Kesehatan Wanita

Kenali Penyebab Nyeri saat Haid agar Tidak Menjadi Lebih Parah

July 12, 2020 | Dani Kosasih | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Penyebab nyeri saat haid umumnya dirasakan wanita pada masa awal menstruasi. Pada beberapa kasus, ada wanita yang rasa sakitnya tidak terlalu hebat sehingga masih bisa beraktivitas secara normal.

Namun, pada kasus yang lain, ada juga wanita yang merasakan nyeri sangat hebat tak tertahankan hingga tidak mampu melakukan kegiatan apapun.

Penyebab nyeri saat haid

Penyebab nyeri saat haid dikarenakan dinding rahim yang berkontraksi sehingga menekan pembuluh darah di sekitarnya.

Hormon prostaglanding yang ada saat menstruasi juga berperan dalam nyeri haid, yang mana hormon ini akan menyebabkan kontraksi pada rahim.

Penyebab nyeri saat haid bisanya disebabkan oleh dua hal, pertama, kontraksi yang berlebihan, selanjutnya karena keterlibatan kondisi penyakit tertentu.

Kontraksi berlebihan

Selama periode menstruasi, dinding rahim akan berkontraksi untuk membantu mengeluarkan darah menstruasi. Aktifnya hormon prostaglandin saat haid dianggap memicu kontraksi pada rahim sehingga memunculkan rasa sakit pada saat haid.

Semakin banyak prostaglandin yang dihasilkan, maka akan semakin berat rasa nyeri yang dialami.

Nyeri perut saat haid ini banyak dikenal sebagai dismenore. Kondisi ini biasanya terjadi satu hingga dua hari sebelum menstruasi hingga hari kedua setelah darah keluar dari vagina. Bagian yang paling terasa sakit biasanya berada pada area perut bagian bawah.

Nyeri haid akibat kondisi kesehatan tertentu

Penyebab nyeri saat haid yang dirasakan sangat menyakitkan bisa juga disebabkan oleh beberapa kondisi medis tertentu, seperti:

Premenstrual syndrome (PMS)

Premenstrual syndrome merupakan kondisi umum yang disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh yang terjadi satu hingga dua minggu sebelum menstruasi dimulai. Rasa sakit ini biasanya hilang setelah pendarahan dimulai.

Endometriosis

Endometriosis merupakan kondisi medis yang menyakitkan dimana sel-sel dari lapisan rahim tumbuh di luar rahim. Biasanya kondisi ini terjadi di tuba falopi, ovarium, atau jaringan yang melapisi panggul.

Fibroid di dalam rahim

Fibroid merupakan jaringan otot non-kanker yang dapat menekan rahim yang menyebabkan rasa sakit yang abnormal saat awal menstruasi. Kondisi fibroid seringkali tidak menimbulkan gejala.

Penyakit radang panggul (PID)

Penyakit radang panggul merupakan infeksi rahim, saluran tuba, atau indung telur yang sering disebabkan oleh bakteri menular seksual yang menyebabkan peradangan pada organ reproduksi hingga menimbulkan rasa sakit.

Adenomyosis

Adenomyosis merupakan kondisi langka di mana lapisan rahim tumbuh ke dinding otot rahim hingga menyebabkan peradangan, tekanan, dan rasa sakit. Kondisi ini juga dapat menyebabkan periode rasa sakit yang lebih lama atau lebih berat.

Stenosis serviks

Stenosis serviks merupakan kondisi langka di mana serviks menjadi sangat kecil atau sempit sehingga memperlambat aliran menstruasi. Kondisi ini menyebabkan peningkatan tekanan di dalam rahim yang menyebabkan rasa sakit yang sangat hebat.

Wanita yang lebih berisiko mengalami nyeri saat haid

Pada beberapa kasus, terdapat golongan wanita yang memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami periode menstruasi menyakitkan.

Beberapa di antaranya seperti:

  • Wanita berusia di bawah 20 tahun
  • Wanita yang memiliki riwayat keluarga yang mengalami nyeri saat haid
  • Wanita yang mempunyai kebiasaan merokok
  • Wanita yang mengalami perdarahan hebat saat menstruasi
  • Wanita yang mengalami periode menstruasi tidak teratur
  • Wanita yang tidak pernah memiliki bayi
  • Wanita yang mencapai pubertas sebelum usia 11 tahun

Jika seorang wanita sering merasakan nyeri hebat saat menstruasi sebaiknya segera diperiksa ke dokter.

Malahan, banyak dokter menyarankan untuk segera memeriksakan kondisi rasa sakit saat menstruasi meskipun masih dalam tahap ringan.

Banyak wanita yang mengalami nyeri haid tetapi enggan memeriksakan dirinya ke dokter. Padahal, demi kesehatan, sangat dianjurkan untuk segera melakukan pemeriksaan agar segera diketahui penyebab pasti hingga bisa diobati dengan tepat.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

1. mayoclinic.org. Diakses 7 Juli 2020. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/menstrual-cramps/symptoms-causes/syc-20374938

2. webmd.com. Diakses 7 Juli 2020. https://www.webmd.com/women/guide/menstrual-pain#1-2

3. healthline.com (2020). Diakses 7 Juli 2020. https://www.healthline.com/health/painful-menstrual-periods#causes

    Berita Terkait
    register-docotr