Kehamilan

Ingin Menghitung HPL Sendiri? Berikut Caranya Moms!

November 7, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Pengalaman hamil dan melahirkan pastinya membahagiakan, apalagi jika kehamilan yang pertama. Moms pasti tidak sabar untuk mengetahui hari perkiraan lahir (HPL). Tapi, sayangnya masih banyak ibu hamil yang bingung bagaimana cara menghitung HPL.

Tanggal melahirkan bukanlah sesuatu yang pasti. Jadi sebelum mengetahui cara menghitung HPL, Moms perlu memahami, jika hasil perhitungan bisa saja berbeda dengan tanggal asli saat nanti Moms melahirkan.

Memahami waktu kehamilan

Sebelum menghitung tanggal melahirkan, Moms harus memahami konsep umum dari lamanya kehamilan. Kehamilan berlangsung rata-rata 280 hari atau 40 minggu sejak hari pertama haid terakhir (HPHT).

Walaupun sebenarnya saat HPHT Moms belum benar-benar hamil, tapi sudah dimasukkan dalam perhitungan. Biasanya juga, Moms baru akan benar-benar hamil sekitar 2 minggu kemudian.

Cara menghitung HPL

Setelah memahami konsep lama kehamilan di atas, Moms bisa mulai menghitung tanggal melahirkan. Ada dua cara yang bisa digunakan. Yaitu untuk Moms yang memiliki siklus menstruasi teratur 28 hari dan untuk Moms yang siklus menstruasi tidak teratur.

Cara menghitung tanggal melahirkan jika siklus menstruasi teratur

Umumnya siklus menstruasi berjalan selama 28 hari. Jika siklus menstruasi Moms teratur selama 28 hari, Moms dapat menggunakan aturan naegele untuk menghitung HPL sendiri, rumusnya yaitu:

HPHT + 7 hari – 3 bulan

Ditambahkan satu tahun untuk penyesuaian. Misalkan:

HPHT 1 Oktober 2020

  • Ditambah 7 hari menjadi 8 Oktober 2020.
  • Dikurangi 3 bulan menjadi 8 Juli 2020.
  • Kemudian ditambah satu tahun. Berarti, tanggal melahirkan: 8 Juli 2021.

HPHT 1 Februari 2020

  • Ditambah 7 hari menjadi 8 Februari.
  • Dikurangi 3 bulan, 8 November 2019.
  • Ditambah satu tahun, tanggal melahirkan menjadi: 8 November 2020.

Cara menghitung HPL jika siklus menstruasi tidak teratur

Tidak perlu khawatir, karena Moms masih bisa memperkirakan tanggal melahirkan dengan menggunakan rumus parikh yaitu:

Rumus parikh: HPTP + 9 bulan + (lama siklus menstruasi – 21 hari)

Misalnya saja, jika HPTP adalah 1 November 2020 dengan siklus menstruasi 35 hari, maka:

  • 1 November 2020+9 bulan: 1 Agustus 2021.
  • Lalu ditambah 35 hari (siklus menstruasi) dan dikurangi 21 hari.
  • Jadi HPL yang kamu miliki adalah, 1 Agustus 2021+14 hari: 15 Agustus 2021.

Bagaimana cara menghitung HPL jika Moms tidak mengingat tanggal HPHT?

Jangan khawatir, banyak Moms yang juga mengalami hal ini. Jika ini terjadi, Moms bisa langsung konsultasikan kepada dokter kandungan.

  • Dokter biasanya akan menanyakan perkiraan minggu HPHT dan akan memperkirakan HPL.
  • Jika sama sekali tidak ingat minggu terakhir menstruasi atau tidak mengingat kapan terakhir kali menstruasi, dokter akan menentukan tanggal melahirkan melalui pemeriksaan ultrasonografi (USG).

Apakah ada cara lain untuk mengetahui tanggal melahirkan?

Dokter memiliki beberapa cara lain untuk memperkirakan HPL. Beberapa di antaranya:

  • Mengukur tinggi fundus

Fundus adalah ukuran ujung tulang panggul sampai ke bagian paling atas perut ibu hamil. Saat usia kehamilan sudah 20 minggu atau lebih, ukuran tinggi fundus seringkali sama angkanya dengan usia kehamilan. Dari sana dokter akan menentukan perhitungan HPL Moms.

Misalkan dari pertama kali detak jantung bayi terdengar. Biasanya dimulai pada minggu ke-9 atau 10. Atau dari pergerakan janin, Biasanya dimulai saat kehamilan berusia 18 hingga 22 minggu.

Selain dua cara tersebut, Moms juga bisa menggunakan aplikasi kehamilan yang bisa diakses melalui smart phone, atau melalui situs yang menyediakan kalkulator usia kehamilan.

Apakah perhitungan HPL yang sudah ditetapkan bisa berubah?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa cara menghitung HPL bukanlah satu yang pasti. Dokter bisa saja mengubah perkiraan tanggal melahirkan.

Umumnya terjadi saat melakukan pemeriksaan USG. Dokter dapat mengubah perhitungan HPL saat melakukan USG di trimester pertama. Ini mungkin terjadi jika Moms memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur, sehingga lebih sulit menentukan usia kehamilan yang tepat.

Demikian cara menghitung HPL untuk menentukan tanggal melahirkan yang bisa Moms lakukan sendiri di rumah. Jika memiliki pertanyaan lain seputar kehamilan atau seputar persiapan melahirkan, Moms bisa konsultasikan langsung dengan dokter kami.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 27 Oktober 2020
How to Calculate Your Due Date
Babycenter, diakses 27 Oktober 2020
Pregnancy Due Date Calculator
Whattoexpect, diakses 27 Oktober 2020
Due Date Calculator
Hopkinsmedicine.org, diakses 27 Oktober 2020
Calculating a Due Date

    register-docotr