Info Parenting

Anak Bercita-cita Jadi Youtuber Atau Influencer? Ini Hal yang Perlu Dilakukan Orang Tua

June 9, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Perkembangan media sosial yang semakin mudah seperti sekarang ini membuat anak menjadi mudah untuk mengaksesnya. Youtube, menjadi salah satu media yang sangat digemari anak karena banyak hiburan di dalamnya.

Akibatnya, banyak anak yang berkeinginan atau memiliki cita-cita sebagai youtuber. Dalam hal ini, orang tua memiliki peran penting untuk mendukung anak-anak. Nah, untuk mengetahui hal yang perlu dilakukan orang tua yuk simak penjelasannya berikut.

Baca juga: Anak Artis Hidup dalam Kemewahan Sejak Lahir? Begini Tips Ajarkan Empati dan Peduli Sesama

Hal-hal yang harus dilakukan orang tua

Dilansir dari BBC, jumlah influencer anak masih dalam pertumbuhan tetapi akan terus bertambah.

Pendiri sebuah agensi yang mengelola influencer, Viral Talent bernama Laura Edwards berpendapat bahwa memproduksi konten online tidak memakan terlalu banyak waktu anak-anak.

Namun, dibalik suksesnya seorang anak sebagai influencer terdapat peran orang tua di belakangnya. Karena itu, terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua untuk anak dengan cita-cita sebagai influencer, yakni sebagai berikut:

Bimbing anak

Bicarakanlah dengan anak-anak dan bimbing melalui pengalaman online sejak usia muda. Jika anak mengambil kebiasaan baik ketika masih muda, maka ada kemungkinan besar hal tersebut akan berperan ketika sudah beranjak remaja.

Membimbing anak dengan tepat bisa membantunya berjalan di jalur yang sesuai. Selain itu, orang tua juga perlu memberitahu sejak awal bahwa sebuah pekerjaan harus dilakukan dengan niat dan usaha maksimal agar dapat mencapai kesuksesan yang diinginkan.

Dukung cita-cita anak

Sebelum melakukan suatu pekerjaan, orang tua harus membekali anak dengan pola pikir tentang kesuksesan dan kegagalan. Latih juga agar anak-anak bisa menyeimbangkan waktu belajar dan sebagai influencer atau pekerjaan yang terkait dengan online.

Dalam mewujudkan cita-cita anak sebagai youtuber atau influencer, orang tua perlu memberikan psikoedukasi saat membuat konten. Jangan biarkan anak hanya memikirkan tentang viewer dan subscriber tanpa melihat manfaat konten untuk orang lain.

Pastikan pula bahwa anak dapat mempertanggungjawabkan apa yang telah dimulai. Mendukung anak dalam mencapai cita-cita akan membuatnya merasa tidak sendiri dan merasakan perhatian dari orang tua.

Diskusikan dengan anak

Selalu diskusikan dengan anak mengenai konten tidak pantas yang mungkin muncul tanpa disengaja. Biasanya, anak akan mengikuti influencer tertentu sehingga pastikan orang tua memberikan kontrol penuh terhadap hal tersebut.

Perlu dipahami, mendengarkan bisa jauh lebih berharga daripada berbicara dengan anak. Biarkan anak tahu bahwa kamu tertarik terhadap apa yang dikatakannya dan pimpin dengan memberi contoh tepat.

Terima ambisi anak

Menerima ambisi anak dengan baik merupakan cara tepat agar keinginannya dapat tersalurkan secara maksimal dan terkontrol. Dekati dan ajari anak cara mempersiapkan streaming online jika diperlukan.

Orang tua juga harus tetap up to date dengan tren terbaru di kalangan anak-anak atau remaja. Dengan begitu, orang tua dapat menikmati dialog dengan anak pada usia di mana komunikasi biasanya sangat sulit dilakukan.

Gunakan alat kontrol

Dalam menggunakan media sosial, orang tua perlu menggunakan alat kontrol. Dengan alat kontrol, orang tua dapat membantu mengawasi apa yang dilakukan anak-anak secara online dan mengidentifikasi situasi di mana anak mungkin memerlukan nasihat.

Dari penggunaan alat kontrol ini, anak-anak akan belajar bagaimana bertindak secara bertanggung jawab dan mengartikulasikan pendapat yang dimiliki. Selain itu, anak mungkin juga bisa menetapkan tujuan dengan baik dan mencapainya.

Ketika memilih sebagai influencer, terdapat berbagai tantangan yang mungkin dihadapi termasuk risiko gagal. Untuk itu, segala risiko harus sudah dipikirkan dengan sangat baik agar tidak kecewa jika mengalami kegagalan di kemudian hari.

Baca juga: Anak Suka Memukul? Simak, Begini Tips Mudah Mengatasinya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
register-docotr