Kehamilan

Apa Pentingnya Memenuhi Kalsium untuk Ibu Hamil? Ini Jawabannya!

June 12, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Kalsium merupakan mineral yang sangat penting yang dibutuhkan saat kehamilan bersama dengan vitamin dan mineral lainnya. Namun, tak jarang terkadang kalsium tidak terpenuhi dengan baik. Lalu, apa pentingnya kalsium untuk ibu hamil?

Pada dasarnya, tubuh akan melakukan apapun untuk proses tumbuh kembang bayi dalam kandungan. Termasuk mengambil kalsium dari tulang atau gigi Moms untuk diberikan kepadanya.

Nah, berikut serba-serba kalsium untuk ibu hamil yang perlu Moms ketahui:

Mengapa penting memenuhi kebutuhan kalsium untuk ibu hamil?

Kalsium dapat membantu memperkuat tulang dan gigi bayi yang sedang berkembang pesat, serta dapat meningkatkan perkembangan otot, jantung, dan saraf. Tak hanya itu saja, kalsium juga sangat penting bagi tulang dan gigi ibu.

Jika Moms tidak mengonsumsi kalsium dengan cukup, tubuh akan mengambilnya dari tulang. Biasanya hal ini terjadi selama trimester ketiga, ketika perkembangan tulang bayi memuncak.

Kebutuhan kalsium dalam tubuh harus terpenuhi selama kehamilan, karena jika Moms tidak memenuhi kalsium ada beberapa risiko yang dapat mengintaimu, seperti kehilangan tulang saat kehamilan dan meningkatkan risiko osteoporosis di kemudian hari.

Banyak wanita yang pulih dari kehilangan kepadatan tulang setelah kehamilan dan menyusui, tetapi akan lebih baik jika Moms memenuhi kebutuhan kalsium harian untuk mencegah osteoporosis atau penyakit lainnya yang disebabkan oleh kekurangan kalsium.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Tips Aman untuk Ibu Hamil saat Naik Pesawat

Manfaat kalsium untuk ibu hamil

Ada berbagai macam manfaat kalsium yang sangat bermanfaat bagi Moms dan bayi. Untuk memenuhi kebutuhan kalsium, Moms juga dapat berkonsultasi dengan dokter.

Berikut adalah beberapa manfaat kalsium untuk ibu hamil yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Dibutuhkan untuk perkembangan bayi dalam kandungan

Seperti yang sudah diketahui bahwa kalsium sangat penting bagi perkembangan pada bayi, seperti pembentukan tulang dan gigi. Mereka juga dapat membantu untuk pertumbuhan keseluruhan kerangka.

Tidak hanya itu saja, kalsium juga merupakan nutrisi penting bagi jantung, otot, saraf, dan hormon bayi.

Anak-anak yang lebih muda dan bayi dengan sedikit kalsium dan asupan vitamin D (yang membantu penyerapan kalsium) membuat mereka memiliki risiko yang meningkat untuk rakhitis.

Rakhitis sendiri merupakan penyakit pelunakan tulang yang menyebabkan pembengkokan kaki yang parah, pertumbuhan yang buruk, nyeri otot, serta kelemahan.

2. Membantu ibu dan bayi agar tetap sehat

Selama kehamilan, Moms bisa memberikan hampir seluruh kalsium yang ada untuk tumbuh kembang bayi. Jadi ketika Moms mengonsumsi jumlah kalsium yang direkomendasikan setiap harinya, ini dapat merawat kesehatan tubuh Moms sendiri juga.

Akan tetapi, jika kebutuhan kalsium tidak dipenuhi, ibu hamil pun rentan mengalami risiko komplikasi.

3. Membantu pembekuan darah

Manfaat kalsium lainnya adalah membantu pembekuan darah.

Tubuh tidak hanya menggunakan kalsium untuk menjaga tulang dan gigi agar tetap kuat, tetapi juga untuk memungkinkan otot berkontraksi, untuk membantu dalam transmisi impuls saraf dan untuk menjaga stabilitas serta permebilitas membran sel.

Kalsium pun menjadi bagian yang penting dari proses pembekuan darah. Karena tubuh tidak memproduksi kalsium sendiri, maka sangat penting bagi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan kalsium.

4. Menjaga kesehatan jantung

Banyak orang yang menganggap bahwa kalsium hanya bermanfaat bagi tulang saja, namun siapa sangka bahwa kalsium juga dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Dilansir The Economic Times, menurut Dr Rahul Chaudhary, yang merupakan konsultan kardiologi di Aakash Healthcare Super Speciality di Delhi, kalsium sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk fungsi jantung yang lebih baik.

“Kalsium dibutuhkan oleh jantung agar dapat berkontraksi dan memompa dara ke seluruh tubuh. Ini juga diperlukan untuk berfungsinya sistem kelistrikan atau konduksi jantung dengan benar, sehingga memastikan bahwa detak jantung berdetak secara otomatis,” katanya.

Jenis-jenis makanan yang mengandung kalsium tinggi

Terdapat beberapa makanan yang mengandung kalsium tinggi yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Misalnya saja susu, keju dan yoghurt merupakan sumber terbaik dari kalsium.  Sayuran hijau dan berdaun juga mengandung kalsium, tetapi dalam jumlah yang kecil.

Beberapa makanan lainnya yang juga mengandung kalsium adalah jus jeruk, sarden, tahu, salmo, sereal, serta kubis.

Memenuhi kebutuhan kalsium untuk ibu hamil memang sangat penting. Oleh karena itu, sebaiknya saat sedang hamil penuhilah kebutuhan kalsium harian agar tetap sehat serta perkembangan bayi menjadi lebih baik.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthfully (2018). Diakses pada 08 Juni 2020. Calcium and Blood Clotting

Nestle. Diakses pada 08 Juni 2020. Calcium for Growing Children

The Economics Times (2018). Diakses pada 08 Juni 2020. Not Just for Bones, Calcium Is Crucial for Cardiac Functioning Too! Here’s How Ensure You’re Never Deficient 

Webmd. Diakses pada 08 Juni 2020. Get The Calcium You Need During Pregnancy

What to Expect (2020). Diakses pada 08 Juni 2020. How Much Calcium You Need During Pregnancy? 

Very Well Health (2020). Diakses pada 08 Juni 2020. Calcium Needs During Pregnancy 

    register-docotr