Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan: 10 Hal Ini Perlu Kamu Ketahui

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Jika menyebut daun kemangi, mungkin yang langsung terbayang oleh masyarakat Indonesia adalah lalapan. Selain bisa dijadikan lalapan, manfaat daun kemangi untuk kesehatan tubuh ternyata juga banyak, lho!  

Manfaat daun kemangi

Daun kemangi (ocimum basilicum) adalah jenis tanaman yang masih dalam rumpun daun mint. Banyak digunakan untuk menambah rasa pada makanan, dan nutrisi yang dapat memberikan manfaat kesehatan.

Berikut beberapa manfaat daun kemangi untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui:

 1. Menjaga kesehatan jantung

Daun kemangi mengandung beta-karoten dan magnesium, zat penting yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan jantung. Daun kemangi juga berguna untuk menurunkan dan mengendalikan kadar kolesterol serta gula darah.

Tak mengherankan bila mengonsumsi daun kemangi untuk lalapan bagus untuk menjaga kesehatan jantung.

2. Menyehatkan pencernaan

Dilansir dari buku Healing Foods yang diterbitkan DK Publishing, daun kemangi dapat membantu kerja pencernaan menjadi lebih bagus. Daun kemangi memperkuat sistem pencernaan karena zat eugenol yang terdapat di daun kemangi memastikan anti-inflamasi di saluran pencernaan.

Sekaligus mampu mencegah gejala yang timbul akibat adanya luka di lambung, manfaat daun kemangi juga bisa menurunkan kadar asam lambung.

3. Menjaga dari serangan kanker

Daun kemangi, juga dipercaya berpotensi melawan kanker. Daun ini dinilai dapat membantu pencegahan beberapa jenis kanker di antaranya kulit, dan mulut.

Kandungan antioksidan di dalam daun kemangi diduga berperan dalam memerangi timbulnya kanker. Sejak tahun 2013, penelitian terus dilakukan, untuk memastikan manfaat daun kemangi.

4. Meringankan stres

Dilansir dari Medical News Today, kandungan dalam daun kemangi terdapat zat anthocyanin dan beta karoten. yang berguna sebagai kandungan pereda stres.

Dikutip dari Healthline, menyebutkan beberapa bagian daun kemangi berfungsi sebagai adaptogen. Zat alami ini terdapat dalam daun kemangi yang membantu tubuh beradaptasi dengan stres dan meningkatkan keseimbangan mental.

Daun kemangi juga memiliki sifat antidepresan dan anti-kecemasan yang sebanding dengan diazepam dan obat antidepresan. Dengan mengonsumsi 500 miligram (mg) ekstrak daun kemangi setiap hari bisa membantu untuk mengurangi rasa cemas, stres, dan perasaan tertekan.

5. Mengontrol gula darah

Manfaat daun kemangi juga baik untuk mengontrol gula darah dalam tubuh. Untuk penderita diabetes, manfaat daun kemangi ini bisa membantu mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol, yang merupakan faktor berisiko untuk penderita diabetes.

Jika kamu menderita prediabetes atau diabetes tipe 2, daun kemangi dapat membantu mengurangi gula darah. Manfaat dari daun kemangi yang dapat membantu mencegah gejala diabetes seperti misal:

  • Pertambahan berat badan
  • Hiperinsulinemia, atau kelebihan insulin dalam darah
  • Kolesterol tinggi
  • Resistensi insulin
  • Hipertensi

6. Mengurangi pembengkakan

Manfaat daun kemangi juga bisa digunakan untuk membantu untuk mengurangi pembengkakan di tubuh. Caranya adalah mengoleskan tumbukan daun kemangi pada bagian tubuh yang mengalami pembengkakan tersebut.

Daun kemangi bisa membantu meredakan pembengkakan di tubuh karena kandungan beta caryophyllene yang berfungsi sebagai zat anti inflamasi.

7. Mengurangi bau mulut

Daun kemangi saat dikonsumsi juga bisa bermanfaat untuk mencegah bau mulut. Khasiat ini bisa kamu dapatkan dengan cara langsung memakan daun kemangi sebagai lalap.

Atau jika kamu tidak suka dengan baunya saat disantap langsung, membuat air perasan daun kemangi yang dicampur dengan kunyit lalu meminumnya juga bisa kamu coba.

8. Menyehatkan kulit

Daun kemangi juga bisa menjaga kesehatan kulit, sebab kandungan minyak daun kemangi bisa membantu membersihkan kulit dari dalam. Daun kemangi sekaligus bisa membantu menghilangkan minyak dan kotoran yang menyumbat di pori-pori kulit.

Mengoleskan daun kemangi di wajah secara teratur akan membantu mencegah timbulnya jerawat di wajah. Hal tersebut karena daun kemangi mempunyai kandungan sifat anti-inflamasi dan antimikroba di dalamnya.

9. Meredakan sakit tenggorokan

Daun kemangi selain bisa mengurangi bau mulut, juga bisa digunakan untuk meredakan peradangan dan sakit pada tenggorokan. Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara meminum air hangat dari rebusan daun kemangi.

Lakukan beberapa kali saat kamu mengalami hal yang tidak nyaman yang dirasakan di tenggorokan.

10. Meredakan keputihan

Daun kemangi ternyata juga berkhasiat untuk menangkal jamur penyebab keputihan. Untuk mendapatkan manfaat tersebut kamu bisa mengonsumsi daun kemangi saat makan, dan daun kemangi yang segar kamu siapkan sebagai lalapan.

Untuk dapat mengetahui nutrisi apa saja yang bagus untuk tubuh, kamu bisa menghubungi dokter di Good Doctor. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

– Medicalnewstoday.com, Health benefits of basil, diakses 9 Juni 2020

https://www.medicalnewstoday.com/articles/266425#nutrition

 

– Nbci.nlm.nih.gov, Antioxidant Activity of The Ancient Herb, Holy Basil in CCl4-Induced Liver Injury in Rats, diakses 9 Juni 2020

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4766851/

 

– Healthline.com, Basil: Nutrition, Health Benefits, Uses and More, diakses 9 Juni 2020

https://www.healthline.com/nutrition/basil#benefits

 

Healthline.com, The Health Benefits of Holy Basil, diakses 9 Juni 2020

https://www.healthline.com/health/food-nutrition/basil-benefits

 

– Food.ndtv.com, 9 Incredible Benefits Of Basil Leaves You May Not Have Knownm diakses 9 Juni 2020

https://food.ndtv.com/food-drinks/9-incredible-benefits-of-basil-leaves-you-may-not-have-known-1834742

 

Betterhealth.vic.gov.au, Basil, diakses 9 Juni 2020

https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/ingredientsprofiles/Basil

 

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin