Kesehatan Anak

Daftar Ciri-ciri dan Perkembangan Kognitif Anak saat Usia Emas 1-5 Tahun

November 4, 2020 | Arianti Khairina | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Sebagian besar orangtua selama tahap perkembangan anak akan lebih memperhatikan dan selalu ingin memberikan yang terbaik.

Saat anak usia 1-5 tahun pertama, mereka sebagai tonggak penting karena menandai transisi dari bayi ke balita. Lalu apa saja perkembangan kognitif anak usia 1-5 tahun?

Apa saja perkembangan kognitif anak usia 1-5 tahun? 

Dilansir dari GoodtoKnow, perkembangan kognitif anak dapat dilihat pada setiap pertambahan usianya. Berikut ini penjelasannya:  

1. Perkembangan anak usia 1 tahun 

Anak akan mengalami masa perkembangan pesat dalam 12 bulan antara ulang tahun pertama dan kedua. Orangtua biasanya tidak sabar menunggu si kecil belajar berjalan dan berbicara.

Namun, ingatlah bahwa anak-anak berkembang dengan kecepatannya sendiri. Jadi cobalah untuk tidak membandingkan anak dengan orang lain ya.

Sebagian besar anak akan mengambil langkah pertama dan mengucapkan kata-kata pertama saat mereka berusia 18 bulan. Tak hanya itu saja ini daftar perkembangan lainnya yang akan Moms rasakan ketika anak berusia 1 tahun:

  • Perubahan fisik anak usia 1 tahun, saat mereka belajar berjalan, berlari dan menaiki tangga, kekuatan otot dan keseimbangan yang meningkat akan membuat anak mungkin akan dapat berdiri tanpa sandaran selama beberapa saat segera setelah usianya 1 tahun.
  • Sebagian besar anak, pada tahap perkembangan usia 1-5, akan dapat menggunakan satu atau dua kata. Kemudian 6-20 kata dapat dikenali pada saat mereka berusia 18 bulan, dan akan memiliki kosakata sekitar 50 kata tunggal pada saat mereka berusia dua tahun.
  • Anak membutuhkan banyak cinta dan kasih sayang untuk membuat mereka merasa bahagia dan aman selama tahap perkembangan usia 1-5. Mereka cenderung memiliki beberapa keterikatan dekat dengan orangtua, kakek-nenek, dan mungkin pengasuh anak yang terpercaya.

2. Perkembangan anak usia 2 tahun

  • Perubahan fisik ini akan terjadi ketika anak berusia 2 tahun. Mereka akan mulai berjalan dan percaya diri pada kakinya untuk berdiri. 
  • Perkembangan emosional, mulai mengekspresikan berbagai macam emosi. Jadi bersiap untuk perubahan suasana hati yang dramatis saat mereka belajar bagaimana mengelola perasaan mereka.

Tantangan menghadapi anak usia 2 tahun yaitu anak akan lebih sering merasakan lelah karena perubahan perilaku dan kebiasaan. Sebaiknya pastikan anak tidur sekitar 12 jam setiap hari, termasuk tidur siang.

Baca juga: Perkembangan Bayi 6 Bulan: Mulai Konsumsi Makanan Padat Pertamanya

3. Perkembangan anak usia 3 tahun 

  • Perubahan fisik lainnya, anak akan mulai menunjukkan apakah dirinya kidal atau tidak. Untuk mengembangkan otot besar pada anak yang berusia 3 tahun, mulailah untuk ajak mereka melakukan aktivitas seperti mengayuh sepeda, memanjat dan menggunakan skuter. 
  • Pada usia ini, anak akan mulai lebih terbiasa untuk membuat kalimat pendek. 
  • Saat anak berada di usia ini, sebagai orang tua sebaiknya lebih berhati-hati menjaga perasan. Mereka akan lebih peka terhadap perasaan orang-orang disekitarnya. 

4. Perkembangan anak usia 4 tahun 

  • Tahun keempat anak pada umumnya akan mengalami pertumbuhan badan yang cepat. Mereka akan bertambah tinggi sebanyak 4 cm per tahun. 
  • Komunikasi pada usia 4 tahun, anak dapat berbicara dengan jelas dan membuat dirinya dipahami oleh orang dewasa. Mereka mungkin masih kesulitan mengucapkan beberapa suara – terutama ‘th’, ‘r’, ‘ch’, ‘j’ dan ‘l’, dan mungkin perlu satu atau dua tahun lagi untuk menguasainya.
  • Perkembangan emosional, pada usia empat tahun, kebanyakan anak dapat menunjukkan berbagai emosi  dan bahkan dapat mulai membayangkan bagaimana perasaan orang lain. 

Saat mereka mulai mengembangkan rasa diri yang lebih kuat, kamu juga akan melihat bahwa anak akan membutuhkan lebih banyak privasi atau waktu untuk dirinya sendiri.

Jika kamu memiliki ruang, cobalah memberi anak kamar sendiri, atau sudut khusus untuk mereka bermain dengan teman atau mainan mereka.

5. Perkembangan anak usia 5 tahun 

  • Perubahan fisik pada anak usia 5 tahun secara fisik lebih kuat, bisa berlari lebih cepat, menyeimbangkan dengan satu kaki dan melempar lebih jauh. Beberapa anak, pada saat usia ini akan mulai kehilangan gigi susunya. 
  • Anak akan mulai dapat melakukan percakapan, dan mungkin dapat menggambarkan peristiwa serta mengulangi cerita favorit.
  • Keterampilan sosial
  • Anak-anak seusia ini akan dengan senang hati menghabiskan waktu lama bermain dengan teman-temannya. Namun, pada tahap ini, anak-anak suka menjadi yang terbaik dan mungkin marah jika mereka tidak memenangkan permainan atau menjadi yang pertama. 

Hal ini dapat menyebabkan masalah dengan anak-anak lain, jadi penting untuk menjelaskan kepada anak bahwa keikutsertaan lebih penting daripada menang dan mencegah mereka membual tentang pencapaiannya kepada orang lain.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Goodtoknow.co.uk (2020) diakses pada 2 November 2020. Child development stages: Ages 1-5 the early years
  2. Healthline.com (2019) diakses pada 2 November 2020. Ages and Stages: How to Monitor Child Development 
    register-docotr