Parenting

Moms Wajib Tahu, Begini Cara Menambah Nafsu Makan pada Balita

July 16, 2020 | Arianti Khairina | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Saat melihat anak mulai kehilangan nafsu makan, tentu sebagai orang tua merasa bingung dan sedih. Namun jangan khawatir Moms! Berikut ini beberapa tips menambah nafsu makan balita yang dijamin efektif. 

Tips menambah nafsu makan balita 

Anak-anak khususnya balita, memang sangat pemilih dalam hal makanan. Sebagai orang tua, menghadapi kondisi tersebut memang sangat sulit, terutama membedakan mana makanan yang disukai dan tidak disukai. 

Balita adalah fase di mana mereka harus tumbuh dan berkembang dengan baik. Salah satu cara agar mereka tumbuh dan berkembang yaitu memberikan berbagai asupan nutrisi yang dibutuhkan, namun terkadang kendalanya adalah kecilnya nafsu makan pada anak. 

Demi menghindari hal tersebut kamu bisa mulai terapkan beberapa tips ini agar nafsu makan anak mulai kembali meningkat.

Baca juga: Jangan Kaget! Ini Perkembangan Anak 5 Tahun yang Perlu Moms Tahu

1. Minum air putih sebelum makan

Dilansir dari NDTV Food, awali hari anak dengan memberikan segelas air putih. Perlu kamu ketahui bahkan sebelum memberikan susu di pagi hari, pastikan anak sudah minum air terlebih dahulu. 

Sangat disarankan, sebaiknya buat si buah hati agar minum air putih setidaknya 30 menit sebelum makan. Air cenderung mengaktifkan cairan pencernaan dan enzim yang meningkatkan nafsu makan dan juga meningkatkan pencernaan.

2. Jangan memaksakan anak

Sebagai orang hindari sebisa mungkin perilaku memaksa untuk membuat anak makan. Hal tersebut justru dapat memancing rasa tegang pada anak saat jam makan.

Kondisi pemaksaan untuk makan seperti ini jika terjadi berulang kali, malah akan membuat anak tidak sensitif pada rasa laparnya di kemudian hari. 

3. Tawarkan makan setiap dua jam

Coba tawari makanan pada anak setiap beberapa jam. Tiga makanan standar mungkin tidak cukup meningkatkan sistem pencernaan untuk membuat mereka merasa lapar.

Makan teratur dua jam sekali justru akan membantu nafsu makan mereka meningkat. 

4. Berikan camilan

Moms, pastikan camilan yang kamu berikan memiliki kandungan nutrisi yang sama bagusnya dengan makanan utama ya. Daripada kue, tak ada salahnya tawarkan sandwich atau sereal. Pikirkan pengganti yang sehat untuk camilan dan perhatikan perubahan dalam selera makan pada anak.

5. Buat tampilan yang menarik pada makanan

Pastikan kamu tidak memberikan menu makanan yang sama secara terus-menerus setiap harinya. Hal tersebut tentu akan membuat anak bosan dan langsung menolak makanan yang diberikan. 

Cara lain agar anak tidak bosan dengan menu, kreasikan atau ciptakan aneka makanan dengan hiasan beragam. Selain menumbuhkan rasa penasaran pada anak, cara ini juga untuk menyiasati agar si kecil ingin mencoba menu baru.

6. Hindari beri minum saat makan

Demi menjaga nafus makan pada anak sebaiknya jangan terlalu sering memberikan air minum ketika sedang mengonsumsi makanan. 

Hal tersebut dapat membuat anak cepat merasa kenyang. Sangat disarankan untuk memberikan beberapa minuman seperti jus, teh, atau minuman lain pada anak setelah selesai makan.

7. Porsi makan

Pastikan porsi makan pada anak tidak terlalu banyak di setiap suapannya. Hal tersebut menjaga nafsu makan tetap meningkat. 

Tawarkan camilan terlebih dahulu jika nafsu makan mulai berkurang. Sehingga perlahan keinginan mereka untuk makan akan meningkat dengan sendirinya. 

Moms, ada baiknya menawarkan suapan awal dengan porsi yang sedikit terlebih dahulu sampai anak mulai makan sendiri dan menyesuaikan dengan porsi yang diinginkan. 

8. Konsultasi dokter

Jika beberapa cara di atas tidak kunjung memberikan peningkatan pada nafsu makan anak. Ada baiknya kamu sebagai orang tua mulai melakukan konsultasi dengan dokter. 

Ketika seorang anak kekurangan vitamin dan zat mineral tertentu, seperti zinc, tentu dapat menurunkan nafsu makan dan memicu gangguan indera pengecap.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Food.ndtv.com (2017) diakses 10 Juli 2020. 5 Brilliant Tips to Increase Your Child’s Appetite
  2. Flintobox.com (2020) diakses 10 Juli 2020. 20 Tips To Increase Your Child’s Appetite
  3. Parenting.firstcry.com (2018) diakses 10 Juli 2020. Loss of Appetite in Kids – Causes and Remedies
  4. Wikihow.mom (2019) diakses 10 Juli 2020. How to Increase a Toddler’s Appetite

 

    Berita Terkait
    register-docotr