Mengatasi Gigi Berlubang saat Hamil, Ini yang Perlu Moms Perhatikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Pastinya mengalami gigi berlubang saat hamil menjadi hal yang tidak menyenangkan bagi para calon ibu. Tetapi jangan sampai salah menanganinya lho, begini cara mengatasi yang tepat, simak ulasannya yuk!

Baca Juga: Sering Disepelekan, Ini Penyebab Gigi Berlubang yang Wajib Kamu Ketahui

Cara mengatasi gigi berlubang saat hamil

Ternyata mengatasi gigi berlubang saat hamil tidak boleh dilakukan sembarangan lho. Berikut ini adalah cara yang tepat untuk mengatasinya, antara lain:

Rajin menyikat gigi

Cara utama untuk mengatasi gigi berlubang saat hamil adalah menyikat gigi selama dua menit sebanyak dua kali sehari sebelum sarapan dan sebelum tidur dengan pasta gigi berflorida. Bila rasa pasta gigi menyebabkan kamu mual, cobalah ganti pasta gigi dengan rasa buah.

Jangan menyikat gigi setelah muntah karena dapat merusak gigi. Cara yang dapat kamu lakukan yaitu letakkan pasta gigi di jari, gosokkan di gigi dan gusi, lalu bilas dan kumur-kumur dengan air.

Gunakan sikat gigi berbulu halus

Sebaiknya gunakan sikat gigi berbulu halus karena bulu yang kasar bisa merusak lapisan enamel lebih cepat dan menyebabkan rasa tidak nyaman. 

Gunakan benang gigi

Gunakan benang gigi sekali sehari dan sebaiknya gunakan sebelum tidur agar tidak ada sisa makanan yang menempel karena dapat menyebabkan gigi berlubang.

Berkumur air garam untuk atasi gigi berlubang saat hamil

Berkumur dengan air garam bisa jadi cara untuk mengatasi sakit gigi saat hamil. Jika masalah gigi disebabkan oleh gusi bengkak atau iritasi, berkumur dengan air garam dapat membantu mencegah infeksi gusi terjadi.

Kurangi konsumsi makanan manis

Sebaiknya para ibu hamil mengonsumsi makanan yang sehat dan gizi yang seimbang dan jangan sering makan makanan manis.

Konsumsi kalsium dan makanan tinggi vitamin A dan C

Konsumsilah makanan yang kaya akan vitamin dan mineral, terutama kalsium, selama hamil, untuk membantu memperkuat gigi. Selain itu, makan makanan tinggi vitamin A dan C dianggap efektif untuk melawan peradangan dan penyakit gusi. 

Konsultasi ke dokter gigi

Konsultasikanlah masalah gigi untuk memastikan kebersihan gigi dan merawat organ mulut di dokter gigi adalah cara mengatasi sakit gigi saat hamil yang paling tepat.

Hal ini dikarenakan gigi berlubang dapat membahayakan kesehatan sang janin, sebab gigi berlubang diakibatkan oleh kuman dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Bakteri ini dapat menyebar ke dalam organ tubuh lainnya melalui aliran darah, sehingga dapat mengganggu kesehatan janin dan menghambat perkembangannya. Risiko yang dapat terjadi yaitu keguguran dan prematur.

Obat alami atasi gigi berlubang saat hamil

Selain cara-cara sederhana yang dapat dilakukan menurut World Health Organization (WHO), berikut ini beberapa obat alami yang dapat digunakan untuk atasi gigi yang berlubang saat hamil, antara lain:

Larutan garam

Larutan garam mampu melawan bakteri dan mengusir partikel makanan yang tersangkut, tetapi juga memiliki efek menenangkan. 

Caranya dengan mencampurkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan berkumurlah dengan campuran tersebut.

Cengkeh untuk atasi gigi berlubang saat hamil

Selain dijadikan bumbu dapur, ternyata cengkeh dapat dijadikan obat alami untuk mengatasi sakit gigi. Cengkeh dalam bentuk  jel seringkali digunakan pada gigi dan gusi untuk mengurangi rasa sakit saat penyuntikan oleh dokter gigi.

Cara menggunakan cengkeh sebagai obat alami gigi berlubang juga terbilang mudah. Kamu bisa menyimpan seluruh cengkeh di antara gigi atau oleskan minyak cengkeh pada kapas dan tahan di daerah gigi yang sedang sakit.

Bawang putih

Sudah tak asing lagi bahwa bawang putih memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan, seperti halnya untuk mengatasi gigi berlubang. Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki kandungan alicin atau zat yang memiliki sifat antibakteri dan efek menenangkan instan.

Caranya dengan menghaluskan bawang putih, lalu membungkusnya dengan kapas, dan memegangnya kuat di antara gigi. Tetapi sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter untuk lebih amannya lagi.

Air teh

Teh hitam biasa digunakan untuk mengatasi sakit gigi. Kandungan tanin yang ada di dalam teh hitam dapat berfungsi mengurangi peradangan dan mengurangi pembengkakan. 

Caranya dengan merebus teh dalam air, biarkan hingga dingin, dan bilas. Selain itu kamu bisa juga menyelupkan kantong teh dalam air hangat kemudian berkumur dengannya.

Obati gigi berlubang saat hamil dengan peppermint

Daun peppermint ternyata memiliki sifat menghilangkan rasa sakit yang luar biasa. Kamu cukup merebus beberapa daun mint, dan meminumnya seperti teh peppermint seperti teh. 

Selain itu kamu juga bisa menggunakannya dengan cara berkumur atau dengan mengunyahnya saja. 

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Caranya, buka aplikasi Grab kemudian pilih fitur Kesehatan, atau langsung klik di sini.

  1. endcavities.org diakses 3 Agustus 2020. During Pregnancy. 3 Agustus 2020 pukul 20.30.
  2. bupadental.com.au (2017) diakses 3 Agustus 2020. Which dental treatments are safe when you’re pregnant?. 3 Agustus 2020 pukul 20.45.
  3. medicalnewstoday.com (2017) diakses 3 Agustus 2020. Are there natural ways to prevent cavities?. 3 Agustus 2020 pukul 21.00.
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin