Kesehatan Anak

Jangan Sembarangan, Ini Pilihan Obat Sakit Gigi Aman untuk Anak

November 7, 2020 | Dani Kosasih | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Obat sakit gigi anak harus diberikan dengan perhatian khusus dan tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Saat anak mengalami sakit gigi, pemberian jenis obat dan perawatannya pun berbeda dengan orang dewasa.

Moms harus memahami bahwa penyebab sakit gigi pada anak bisa bermacam-macam. Mulai dari infeksi bakteri, gigi berlubang atau proses tumbuh gigi.

Obat sakit gigi anak

Berikut ini dua jenis obat sakit gigi anak yaitu alami dan medis:

Obat sakit gigi anak tradisional

Jika kondisi sakit gigi anak masih dalam tahap ringan tanpa gejala yang dianggap berbahaya, Moms bisa memberikan beberapa jenis perawatan rumahan yang alami.

Beberapa jenis perawatan yang bisa Moms lakukan, seperti:

Berkumur dengan air garam

Bila gigi anak sakit disebabakan oleh iritasi ringan, Moms bisa memberikan air garam untuk dikumur. Perawatan dengan cara ini merupakan pengobatan tahap awal dan paling sederhana.

Air garam sendiri dipercaya sebagai desinfektan alami dan dapat membantu melonggarkan partikel makanan dan kotoran yang mungkin tersangkut di antara gigi anak.

Menurut jurnal Plos One, berkumur dengan air garam dipercaya mampu membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka pada mulut.

Untuk menggunakannya, Moms bisa mencampurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan gunakan sebagai obat kumur.

Memberikan kompres air dingin

Berikan kompres air dingin pada bagian luar pipi anak dekat dengan area gigi yang sakit. Kompresnya bisa berbentuk gel yang didinginkan atau dengan handuk yang dibasahi air dingin selama 20 menit.

Bantu anak untuk memegangi kompres guna mengurangi tekanan dan pembengkakan di dalam mulut.

Manfaatkan khasiat bawang putih

Bawang putih memiliki khasiat sebagai obat. Sebuah penelitian mengatakan bahwa khasiat bawang putih mampu menjadi obat pereda nyeri.

Moms bisa memberikan bawang putih yang telah dihancurkan dan oleskan ke daerah gigi yang sakit.

Obat sakit gigi anak di apotik

Selain perawatan rumahan, Moms juga bisa memberikan beberapa obat medis yang banyak tersedia di apotek. Beberapa obat apotek yang bisa dipilih adalah:

Parasetamol

Parasetamol merupakan obat yang banyak dikenal sebagai obat penurun panas dan pereda nyeri, termasuk sakit gigi. Untuk anak, berikan dosis paracetamol sesuai dengan berat badan ya.

Ibuprofen

Selain parasetamol, obat sakit gigi anak yang mengandung ibuprofen juga bisa Moms gunakan. Berbeda dengan parasetamol, penggunaan ibuprofen bisa dilakukan berulang setiap 6 atau 8 jam sekali.

Jangan lupa untuk selalu memerhatikan dosis dan petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan ya, Moms. Jika kondisi sakit gigi anak tidak kunjung hilang, ada baiknya juga segera membawa anak ke dokter gigi.

Meskipun ada begitu banyak cara untuk mengatasi sakit gigi berbulang pada anak, namun cara terbaik adalah melakukan pencegahan agar sakit gigi tidak terjadi.

Oleh sebab itu, sangat perlu mengajari anak untuk melakukan beberapa hal, serta mengadakan pengawasan rutin setiap hari mengingat anak mudah bosan dan belum tahu pentingnya menjaga kesehatan dengan baik dan benar.

Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk pencegahan munculnya gigi berlubang yaitu, rajin membersihkan dan merawat gigi. Tak ada salahnya jika kamu berkonsultasi juga kepada dokter dan melakukan pemeriksaan rutin gigi.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

1. journals.plos.org (2016). Diakses 13 Juli 2020. https://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0159843

2. ncbi.nlm.nih.gov. Diakses 13 Juli 2020. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4103721/

3. healthline.com (2017). Diakses 13 Juli 2020. https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/home-remedies-for-toothache#salt-water-rinse

4. drugs.com (2020). Diakses 13 Juli 2020. https://www.drugs.com/paracetamol.html

5. healthychildren.org. Diakses 13 Juli 2020. https://www.healthychildren.org/English/safety-prevention/at-home/medication-safety/Pages/Ibuprofen-for-Fever-and-Pain.aspx

    Berita Terkait
    register-docotr