Jaga Kesehatan Mental Selama #dirumahaja dengan Video Call, Bisa! Begini Penjelasannya!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Pandemi COVID-19 memaksa orang-orang untuk mengurangi kegiatan di luar ruangan, termasuk bertemu tatap muka. Karenanya, video call menjadi pilihan terbaik untuk menghindari persebaran virus. 

Video call tidak hanya memudahkan komunikasi dengan orang lain, lebih dari itu ternyata berguna dalam menjaga kesehatan mental selama harus #dirumahaja. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, yuk simak manfaat komunikasi lewat video call untuk kesehatan mental lainnya. 

Baca juga: Benarkah Penyebab Bell’s Palsy Akibat Sering Terpapar AC? Simak Penjelasannya Berikut Ini!

Pengaruh komunikasi lewat video call untuk kesehatan mental

Di era pandemi sekarang ini, hampir seluruh pertemuan tatap muka tidak mungkin dapat dilakukan. Selain itu, panggilan telepon sering kali tidak terlalu efektif sehingga banyak orang memilih untuk menggunakan video call sebagai gantinya.

Tak hanya dalam hal pekerjaan, video call juga penting dilakukan lebih sering terutama dengan orang terdekat.

Komunikasi sangat penting dalam membangun dan mengembangkan hubungan terapeutik. Nah, beberapa pengaruh komunikasi lewat video call lainnya yang perlu diketahui seperti:

Mempercepat pemulihan mental

Komunikasi yang baik dapat membantu mempercepat pemulihan fisik serta mental seseorang. Hubungan antara individu yang terjalin dengan baik akan memiliki dampak terbesar pada pemulihan perawatan kesehatan mental.

Hal ini yang kemudian akan membantu kamu dalam menemukan jalan keluar terhadap suatu masalah.

Ketika seseorang merasa cemas atau tertekan, hal-hal yang bisa membantu memulihkan kondisi adalah senyuman, sapaan, dan kontak langsung.

Karena itu, kesehatan mental akan terjaga dengan baik ketika mampu mempertahankan komunikasi termasuk lewat video call. 

Mengurangi rasa kesepian

Menjadi seorang pendengar yang baik bisa juga membantu seseorang dengan kesehatan mental buruk untuk pulih dari keadaan.

Untuk itu, bagi beberapa orang video call merupakan salah satu obat yang ampuh dalam mengatasi rasa kesepian. Rasa kesepian yang dibiarkan bisa saja berdampak pada kesehatan mental, lho!

Mempererat hubungan

Komunikasi lewat video call dapat berarti bahwa meskipun terpisahkan oleh jarak yang jauh, namun hubungan antara teman atau keluarga tetap bisa terjadi dengan baik.

Mampu melihat wajah seseorang dapat membuat hubungan terasa lebih dekat daripada hanya melakukan panggilan telepon biasa. saat video call orang bisa merasa seperti bertatap muka walaupun tiudak saling bertemu

Baca juga: Gas Lighting: Kenali Tandanya dan Ketahui Cara Menghindari Sebelum Terlambat!

Tips menjaga kesehatan mental melalui video call

Meski video call memiliki banyak manfaat, namun ada beberapa tips yang perlu diketahui sebelum melakukan panggilan.

Tips ini perlu diterapkan agar kenyamanan diri sendiri ketika berkomunikasi bisa tetap terjaga. Nah, tips video call yang bisa kamu terapkan untuk menjaga kesehatan mental, berupa:

Tetapkan batasan

Meski melakukan video call dengan orang terdekat bisa menjaga kesehatan mental tetap baik, namun ada batasan waktu yang perlu diketahui. Batasan untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga, atau teman biasanya berbeda berdasarkan tingkat kenyamanan dari diri sendiri.

Contoh batasan yang bisa diterapkan, seperti berapa lama waktu yang kamu inginkan untuk dihubungi, hal apa yang ingin dikatakan, dan siapa yang akan kamu ajak bicara.

Beberapa batasan tersebut perlu diingat agar tidak menciptakan kecanggungan dan rasa kurang nyaman ketika berkomunikasi.

Pisahkan pekerjaan dan kehidupan pribadi

Ketika video call dilakukan dengan orang terdekat, penting untuk memisahkan masalah pekerjaan dan kehidupan pribadi. Memilih topik yang ringan ketika berkomunikasi merupakan salah satu kunci penting agar pikiran tetap rileks dan tidak terbebani.

Membagi kehidupan pribadi dan dunia pekerjaan bisa membantu menjaga kesehatan mental. Dalam pekerjaan, pikiran diharuskan untuk terus fokus dan melupakan masalah pribadi.

Sebaliknya, ketika berbicara dengan keluarga atau orang terdekat maka akan bisa membuka berbagai macam emosi sehingga membantu lebih santai dan melepaskan diri.

Video call memiliki beragam kegunaan dan juga berdampak positif pada kesehatan mental. Agar komunikasi lebih efektif, maka penting untuk bisa menciptakan waktu dan ruang yang tepat. Gunakanlah juga bahasa tubuh yang terbuka agar komunikasi dapat berjalan dengan baik.

Tanyakan mengenai kesehatan lainnya bersama dokter di Good Doctor. Konsultasikan juga secara online hanya di Grabhealth Apps, ya!

  1. Medical News Today (2020), diakses 10 Agustus 2020. 11 ways video calls may affect mental health
  2. Mental Health Today (2018), diakses 10 Agustus 2020. Communication is a key ingredient in mental health recovery
  3. Rochester Regional Health (2020), diakses 10 Agustus 2020. How Video Chat Impacts Your Health
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin