Kesehatan Mental

Membantu Mengatasi Gangguan Psikologis, Yuk Kenali Lebih Dalam Tentang Art Therapy

August 11, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan tubuh. Art therapy atau terapi seni merupakan salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga atau meningkatkan kesehatan mentalmu. Di sisi lain, terapi ini juga memiliki banyak manfaat lainnya lho!

Nah untuk, mengenal lebih jauh mengenai art therapy, yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Apa itu art therapy?

Art therapy melibatkan penggunaan teknik kreatif seperti menggambar, melukis, mewarnai, membuat kolase, atau bahkan memahat untuk membantu seseorang mengekspresikan diri secara artistik dan memeriksa nada psikologis dan emosional melalui seni yang mereka buat.

Penggunaan metode ini untuk mengobati gangguan psikologis serta meningkatkan kesehatan mental. Art therapy sendiri merupakan teknik yang berakar pada gagasan bahwa ekspresi kreatif dapat mendorong penyembuhan serta kesejahteraan mental.

Membuat suatu karya seni maupun hanya dengan melihat karya seni orang lain dapat digunakan untuk membantu mengeksplorasi emosi, mengembangkan kesadaran diri, mengatasi stres, meningkatkan kepercayaan diri, serta keterampilan sosial.

Ketika kamu membuat suatu karya seni, kamu dapat menganalisis karya yang kamu buat serta bagaimana perasaanmu. Dengan melakukan hal ini, kamu dapat mengetahui konflik yang masih memengaruhi pikiran, emosi, serta perilaku.

Baca juga: Suka Mendengarkan Musik? Ini Lho Manfaat Kesehatan Mental yang Bisa Kamu Peroleh

Bagaimana art therapy bekerja?

Art therapy didasarkan pada keyakinan bahwa ekspresi diri melalui kreasi artistik memiliki nilai terapi bagi mereka yang sedang menyembuhkan atau mencari pemahaman lebih dalam tentang diri sendiri serta kepribadiannya.

Terapi ini dilatih untuk memahami peran warna, tekstur, dan berbagai media seni dalam proses terapi dan bagaimana unsur-unsur tersebut dapat membantu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan gangguan psikologis seseorang.

Penggunaan art therapy

Untuk melakukan terapi ini, seseorang tidak perlu memiliki kemampuan artistik atau bakat spesial. Setiap orang dapat melakukan serta mendapatkan manfaat dari terapi ini, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Biasanya terapi ini dilakukan untuk mengobati berbagai macam gangguan maupun tekanan psikologis. Dalam kebanyakan kasus, art therapy dilakukan bersamaan dengan teknik psikoterapi lainnya.

Dilansir dari Very Well Mind, berikut adalah situasi di mana art therapy dapat dilakukan.

  • Orang dewasa yang mengalami stres berat
  • Anak-anak yang menderita masalah perilaku atau sosial di sekolah maupun di rumah
  • Anak-anak atau orang dewasa yang mengalami kejadian traumatis
  • Anak-anak dengan ketidakmampuan belajar
  • Seseorang yang menderita cedera otak
  • Seseorang yang mengalami masalah kesehatan mental

Tak hanya itu saja, art therapy juga dapat dilakukan untuk kondisi berikut:

  • Masalah terkait penuaan
  • Kecemasan
  • Kanker
  • Depresi
  • Gangguan makan
  • Kesulitan emosional
  • Masalah keluarga atau hubungan
  • Kondisi medis
  • Gejala psikologis yang berhubungan dengan masalah medis lainnya
  • PTSD (post-traumatic stress disorder)
  • Masalah psikososial
  • Stres
  • Penggunaan zat tertentu

Apa saja manfaat dari art therapy?

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh jika kamu melakukan terapi ini, seperti yang dilansir dari rtor.org.

1. Self discovering

Manfaat pertama yang bisa kamu peroleh ketika melakukan art therapy adalah menemukan diri sendiri (self discovering). Menciptakan seni dapat membantumu untuk mengakui dan mengenali perasaan yang telah lama bersembunyi di alam bawah sadar.

2. Menigkatkan kepercayaan diri

Berbagai macam proses yang kamu lakukan ketika menjalani art therapy ini akan memberi perasaan pencapaian diri yang sangat berharga untuk meningkatkan penghargaan terhadap diri sendiri serta kepercayaan diri.

3. Pelepasan emosional

Seni merupakan sesuatu yang menyenangkan. Manfaat terbesar dari art therapy adalah memberi kamu jalan keluar yang sehat untuk mengekspresikan semua perasaan serta ketakutan yang kamu rasakan.

Emosi yang kompleks, seperti kesedihan atau kemarahan terkadang sulit untuk diungkapkan melalui kata-kata.

Ketika kamu sulit untuk mengeksprsikan emosi tetapi kamu ingin meluapkan semua perasaan yang kamu rasakan, kamu dapat mencoba untuk melakukan terapi ini. Dengan melakukan art therapy, kamu dapat menjadi lebih lega.

4. Mengurangi stres

Stres dapat diakibatkan oleh berbagi macam faktor, terutama faktor lingkungan. Baik stres maupun tekanan memang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Melawan kecemasan, depresi, atau trauma emosional bisa menjadi sesuatu yang melelahkan bagi mental maupun fisik.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Psychology Today. Diakses pada 10 Agustus 2020. Art Theraphy 

rtor.org (2018). Diakses pada 10 Agustus 2020. Creativity and Recovery: The Mental Health Benefits of Art Therapy 

Very Well Health (2020). Diakses pada 10 Agustus 2020. How Art Therapy Is Used to Help People Heal 

    register-docotr