Agar Asupan Gizi Terjaga, Yuk Kenali 8 Fungsi Protein bagi Tubuh!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Fungsi protein dalam tubuh ternyata sangat kompleks dan melibatkan hampir seluruh proses metabolisme tubuh. Bila kamu kekurangan protein, tubuh bisa jatuh sakit dan mengalami berbagai gangguan kesehatan.

Lalu seperti apa sebenarnya fungsi protein di dalam tubuh? Simak informasi berikut ini ya!

Fungsi protein dalam tubuh

Contoh sumber protein yang bisa dikonsumsi. (Foto:https://www.freepik.com)

1. Menyeimbangkan cairan dalam tubuh

Albumin dan globulin adalah protein yang ada dalam darah. Keduanya membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh dengan menarik dan menahan air.

Bila asupan protein tidak terpenuhi, kadar albumin dan globulin dalam darah kurang. Akibatnya, protein-protein ini tidak lagi dapat menyimpan darah di pembuluh darah. Kondisi ini akan membuat cairan masuk ke ruang di antara sel-sel tubuhmu. 

Kalau sudah begitu, cairan bisa  terus menumpuk di antara ruang-ruang sel yang akan mengakibatkan penyakit edema. Terutama di bagian perut. 

Saat seseorang mengonsumsi kalori yang cukup tapi tidak diimbangi dengan protein yang cukup, akan terjadi malnutrisi yang disebut kwashiorkor. Kwashiorkor biasanya jarang ditemukan di daerah maju di dunia dan lebih sering terjadi di daerah yang tinggi akan kasus kelaparan.

2. Menumbuhkan dan memperbaiki jaringan 

Tubuh membutuhkan protein untuk proses pertumbuhan dan perbaikan jaringan. Dalam keadaan normal, tubuh akan memecah jumlah protein yang sama saat menumbuhkan dan memperbaiki jaringan. Namun, pada waktu tertentu, tubuh akan memecah lebih banyak protein dari biasanya. 

Biasanya kondisi ini terjadi saat seseorang sedang sakit, selama kehamilan dan saat menyusui. Selain itu, orang yang baru pulih dari cedera atau operasi, lansia, serta atlet juga termasuk orang yang membutuhkan banyak asupan protein. 

3. Memberikan asupan energi

Selain karbohidrat, tahukah kamu bahwa protein dapat menjadi sumber energi bagi tubuh?

Protein mengandung empat kalori di setiap gramnya. Jumlah tersebut setara dengan jumlah yang terkandung dalam karbohidrat. Sedangkan lemak memasok energi paling banyak, yaitu sembilan kalori per gram.

Protein akan menjadi sumber energi terakhir yang digunakan oleh tubuh karena keberadaanya dibutuhkan di seluruh tubuh. Dalam keadaan normal, protein juga hanya dapat memasok energi yang sedikit untuk tubuh.

Namun, dalam keadaan puasa (18-48 jam tanpa asupan makanan), tubuh akan menggunakan asam amino untuk memberikan energi yang cukup untuk beraktivitas. 

4. Mengirim dan menyimpan nutrisi 

Protein membawa zat-zat dan nutrisi ke dalam, ke luar atau di dalam sel melalui pembuluh darah. Zat yang diangkut oleh protein berupa nutrisi, vitamin, mineral, gula darah, kolesterol dan oksigen. 

Misalnya, hemoglobin adalah protein yang berperan membawa oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh. Selain itu, ada juga lipoprotein yang berperan mengangkut kolesterol dan lemak lain dalam darah. 

Protein bersifat spesifik, artinya mereka hanya akan mengikat zat tertentu. Misalnya, protein yang bertugas mengangkut glukosa tidak akan mengangkut kolesterol. 

Protein juga memiliki peran sebagai penyimpan nutrisi. Contohnya, ferritin yakni protein yang menyimpan zat besi. Selain itu ada juga kasein, protein utama dalam susu yang membantu pertumbuhan bayi. 

Baca juga: Lezat dan Sehat, 7 Makanan Ini Mengandung Protein Tinggi

5. Meningkatkan kesehatan dan kekebalan tubuh

Keberadaan protein dalam tubuh membantu membentuk imunoglobulin, atau antibodi, untuk melawan infeksi. Antibodi adalah protein dalam darah yang dapat membantu melindungi tubuhmu dari bahaya bakteri dan virus.

Saat bakteri dan virus menyerang, tubuh akan memproduksi antibodi yang mampu menyingkirkan bakteri dan virus. Tanpa kehadiran antibodi, tubuh akan mudah dibanjiri oleh virus dan bakteri. 

6. Menjaga keseimbangan pH 

Protein memiliki peran penting dalam mengatur konsentrasi asam dan basa dalam darah serta cairan tubuh lainnya. Kondisi pH yang konstan dibutuhkan oleh tubuh karena jika sedikit perubahan pada pH dapat berbahaya atau berpotensi mematikan.

Nah, salah satu cara agar tubuh dapat menyeimbangkan pH adalah dengan protein. Contohnya, hemoglobin, protein yang membentuk sel darah merah. Hemoglobin akan mengikat sejumlah asam sehingga mampu mempertahankan nilai pH normal darah. 

7. Mempertahankan bentuk sel

Beberapa protein memiliki serat yang dapat mempertahankan bentuk sel atau jaringan dalam tubuh. Protein tersebut di antaranya adalah keratin, kolagen, dan elastin. Ketiga protein ini dapat mempertahankan struktur tertentu dalam tubuh. 

Kamu bisa menemukan protein keratin pada kulit, rambut, dan kuku. Sedangkan kolagen adalah protein yang paling banyak ditemukan dalam tubuh. Kolagen merupakan protein struktural yang terdapat dalam tulang, tendon, ligamen, serta kulit. 

Sementara itu, elastin memiliki elastisitas yang jauh lebih tinggi daripada kolagen. Elastisitasnya yang tinggi memungkinkan banyak jaringan di tubuh kamu untuk kembali ke bentuk semula setelah peregangan atau berkontraksi. Misalnya pada rahim, paru-paru, dan arteri. 

8. Membantu proses biokimia yang terjadi dalam tubuh

Enzim adalah protein yang mampu membantu ribuan reaksi biokimia di dalam dan di luar sel tubuhmu. Di dalam tubuh setiap saat reaksi biokimia dapat terjadi dan proses ini membutuhkan bantuan enzim. 

Mulai dari sistem pencernaan, produksi energi, pembekuan darah hingga kontraksi otot, semuanya membutuhkan peranan enzim. Itulah mengapa saat kamu kekurangan enzim, tubuh dapat mengalami gangguan kesehatan. 

Nah, itu dia sederet fungsi penting protein untuk tubuh. Pastikan kamu selalu menjaga asupan protein ya supaya tubuh dapat bekerja dengan baik dan tetap fit untuk beraktivitas.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar protein atau masalah kesehatan lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Caranya, buka aplikasi Grab kemudian pilih fitur Kesehatan, atau langsung klik di sini.

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin