Parenting

Lakukan Tips Berikut Jika Anak Alami Demam di Malam Hari

May 1, 2020 | Ahmad Ridwan | dr. Iqbal Adi Anugra
no-image

Anak mengalami demam di malam hari tentunya sering membuat orang tua menjadi panik dan gelisah. Demam dapat diartikan sebagai suatu respons tubuh dengan meningkatnya suhu tubuh di atas normal.

Suhu normal pada anak berkisar 36.2 oC sampai 37.5 oC. Suhu yang meningkat disebabkan karena adanya infeksi akibat bakteri atau virus.

Nah, jangan panik, kamu dapat melakukan beberapa cara untuk menurunkan panas pada si buah hati selain dengan menggunakan obat penurun panas. Berikut beberapa penanganan yang dapat dilakukan jika anak demam di malam hari.

Selalu mengecek temperatur suhu tubuh anak

Para orang tua tidak diharuskan untuk melakukan pengecekan suhu jika anak sedang tertidur pulas dan suhu tidak terlalu tinggi. Namun, harus dilakukan jika orang tua melihat anak dalam keadaan tampak lemas serta jangan gunakan pakaian tebal.

Sebaiknya, para orang tua menghindari memakaikan pakaian tebal pada anak dikarenakan hanya akan meningkatkan suhu tubuh si anak.

Berikan anak minum air putih

Banyak minum air putih atau jika anak masih bayi berikan ASI sesering mungkin untuk mencegah terjadinya kekurangan cairan yang disebabkan karena pada saat demam, suhu tubuh sedang meningkat sehingga banyak mengeluarkan cairan.

Jaga ruangan tetap sejuk

Jika saat anak sedang demam tidak perlu mematikan suhu ruangan, hanya saja para orang tua dapat melakukan pengaturan suhu ruangan agar anak tetap merasa nyaman.

Kompres air hangat

Menurut Pelayanan Kesehatan, kompres air hangat adalah suatu upaya untuk menurunkan demam dan berguna membuat tubuh menjadi lebih stabil dengan cara mengeluarkan panas dari dalam tubuh.

Untuk kompres air hangat diusahakan tidak terlalu panas kira-kira pada suhu 37oC. Untuk lokasi pengompresan dapat dilakukan di daerah dahi, ketiak dan di kedua lipat paha.

Obat penurun panas

Para orang tua dapat menggunakan obat parasetamol atau asetaminofen untuk membantu menurunkan panas si anak. Namun untuk pemberian dosis, lebih baik para orang tua untuk mengonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Setelah dengan memberikan penanganan awal di rumah dan tidak mengalami perbaikan gejala, sebaiknya mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat. Berikut ini tanda-tanda yang perlu diwaspadai untuk segera dibawa ke dokter, di antaranya:

  1. Jika ditemukan tanda-tanda dehidrasi (tampak lemas, gelisah, jika menangis tidak mengeluarkan air mata, jarang/tidak BAK dalam sehari, penurunan kesadaran)
  2. Jika si anak mengalami muntah terus menerus
  3. Anak mengalami kejang
  4. Kesulitan saat bernafas
  5. Pada anak usia < 3 bulan dengan suhu dubur 38 oC atau lebih
  6. Pada anak usia 3-6 bulan dengan suhu dubur 38.33 oC atau lebih, atau demam tinggi lebih dari 1 hari
  7. Pada anak usia 6 bulan – 1 tahun dengan suhu dubur 39.44 oC atau lebih atau demam tinggi lebih dari 1 hari
  8.  Anak usia berapa pun denga suhu 40 oC atau lebih
  9. Jika mempunyai riwayat kejang demam


Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Dan Brennan, MD. https://www.webmd.com/children/guide/treat-fever-young-children#2. 19 May 2019. 20 October 2019.

http://www.yankes.kemkes.go.id/read-cara-mengatasi-anak-demam-dengan-kompres-air-hangat-2823.html. 06 Oktober 2017.

http://www.yankes.kemkes.go.id/read-cara-mengatasi-anak-demam-dengan-kompres-air-hangat-2823.html. 06 Oktober 2017. 20 Oktober 2019.

https://www.healthychildren.org/English/health-issues/conditions/fever/Pages/Treating-a-Fever-Without-Medicine.aspx. 21 November 2015. 20 Oktober 2019.

Renee A. Alli,MD. https://www.webmd.com/first-aid/fever-in-children-treatment#2. 12 September 2017. 20 Oktober 2019.

Robert Ferry Jr., MD,FAAP. https://www.emedicinehealth.com/fever_in_children/article_em.htm#facts_on_fever_in_children. 19 Oktober 2018. 20 Oktober 2019.

 

    Berita Terkait
    register-docotr