Kesehatan Anak

Benarkah Senam Otak Bisa Tingkatkan Fokus dan Kreativitas Anak?

October 17, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Senam otak merupakan serangkaian latihan sederhana yang bisa membantu meningkatkan fungsi otak. Meskipun awalnya dirancang untuk anak-anak, namun latihan ini terbukti efektif untuk orang dewasa juga.

Perlu diketahui, anak yang rutin melakukan senam otak bisa menambah kecerdasan sehingga membantu perkembangan mentalnya. Nah, untuk mengetahui penjelasan mengenai senam otak lebih lanjut yuk simak informasi lengkapnya.

Baca juga: Biar Tubuh Makin Sehat, Kamu Perlu Tahu Gerakan Dasar Senam Aerobik Berikut Ini

Bisakah senam otak meningkatkan kecerdasan anak?

Dilansir dari Stylecraze.com, senam otak bisa membantu meningkatkan keterampilan kognitif sehingga membuat anak lebih unggul dari temannya.

Sebagian besar perkembangan otak anak terjadi dalam beberapa tahun pertama kehidupannya sehingga menerapkan senam otak pada usia dini bisa membantunya.

Sama seperti latihan lain yang dilakukan untuk memperkuat otot, senam otak dapat merangsang aktivitas otak. Latihan ini biasanya berisi gerakan yang membantu telinga, mata, kepala, dan koordinasi tubuh anak secara keseluruhan.

Beberapa manfaat lain dari senam otak yang dilakukan anak pada usia dini, antara lain:

  • Membantu ingatan lebih tajam dan unggul.
  • Meningkatkan kepercayaan diri.
  • Memulihkan kesehatan dan harmoni.
  • Meningkatkan kreativitas dan keterampilan komunikasi.
  • Memberi dorongan saat menghadapi kekecewaan atau penolakan.

Senam otak memiliki beragam gerakan sehingga perkembangan anak bisa terjadi secara signifikan. Pastikan juga untuk berbicara terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui gerakan senam otak paling tepat yang bisa diajarkan pada anak.

Apa saja gerakan dari senam otak?

Senam otak berisi gerakan yang dapat membantu meningkatkan konsentrasi, koordinasi, akademisi, kemampuan berorganisasi, dan tanggung jawab diri. Beberapa gerakan senam otak yang disarankan, yakni sebagai berikut:

Double doodle

Senam otak satu ini adalah latihan menggambar bilateral dimana anak melakukannya dengan kedua tangan. Manfaat dari latihan ini bisa membantu meningkatkan beberapa keterampilan khusus, seperti mempelajari akurasi ejaan, menulis, pengenalan simbol, dan perhitungan.

Cross crawl

Cross crawl atau penjelasan silang merupakan latihan dengan menggerakkan lengan kiri dan kaki kanan secara perlahan. Gerakan lambat dapat meningkatkan koordinasi mental dan perhatian anak sehingga membantu melepaskan stres serta lebih berkonsentrasi pada studi.

Lazy eight’s

Latihan ini mengharuskan anak untuk menggambar angka delapan baik di selembar kertas atau  di udara menggunakan tangan.

Lazy eight’s dapat membantu mengendurkan otot-otot di lengan dan pergelangan tangan, mengaktifkan sisi kreatif anak, hingga meningkatkan koordinasi otot mata atau penglihatan perifer.

The owl

The owl atau burung hantu merupakan latihan dengan membiarkan anak duduk dengan nyaman dan bawa salah satu tangannya ke bahu yang berlawanan.

Biarkan anak memegang tangan dengan stabil dan sedikit mencubit bahu di dekat otot trapezius lalu putar kepala perlahan, lalu tarik napas dalam-dalam.

Hook ups

Untuk latihan ini, minta anak untuk berdiri, duduk, atau berbaring. Biarkan anak menyilangkan pergelangan kaki kanan lalu letakkan tangan dengan jari-jari terjalin di dada dan tarik napas dalam-dalam.

Latihan ini memungkinkan pikiran dan tubuh anak menjadi rileks dan membantu mengurangi stres.

Gravitational glider

Gerakan atau latihan satu ini dilakukan dengan membuat anak duduk tegak di kursi lalu minta untuk meregangkan kaki. Biarkan anak menyilangkan kaki kanan di atas pergelangan kaki kiri. Selanjutnya, minta anak menarik napas dalam dan condongkan tubuh ke depan untuk meraih kakinya.

The thinking cap

Pada latihan ini, anak diharuskan memegang kedua telinganya dengan ibu jari dan jari telunjuk lalu menggulung dan buka gulungan bagian luar telinganya. The thinking cap bisa membantu meningkatkan memori jangka pendek, pendengaran, dan penglihatan tepi anak.

Siapa yang perlu menerapkan senam otak?

Latihan senam otak ini bagus untuk mempelajari dan membangun keseimbangan postur tubuh. Selain itu, manfaat lain yang mungkin dirasakan adalah meningkatkan perhatian, ucapan, memori, dan fungsi kognitif.

Karena itu, senam otak efektif dilakukan oleh anak-anak pada masa pertumbuhan hingga orang dewasa. Untuk mengetahui manfaat senam otak lebih lanjut, bicaralah dengan terapis atau dokter dan mulailah melatih otak dengan latihan ini.

Baca juga: Ingin Bulu Mata Panjang dan Sehat? Simak, Begini Cara Alami yang Bisa Dilakukan!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Stylecraze.com (2020), diakses 15 Oktober 2020. 15 Easy Brain Gym Exercises To Improve Focus And Memory
  2. Firstcry.com (2017), diakses 15 Oktober 2020. 10 Best Brain Gym Exercises for Kids 
  3. Momjunction.com (2019), diakses 15 Oktober 2020. Top 10 Brain Gym Exercises For Kids
    register-docotr