Info Parenting

Moms, Jangan Kehilangan Momen, Inilah Timeline Pertumbuhan Gigi Bayi

June 19, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Moms, pertumbuhan gigi bayi sebenarnya sudah dimulai sejak masih dalam kandungan. Nutrisi yang baik dari Moms selama masa kehamilan menjadi penting bagi perkembangan gigi si kecil.

Pada masa kehamilan, Moms harus banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium, fosfor, vitamin C dan vitamin D. Hindari penggunaan beberapa pengobatan seperti tetracycline yang dapat menyebabkan gangguan pada perkembangan gigi bayi yang belum lahir ini.

Tahapan perkembangan gigi

Secara umum ada 4 tahapan perkembangan gigi pada bayi sebagai berikut:

  • Tahap pertama dimulai sekitar 6 minggu pada masa kehamilan. Pada tahap ini substansi dasar dari gigi terbentuk.
  • Selanjutnya, jaringan keras yang menyelimuti gigi terbentuk pada sekitar 3 atau 4 bulan masa kehamilan.
  • Setelah bayi dilahirkan, tahapan selanjutnya akan dimulai saat gigi mulai menonjol dari gusi.
  • Tahap akhir adalah pada saat bayi mulai kehilangan gigi bayi atau primer mereka.

Munculnya gigi bayi

Gigi bayi dan waktu tumbuh dan tanggalnya. Foto: https://www.stanfordchildrens.org/

Kemunculan gigi bayi atau biasa disebut gigi primer atau gigi susu ini biasanya dimulai dari dua gigi depan bawah, lalu akan diikuti dua gigi depan atas dan sisanya akan muncul dalam beberapa tahun.

Gigi akan tumbuh saat berusia sekitar 6-12 bulan. Lalu gigi permanen mereka akan mulai muncul pada usia 5 dan 6 tahun.

Pertumbuhan gigi bayi berdasarkan waktunya adalah sebagai berikut:

Lima bulan

Periode ini biasanya terjadi pada bulan ke-4 hingga ke-7 dari usia bayi. Di periode ini, gusi bayi akan terlihat bengkak dan merah di lokasi di mana gigi akan tumbuh.

Bayi kemungkinan akan memiliki satu pipi merah dan mulai mengunyah apapun lebih dari pada biasanya. Beberapa bayi merasa sensasi ini menyakitkan dan beberapa tidak merasa sakit sama sekali.

Pada periode ini bayi akan terlihat lebih resah dan mengeluarkan air liur lebih banyak. Untuk itu, Moms harus bisa memberikan rasa nyaman pada mereka, ya!

Enam bulan

Periode ini biasanya berlangsung selama usia lima bulan hingga 10 bulan. Di periode ini dua gigi pertama di bagian depan bawah akan muncul.

Gigi ini juga disebut gigi seri tengah bagian bawah, kedua gigi ini bisa muncul dalam waktu bersamaan.

Tujuh bulan

Periode ini biasanya berlangsung pada usia enam bulan hingga 12 bulan. Di periode ini gigi bagian depan atas atau gigi seri depan atas akan muncul.

Sembilan hingga 16 bulan

Gigi di bagian atas di samping gigi tengah atau gigi seri samping atas akan mulai muncul. Sementara bagian samping bawahnya akan muncul beberapa waktu kemudian.

14 bulan

Periode ini biasanya berlangsung pada usia ke-12 bulan hingga ke 19 bulan. Pada periode ini gigi geraham pertama di bagian bawah dan atas akan muncul pada waktu hampir bersamaan.

Geraham adalah gigi rata di bagian belakang mulut bayi yang berfungsi untuk menghancurkan dan menggiling makanan.

18 bulan

Periode ini biasanya berlangsung dari usia ke -16 bulan hingga ke-23 bulan. Di periode ini gigi taring bayi akan muncul dari rahang atas dan bawah. Gigi taring ini adalah gigi yang lancip dan tajam yang digunakan untuk merobek makanan.

26 bulan

Periode ini biasanya berlangsung dari usia ke-20 bulan hingga ke-33 bulan. Pada periode ini, gigi di bagian belakang atau geraham kedua akan tumbuh di gusi atas dan bawah.

2,5 tahun hingga tiga tahun

Pada periode ini bayi akan memiliki keseluruhan 20 gigi primer atau gigi susu mereka.

Empat tahun

Moms akan melihat rahang dan tulang wajah bayi tumbuh untuk menyiapkan tempat antara gigi susu ke gigi permanen atau gigi dewasa untuk tumbuh. Biasanya gigi susu ini akan mulai tanggal pada usia sekitar enam atau tujuh tahun.

Setelah itu, barulah gigi permanen akan menggantikan tempat gigi susu. Anak perempuan biasanya lebih cepat kehilangan gigi susu ketimbang laki-laki.

Memahami dunia anak memang tidak akan ada habisnya. Moms, jangan ragu berkonsultasi dengan dokter kami melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Babycentre.co.uk (2019) diakses 17 Juni 2020. https://www.babycentre.co.uk/a1050142/your-childs-teething-timeline
  2. Stanforchidrens.org diakses 17 Juni 2020. https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=anatomy-and-development-of-the-mouth-and-teeth-90-P01872
  3. Thekidsdentistmequon.com, diakses 17 Juni 2020. https://www.thekidsdentistmequon.com/dental-topic/five-stages-of-teething/
    Berita Terkait
    register-docotr