Info Sehat

Simak, Berikut Beberapa Manfaat Jahe untuk Asam Lambung yang Jarang Diketahui!

June 19, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Manfaat jahe untuk asam lambung sangat efektif karena kandungan anti-inflamasinya. Ya, jahe diketahui merupakan salah satu obat alami yang dapat membantu menyembuhkan masalah perut, termasuk asam lambung.

Asam lambung kerap menyebabkan munculnya sensasi menyakitkan di tenggorokan dan dada. Refluks asam dapat terjadi ketika otot yang menghubungkan esofagus dan lambung bagian bawah gagal dalam melakukan tugasnya.

Baca juga: Obat Ceftriaxone: Kenali Manfaat, Dosis serta Efek Samping Penggunaannya

Apa manfaat jahe untuk asam lambung yang terjadi?

Rimpang jahe mengandung tiga elemen aktif utama yang berperan penting dalam penyembuhan asam lambung, yakni 6-gingerol, 6-shogaol, dan 6-paradol. Karena itu, jahe diketahui dapat membantu mengurangi mual, mencegah nyeri otot, dan mengurangi pembengkakan. 

Nah, untuk lebih jelasnya berikut manfaat jahe untuk masalah asam lambung yang perlu diketahui.

Mengurangi kontraksi lambung

Kandungan dalam jahe dapat secara alami menenangkan perut dan membantu mengurangi produksi asam lambung. Karena itu, jika dikonsumsi secara rutin maka bisa juga mengurangi kontraksi pada lambung

Sebagai antiinflamasi

Dilansir dari Healthline, pengobatan alami pada masalah asam lambung bisa membantu meringankan gejala karena bertindak sebagai antiinflamasi. Namun, jahe hanya boleh dikonsumsi dalam dosis kecil, karena jika berlebihan justru akan memperburuk gejala penyakit.

Sebagai antioksidan

Selain antiinflamasi, jahe juga mengandung antioksidan dan bahan kimia yang bisa memberikan sejumlah manfaat lain untuk tubuh. Senyawa fenolatnya dikatakan dapat meredakan iritasi saluran cerna dan mengurangi kontraksi lambung.

Ini berarti, jahe terbukti bisa membantu mengurangi asam yang mengalir dari perut kembali ke kerongkongan. Nah, ketika mengonsumsi jahe perlu juga untuk memerhatikan beberapa hal, seperti membatasi penggunaan dosisnya.

Meski jahe bisa membantu mengatasi asam lambung, namun jumlah konsumsinya juga harus dibatasi. Kelebihan mengomsumsi jahe dalam bentuk apapun bisa membahayakan kondisi kesehatan, lho!

Adakah efek peggunaan jahe untuk asam lambung?

Unsur aktif pada jahe dilaporkan bisa merangsang pencernaan, penyerapan, meringankan sembelit, dan perut kembung dengan meningkatkan aksi otot.

Jika kamu memiliki masalah pada perut, seperti asam lambung maka bisa memanfaatkan jahe yang ada di rumah. Jahe sudah menjadi obat terbaik untuk mengatasi hal ini jadi tidak perlu khawatir akan efek samping yang dirasakan asal penggunaannya cukup dan tidak berlebihan.

Ketika memilih pengobatan dengan menggunakan jahe, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter. Biasanya, dokter akan menawarkan lebih banyak panduan dan memastikan bahwa tidak akan berinteraksi dengan obat apapun yang sedang diminum.

Apabila refluks semakin parah, dokter dapat memberikan perawatan lain yang mendukung kesembuhan penyakit.

Baca juga: Kenali Sejak Awal, Ini Gejala Kanker Paru dan Faktor Risikonya!

Bagaimana cara mengonsumsi jahe untuk asam lambung?

Konsumsi jahe untuk mengobati asam lambung harus dalam jumlah yang memadai dan tidak boleh melebihi dosis aman. Sebelum dikonsumsi sebagai obat, kupas, parut, iris, dan potong jahe menjadi dadu untuk mempermudah proses pembuatannya.

Jahe adalah ramuan alami yang memiliki rasa menyengat, sehingga cara terbaik untuk mengonsumsinya bisa dengan menambahkan pada makanan. Nah beberapa cara lain untuk mengonsumsi jahe, antara lain sebagai berikut:

Teh jahe untuk refluks asam

Teh jahe bebas kafein dapat membantu penderita asam lambung karena lebih sehat dan aman dikonsumsi. Minuman ini bisa ditambahkan sedikit madu sebagai pemanis alami untuk mendapatkan rasa yang lebih enak. 

Jahe parut

Selain dengan teh, jahe juga bisa dikonsumsi dengan memarutnya. Jahe segar bisa diparut untuk membuat satu sendok teh, dan bisa dikonsumsi segera setelah makan. Konsumsi jahe parut ini secara rutin dengan dosis yang tepat untuk mendapatkan hasil maksimal.

Jus jahe

Jahe juga bisa dibuat jus dengan memotongnya menjadi dadu kemudian masukkan ke dalam mixer agar bisa tercampur dengan baik. Minuman ini bisa disimpan di dalam lemari es dan bagi yang tidak suka rasanya tambahkan satu sendok teh jus lemon ke dalamnya. 

Dosis kecil jahe dapat menjadi pengobatan yang aman dan efektif untuk refluks asam, namun tetap memerlukan evaluasi dokter lebih lanjut.

Overdosis jahe dalam bentuk apapun dapat menyebabkan gas atau kembung. Karena itu, disarankan untuk tidak mengambil lebih dari empat gram jahe selama asam lambung kambuh dalam 24 jam.

 Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline (2020), diakses 16 Juni 2020. Can You Use Ginger to Treat Acid Reflux?
  2. Boldsky (2018), diakses 16 Juni 2020. Ginger: A Medicinal Herb With Benefits
  3. Nourishdoc.com (2020), diakses 16 Juni 2020. Ginger For Acid Reflux Relief
  4. Medical News Today (2018), diakses 17 Juni 2020. What to drink if you have acid reflux
    Berita Terkait
    register-docotr