Kesehatan Anak

Daftar Penyakit pada Anak yang Harus Moms Waspadai: mulai dari Batuk hingga Sakit Telinga

July 18, 2020 | Dani Kosasih | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Penyakit pada anak biasanya disebabkan oleh virus dan bakteri. Alasan yang paling umum anak mudah terserang penyakit karena pada usia pertumbuhan, sistem kekebalan tubuh pada anak masih berkembang.

Selain itu, anak juga lebih sering melakukan aktivitas yang melibatkan orang banyak, seperti sekolah atau bermain. Sehingga, kemungkinan anak terpapar bakteri dan virus pun cukup besar.

Penyakit pada anak

Dibandingkan dengan orang dewasa, anak-anak, khususnya di bawah sepuluh tahun memiliki imunitas yang masih sangat rentan terserang penyakit.

Beberapa penyakit yang umum menyerang orang dewasa, akan memiliki efek berbeda jika terjadi pada anak-anak. Kemungkinan paling fatal, bahkan bisa menjadi berbahaya apabila terjadi pada anak di bawah lima tahun.

Berikut beberapa jenis penyakit pada anak yang umum terjadi.

Sakit tenggorokan

Penyakit ini sering terjadi pada anak-anak dan terkadanag bisa menjadi sangat sakit. Sakit tenggorokan yang disebabkan oleh virus tidak membutuhkan antibiotik sehingga tidak memerlukan obat khusus.

Namun, pada beberapa kasus, ada juga sakit tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi yang disebut streptokokus atau radang tenggorokan.

Radang tenggorokan

Radang tenggorokan tidak dapat didiagnosis secara akurat hanya dengan melihat tenggorokannya saja. Dibutuhkan tes laboratorium atau tes radang yang mencakup usap atau swab tenggorokan untuk mendiagnosis radang.

Jika positif, dokter akan memberikan resep antibiotik sesuai kebutuhan tubuh anak. Sangat penting bagi Moms untuk memastikan anak meminum antibiotik sesuai resep walaupun gejalanya telah membaik atau hilang.

Radang tenggorokan pada bayi dan balita

Walaupun bayi dan balita jarang terkena radang tenggorokan, namun bayi dan balita masih lebih mungkin terinfeksi oleh bakteri streptokokus. Apalagi jika memiliki saudara yang lebih tua yang menderita penyakit radang tenggorokan.

Sakit telinga

Beberapa penyebab sakit telinga pada anak adalah infeksi telinga (otitis media), infeksi kulit di saluran telinga, tekanan karena infeksi pilek atau sinus atau sakit gigi yang menjalar dari rahang ke telinga.

Untuk membedakan, Moms bisa membawa anak ke dokter untuk melakukan pemeriksaan agar mendapatkan diagnosis yang akurat.

Banyak infeksi telinga yang sebenarnya disebabkan oleh virus dan tidak memerlukan antibiotik.

Namun jika sakit telinga anak disertai dengan demam tinggi atau memiliki tanda-tanda penyakit lain, dokter akan memberikan antibiotik seperti amoksilin untuk pengobatan pertama.

Infeksi saluran pernapasan

Infeksi saluran pernapasan pada anak biasanya disebabkan oleh virus atau bakteri. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, sekitar 150.000 anak per tahun dirawat di rumah sakit karena infeksi saluran pernapasan ini.

Infeksi saluran pernasan diawali dengan demam disertai rasa sakit saat menelan dan batuk kering atau berdahak.

Batuk

Kondisi batuk pada anak biasanya disebabkan oleh virus. Jika anak mengalami batuk, Moms harus memerhatikan bahwa pemberian obat batuk pada anak tidak dianjurkan untuk anak usia empat tahun ke bawah.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa obat batuk tidak bekerja pada anak dengan usia empat tahun dan lebih muda. Bahkan malah berpotensi menimbulkan efek samping yang serius.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

1. healthychildren.org. Diakses 13 Juli 2020. https://www.healthychildren.org/English/health-issues/conditions/treatments/Pages/10-Common-Childhood-Illnesses-and-Their-Treatments.aspx

2. webmd.com. Diakses 13 Juli 2020. https://www.webmd.com/children/guide/childhood-illnesses-get-facts#1

3. parents.com. Diakses 13 Juli 2020. https://www.parents.com/health/the-10-most-common-childhood-illnesses/

    register-docotr