Info Parenting

10 Manfaat Bernyanyi untuk Bayi: Baik untuk Otak dan Tingkatkan Bonding

January 17, 2021 | Fitri Chaeroni | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Moms, mulai sekarang cobalah untuk lebih sering menyanyikan lagu untuk si Kecil. Sebab, bernyanyi pada bayi ternyata bisa membawa manfaat, lho!

Salah satunya bermanfaat untuk perkembangan dan tumbuh kembang si Kecil. Apakah Moms senang bernyanyi untuk buah hati kesayangan?

Manfaat bernyanyi untuk bayi

Berikut beberapa manfaat bernyanyi untuk bayi yang harus Moms ketahui:

1. Bagus untuk perkembangan otak

Melansir Motherly, sebuah penelitian menunjukkan bahwa lullaby atau nyanyian sebelum tidur bermanfaat untuk perkembangan kognitif bayi.

Secara spesifik, bernyanyi pada bayi dapat meningkatkan perhatian dan menunjukkan emosi positif si Kecil kepada ibu mereka.

Jessica Grahn, ahli saraf kognitif dan profesor di University of Western Ontario melihat hubungan antara ritme dan kemampuan bahasa, perhatian, perkembangan, ketajaman pendengaran, dan bahkan interaksi sosial dari kegiatan bernyanyi untuk bayi ini.

2. Mempererat hubungan

Bernyanyi pada bayi juga bisa meningkatkan bonding antara bayi dengan sang ibu. Saat Moms menyanyikan lagu pada si Kecil, maka bayi akan membangun ikatan yang kuat pada Moms dan juga suara Moms.

Bernyanyi menjadikan Moms suara pertama dan terpenting dalam hidupnya, sehingga si Kecil juga akan belajar bahwa Moms menyukainya.

3. Membantu proses transisi bayi

Bayi merasa aman saat hidup dapat diprediksi. Dengan Moms menyanyikan lagu khusus pada tiap kegiatan si Kecil, ibarat memberikan kode apa yang akan terjadi.

Misalnya Moms selalu menyanyikan lagu lullaby yang sama setiap malam. Maka saat si Kecil mendengar Moms menyanyikannya, ia akan menyadari kalau ini sudah saatnya tidur.

Jadi Moms bisa menyiapkan setiap lagu untuk berbagai aktivitas bersama bayi. Mulai dari lagu bangun tidur, lagu pengantar tidur, atau bahkan lagu untuk waktu makan.

4. Memperkenalkan bahasa pada anak

Musik dan lagu merupakan bahasa universal yang bisa dipahami siapapun. Nah, melalui lagu yang bahkan si Kecil belum paham artinya, ia bisa belajar berbagai kosakata baru.

Ketika Moms bernyanyi dan berbicara, bayi akan belajar tentang kata-kata, bahasa, dan komunikasi. Melalui nyanyian Moms, pemahaman bahasa bayi dimulai.

5. Belajar kosakata baru

Saat Moms bernyanyi sambil menggendong si Kecil, Moms memperkenalkan kosakata baru. 

Termasuk misalnya saat Moms memegang boneka anjing saat sambil bernyanyi tentang seekor anjing, bayi belajar mengasosiasikan nama mainan itu dengan kata-kata yang Moms nyanyikan.

Saat Moms bernyanyi tentang bagian tubuh dan mencium kaki bayi atau menggelitik perutnya, ia juga belajar kata-kata baru.

6. Belajar irama, rima, dan ritme

Setiap musik pasti mengandung irama dan rima yang juga bagian dari bahasa. Dari kegiatan ini, pada waktunya bayi akan mengenali rima dan ritme.

Sekalipun si Kecil belum memahami lirik sebuah lagu, mereka pasti dapat bergerak mengikuti irama musik.

Moms mungkin pernah memperhatikan si Kecil menari mengikuti lagu tertentu atau lebih menyukai musik tertentu daripada yang lain.

7. Memberikan bayi waktu bermain

Bernyanyi adalah salah satu dari banyak metode bermain untuk si Kecil. Nah, bermain adalah cara yang menyenangkan untuk berinteraksi dengan bayi.

Selain itu, bernyanyi adalah cara yang bagus untuk melibatkan kakak dalam menyambut bayi baru di rumah.

Bernyanyi dan bermain dengan bayi membangun ikatan antar saudara. Jadikan bernyanyi sebagai aktivitas keluarga.

8. Membantu bayi mengenali namanya

Menyanyi untuk bayi juga bisa bermanfaat untuk mengenalkan nama kepada si Kecil. Seorang bayi dapat mempelajari namanya dengan mendengarnya dalam lagu.

Cobalah mengganti nama bayi Moms dengan kata lain dalam lagu sehingga dia mendengar namanya dinyanyikan berulang kali.

9. Meningkatkan keterampilan mendengarkan

Seperti membaca, menyanyi adalah aktivitas yang membutuhkan keterampilan mendengarkan.

Ini adalah kesempatan lain bagi si Kecil untuk mulai memahami bahasa dan perasaan yang diungkapkan melalui bahasa dan permainan menyanyi.

10. Ungkapan cinta

Semua hal di atas bermuara pada penggunaan suara nyanyian Moms sebagai cara untuk mengekspresikan cinta.

Bayi tidak peduli jika Moms penyanyi yang hebat atau bukan. Ia hanya peduli bahwa Moms bernyanyi untuknya. Di mata dan telinga bayi, Moms adalah bintang terbaik!

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar parenting? Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

NAEYC. Diakses pada 15 Januari 2020. 10 Ways Babies Learn When We Sing to Them

Mother.ly. Diakses pada 15 Januari 2020. Singing to your baby is great for their brain development, says new study

Playgroup NSW. Diakses pada 15 Januari 2020. The Importance Of Music In The Development Of Toddlers

    register-docotr