Mengenal Bagian-Bagian Otak dan Fungsinya yang Penting Jadi Pusat Kontrol Tubuh

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Otak adalah organ yang paling kompleks di tubuh manusia. Terdapat berbagai bagian-bagian otak dan fungsinya yang berperan penting bagi kehidupan manusia.

Masing-masing bagian memiliki peran spesifik. Nah, untuk lebih memahaminya, berikut penjelasan secara umum bagian-bagian otak dan fungsinya pada tubuh manusia. 

Mengenal bagian-bagian otak dan fungsinya

Otak bekerja dengan siklus menerima informasi dan menerjemahkannya lalu menghasilkan reaksi dari informasi tersebut. Berikut bagian-bagian otak dan fungsinya yang memainkan peran penting dalam siklus tersebut. 

Otak besar

Seperti namanya, otak besar atau cerebrum adalah bagian terbesar dari otak. Karenanya terdapat beberapa bagian berbeda dan juga dengan fungsi yang berbeda. Berikut pembagiannya:

Otak kanan dan kiri

Otak besar dibagi menjadi dua bagian, kanan dan kiri. Bagian ini dipisahkan oleh celah interhemispheric atau celah longitudinal. 

Masing-masing belahan dibagi lagi menjadi beberapa area. Di mana area tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut pembagian dan fungsinya. 

  • Lobus frontal. Berada di bagian depan otak dan berfungsi untuk mengoordinasikan perilaku, keterampilan motorik, memecahkan masalah, menilai sesuatu, perencanaan dan perhatian. Bagian ini juga memiliki fungsi mengatur emosi dan kontrol impuls.
  • Lobus parietal. Terletak di belakang lobus frontal, yang memiliki fungsi mengatur dan menerjemahkan informasi sensorik dari bagian lain otak. 
  • Lobus temporal. Terletak di kedua sisi otak besar yang sejajar dengan telinga. Bagian ini memiliki fungsi untuk mengoordinasikan memori visual, seperti mengenali wajah. Atau memori verbal, seperti memahami bahasa dan menerjemahkan emosi dan reaksi orang lain. 
  • Lobus oksipital. Bagian terakhir, terletak di bagian belakang. Memiliki fungsi yang penting dalam kemampuan membaca dan mengenali kata-kata dan terkait dengan aspek penglihatan lainnya.

Diencephalon

Bagian ini dibagi lagi menjadi tiga bagian inti, yaitu:

  • Thalamus. Bertindak sebagai pemancar untuk sinyal yang masuk ke otak. Karena itu sangat berperan pada kesadaran, kondisi tidur dan ingatan. 
  • Ephitalamus. Bagian yang menjadi penghubung antara sistem limbik dan bagian otak lainnya. 
  • Hipotalamus. Membantu gerakan tubuh manusia. Terutama pada keseimbangan semua fungsi tubuh. Beberapa fungsi yang umum adalah:
    • Mempertahankan siklus psikologi harian, seperti siklus tidur dan bangun
    • Mengendalikan nafsu makan
    • Mengatur suhu tubuh
    • Mengendalikan produksi dan pelepasan hormon

Batang otak

Bagian ini terletak berdekatan dengan otak kecil dan terhubung ke sumsum tulang belakang. Dibagi menjadi tiga bagian utama. 

  • Otak tengah. Memiliki fungsi mengontrol gerakan mata dan memproses informasi visual. Serta memproses pendengaran.
  • Pons. Merupakan sekelompok saraf yang menghubungkan berbagai bagian otak. Bagian ini juga mengandung saraf kranial. Saraf tersebut memiliki fungsi mengendalikan gerakan wajah dan mengantarkan informasi sensorik ke bagian otak lain. 
  • Medulla oblongata. Ini adalah bagian terendah dari otak. Berperan sebagai pusat kendali untuk fungsi jantung dan paru-paru. Selain itu, juga mengatur fungsi tubuh lain seperti bernapas, menelan hingga bersin. 

Otak kecil

Bagian ini juga disebut cerebellum, yang berada di bagian paling belakang otak dan berfungsi dalam keterampilan motorik halus. Terutama gerak motorik yang melibatkan tangan dan kaki. Juga membantu tubuh mempertahankan postur dan keseimbangan. 

Demikian penjelasan tentang bagian-bagian otak dan fungsinya. Punya pertanyaan lebih lanjut seputar kesehatan otak? 

Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Caranya, buka aplikasi Grab kemudian pilih fitur Kesehatan, atau langsung klik di sini.

Healthline, diakses 28 September 2020 Brain Overview
Medscape, diakses 28 September 2020 Brain Anatomy
Mayfield, diakses 28 September 2020, Anatomy of the Brain

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin