakit dan peradangan yang parah, dokter biasanya akan menyuntikkan glukokortikoid atau kortikosteroid langsung ke dalam sendi.

Namun, perlu diketahui jika obat radang sendi lutut ini hanya memberikan bantuan sementara dan tidak mengobati penyakit secara keseluruhan.

Tak hanya itu, pemberian steroid injeksi sebagai obat radang sendi lutut tidak disarankan dalam jangka panjang. Hal ini dikarenakan steroid injeksi bisa mengakibatkan efek samping negatif sehingga dokter biasanya akan membatasi pemberian obat ini selama perawatan.

Konsumsi suplemen sebagai obat radang sendi lutut

Rasa sakit pada sendi di lutut yang masih ringan bisa diringankan dengan mengonsumsi suplemen dari kombinasi glukosamin dan kondroitin atau rempah kunyit. Campuran glukosamin dan kondroitin terbukti aman dan bisa dicoba untuk membantu mengatasi rasa sakit serta nyeri pada lutut.

Efek samping penggunaan suplemen biasanya sangat kecil, namun perlu diperhatikan jika kamu memiliki alergi terhadap bahan yang terkandung didalamnya.

Kunyit sendiri memiliki sifat anti inflamasi yang bermanfaat untuk menyembuhkan radang sendi sehingga bisa juga dikonsumsi dengan cara menambahkannya ke dalam makanan.

Baca juga: 5 Penyebab Limfosit Rendah: Salah Satunya Akibat Penyakit Autoimun!

Obat radang sendi lutut dengan tindakan bedah jika radang semakin parah

Jika nyeri sendi semakin parah dan tidak ada terapi lain yang dapat membantu, dokter dapat merekomendasikan tindakan bedah untuk penanganan lanjutan.

Nah, terdapat beberapa pilihan bedah yang bisa dilakukan untuk mengobati radang sendi lutut, yakni sebagai berikut.

Operasi artroskopi

Prosedur operasi ini dilakukan dengan invasif minimal dimana seorang ahli bedah akan menggunakan arthroscope atau sejenis kamera yang berguna untuk melihat bagian dalam lutut.

Dokter kemudian akan memperbaiki cedera dengan membersihkan puing-puing, seperti fragmen tulang dari sendi untuk membuat jaringan sendi kembali sehat.

Tindak bedah ini dapat membantu meringankan gejala, namun kurang efektif daripada operasi lutut total. Karena itu, penderita nyeri lutut akibat peradangan kemungkinan akan melakukan penggantian lutut total di masa depan jika gejala sewaktu-waktu kembali dirasakan.

Operasi osteotomi

Menurut American Academy of Orthopedic Surgeons atau AAOS, osteotomi dapat membantu jika kamu mengalami radang sendi lutut tahap awal yang memengaruhi tulang di satu sisi saja.

Karena itu, jenis operasi ini mampu membantu menghentikan atau memperlambat perkembangan kerusakan pada sendi.

  • Dalam prosedur ini, ahli bedah akan memotong dan membentuk kembali tulang
  • Dokter kemudian mengambil tekanan dari bawah untuk memperbaiki keselarasan tulang
  • Dalam penggantian lutut total, seorang ahli bedah akan mengangkat jaringan serta tulang yang rusak dan menggantikannya dengan sendi buatan.

Operasi satu ini sangat direkomendasikan pada orang di bawah usia 60 tahun, aktif, memiliki rasa sakit di satu sisi lutut.

Namun, sebelum melakukannya pastikan untuk membicarakan terlebih dahulu dengan dokter mengenai tingkat keberhasilan operasi dan efek samping yang mungkin terjadi.

Masalah kesehatan lainnya bisa ditanyakan dengan dokter di Good Doctor. Konsultasikan juga secara online hanya di Grabhealth Apps, ya!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin