Penyakit Jantung

Mengapa di Usia Muda, Kita Bisa Terkena Serangan Jantung? Ini Penjelasan Medis

March 19, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Penyakit jantung atau sering juga disebut jantung koroner adalah salah satu penyebab utama kematian orang dewasa di Amerika Serikat. Risiko seseorang terkena penyakit jantung semakin tinggi jika mencapai usia 55 tahun untuk wanita dan 45 tahun untuk pria. 

Tetapi bukan berarti orang dewasa muda terbebas dari risiko sakit jantung. Bahkan di usia 20-an mungkin terkena penyakit ini. Menurut data di situs Center for Disease Control and Prevention (CDC), ada sekitar 18.2 juta orang dewasa berusia 20 tahun ke atas yang menderita penyakit jantung koroner. 

Apa yang menyebabkan seseorang terkena penyakit jantung di usia muda?

Gaya hidup yang tidak sehat adalah salah satu faktor penyebab timbulnya penyakit jantung di usia muda. Makan makanan yang tidak sehat, minum minuman beralkohol berlebihan hingga kurang kegiatan fisik, dapat menyebabkan kegemukan, tekanan darah tinggi dan diabetes. 

Di mana itu semua adalah faktor risiko terjadinya penyakit jantung. Selain dari yang sudah disebutkan, masih ada berbagai penyebab seseorang terkena penyakit jantung sebelum berusia 50 tahun. Berikut penyebabnya sebagaimana menurut Heart.org.

Merokok 

Merokok dapat meningkatkan risiko penyakit jantung hingga 8 kali lipat. “Jika kamu termasuk dewasa muda yang ingin menghindari serangan jantung, hal terpenting yang bisa dilakukan adalah tidak merokok,” kata Dr. Willie Lawrence, kepala kardiolohi di Research Medical Center di Kansas City. 

Kolesterol tinggi

Kolesterol tinggi bisa terjadi karena pola makan yang tidak sehat. Kondisi genetik hiperkolesterolemia familial juga bisa menyebabkan kolesterol tinggi dan berujung dengan penyakit jantung koroner. 

Orang dengan penyakit hiperkolesterolemia familial biasanya lebih cepat mengembangkan kondisi jantung koroner. Itu sebabnya orang yang memiliki kelainan genetika tersebut akan menjalani perawatan untuk mencegah terjadinya penyakit jantung. 

Depresi

Meski termasuk dalam gangguan mental, tapi ternyata depresi juga berpengaruh pada kesehatan jantung. Di mana depresi melepaskan hormon stres dan meningkatkan bahan kimia yang menyebabkan penyempitan arteri. 

Depresi juga berdampak pada gaya hidup, seperti pola makan. Makan makanan tidak sehat dapat memperburuk kondisi kesehatan, apalagi ditambah tidak berolahraga. 

“Jika mengalami depresi, akan memengaruhi gaya hidup. Makan jadi tidak sehat, diet buruk, tidak berolahraga, tidak bisa tidur nyenyak dan tidak bersosialisasi, kata Dr. Gazala Parvin

Kondisi depresi yang seperti inilah yang kemudian membuat seseorang lebih rentan terkena penyakit jantung. Sehingga saat ada remaja yang mengalami depresi membutuhkan pantauan agar terhindar dari penyakit jantung. 

Komplikasi kehamilan

Saat hamil wanita bisa mengalami preeklampsia, diabetes gestasional dan  pertambahan berat badan yang drastis. Jika kehamilan berisiko seperti itu, akan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dini. 

Jika penyakit jantung berkembang saat kehamilan, memengaruhi terjadinya persalinan prematur.

“Persalinan prematur sering terjadi karena sistem vaskular ibu dan bayi terganggu, sehingga pembuluh darah tidak dapat mendukung waktu kehamilan lebih lama,” kata seorang ahli, Dr. Maria Sophocles, dilansir dari Heart.org.

Ras

Sekitar 3 dari 4 orang dewasa kulit hitam mengalami tekanan darah tinggi di usia 55 tahun. Tekanan darah tinggi adalah salah satu faktor risiko penyakit jantung dan prevalensinya pada orang kulit hitam di Amerika Serikat termasuk yang tertinggi di dunia. 

Faktor lainnya penyebab penyakit jantung di usia muda

Selain yang sudah disebutkan, ada satu lagi faktor penyebab seseorang terkena penyakit di usia muda. Yaitu faktor genetik atau keturunan. Jika ada keluarga dengan riwayat penyakit jantung, maka kamu termasuk orang yang berisiko. 

Jika kamu adalah orang berisiko ada baiknya menjaga kesehatan sebagai upaya pencegahan terbebas dari penyakit jantung di usia 20-an. 

Langkah pencegahan penyakit jantung

Menjalani gaya hidup sehat adalah salah satu cara paling efektif untuk mencegah penyakit jantung, serangan jantung dan stroke. Gaya hidup sehat yang dimaksud antara lain:

  • Olahraga secara teratur
  • Pola makan sehat
  • Mempertahankan berat badan yang sehat
  • Berhenti atau tidak merokok
  • Cukup minum
  • Mengelola stres dengan baik
  • Minum suplemen
  • Rutin melakukan pemeriksaan fisik tahunan
  • Mewaspadai adanya tanda-tanda penyakit jantung

Tetaplah menjalankan pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit jantung di usia muda ya!

Punya pertanyaan lebih lanjut? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 19 Maret 2021
Causes and Risks of Heart Disease
CDC, diakses 19 Maret 2021
Heart Disease Facts
Heart.org, diakses 19 Maret 2021
5 reasons you could develop heart disease before 50
Texas Heart Institute, diakses 19 Maret 2021
Heart Disease Risk Factors for Children and Teenagers

    register-docotr