Kesehatan Wanita

Nafsu Makan Selalu Meningkat saat PMS? Ini Alasannya!

March 16, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Ketika premenstrual syndrome alias PMS, seorang wanita sering kali merasa lebih mudah lapar dibandingkan biasanya. Selain itu, keinginan untuk mengonsumsi makanan manis dan mengandung karbohidrat juga meningkat.

Apa sebenarnya penyebab nafsu makan meningkat ketika PMS? Apa saja makanan yang baik dikonsumsi saat PMS? Yuk, cari tahu jawabannya di sini.

Baca juga: Jangan Bingung! Ini Perbedaan Antara PMS dan Tanda Awal Kehamilan

Mengapa saat PMS nafsu makan meningkat?

Perlu kamu ketahui bahwa terdapat beberapa teori mengenai alasan mengapa nafsu makan meningkat pada saat PMS. Salah satunya yakni perubahan hormonal yang memengaruhi rasa lapar.

Hormon estrogen dan progesteron mengalami peningkatan dan kemudian turun tepat sebelum menstruasi terjadi. Di sisi lain, pada fase pramenstruasi seorang wanita mungkin saja sedikit lebih responsif terhadap insulin.

Pakar kesehatan kandungan dan kebidanan Gerardo Bustillo, MD, menjelaskan bahwa fluktuasi kadar estrogen dan progesteron juga dapat memengaruhi neurotransmitter seperti serotonin.

Serotonin berperan dalam perubahan suasana hati serta keinginan untuk mengonsumsi makanan tertentu.

Sebuah studi pada tahun 2016 menunjukkan bahwa perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron menyebabkan keinginan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan makanan manis sebelum menstruasi.

Tubuh dapat melepaskan serotonin ketika mengonsumsi makanan manis dan mengandung karbohidrat. Serotonin juga merupakan zat kimia yang dapat meningkatkan perasaan bahagia.

Baca juga: Olahraga Berat Bisa Ganggu Siklus Menstruasi? Ini yang Perlu Diwaspadai!

Apa saja makanan yang baik dikonsumsi saat PMS?

Ketika PMS, tak jarang kita mengalami beberapa gejala yang membuat tidak nyaman, seperti kram perut, sakit kepala, mual, perut terasa kembung, kelelahan, hingga perubahan suasana hati.

Nah, beberapa jenis makanan tertentu pun diyakini dapat membantu meredakan gejala PMS tersebut. Dilansir Healthline, berikut ini beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi saat PMS:

1. Buah-buahan

Buah-buahan dengan kandungan air yang tinggi, seperti semangka dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Selain itu, mengonsumsi buah-buahan manis dapat membantu mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi.

2. Sayuran

Sayuran memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh, termasuk ketika PMS. Selama menstruasi kadar zat besi dapat menurun, terlebih lagi jika jumlah darah yang keluar saat menstruasi terjadi secara berlebihan.

Akibatnya, terjadi kelelahan, nyeri pada tubuh, dan pusing. Mengonsumsi sayuran pun dapat membantu mencegah hal tersebut.

Sayuran berdaun hijau, seperti kale dan bayam, diketahui dapat meningkatkan kadar zat besi di dalam tubuh.

3. Ikan

Ikan kaya akan kandungan zat besi, protein, serta asam lemak omega-3. Kandungan tersebut menjadikan ikan sebagai makanan bergizi yang baik dikonsumsi pada saat PMS.

Menurut sebuah penelitian pada tahun 2012, omega-3 dapat mengurangi intensitas nyeri haid atau menstruasi.

4. Cokelat hitam (dark chocolate)

Tak hanya merupakan camilan yang nikmat, cokelat hitam juga kaya akan kandungan zat besi dan magnesium.

Pada 100 gram cokelat batang dari 70-85 persen kandungan cocoa mengandung sekitar 67 persen asupan harian yang direkomendasikan (RDI) untuk zat besi dan sekitar 58 persen untuk magnesium.

Sebuah studi pada tahun 2010 menemukan bahwa magnesium dapat membantu meredakan gejala PMS. Sementara itu, berdasarkan studi tahun 2015, kurangnya asupan magnesium dapat meningkatkan gejala berat PMS.

Meskipun demikian, sebaiknya janganlah terlalu berlebihan dalam mengonsumsi cokelat, ya. Sebab, mengonsumsi makanan yang mengandung gula secara berlebihan justru dapat memperburuk suasana hati.

5. Kacang-kacangan

Sebagian besar kacang-kacangan kaya akan kandungan asam lemak omega-3 dan sumber protein yang baik. Tak sampai di situ saja, kacang-kacangan juga mengandung magnesium dan berbagai vitamin.

6. Quinoa

Quinoa kaya akan kandungan nutrisi penting seperti zat besi, protein dan magnesium. Sebagai tambahan, quinoa juga memiliki indeks glikemik rendah dan bebas gluten, yang dapat membuatmu merasa kenyang dan berenergi lebih lama.

7. Daging ayam

Daging ayam adalah makanan lain yang juga mengandung zat besi dan protein. Mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan protein sangat penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Sebagai tambahan, protein juga dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama.

Itulah beberapa informasi mengenai alasan mengapa nafsu makan meningkat ketika PMS, serta makanan yang baik dikonsumsi saat menstruasi.

Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar kesehatan wanita, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Greatist (2015). Diakses pada 15 Maret 2021. The Real Reason You’re Always Hungry Around Your Period 

Healthline (2020). Diakses pada 15 Maret 2021. Why You Want to Eat All the Things Before Your Period 

Healthline (2019). Diakses pada 15 Maret 2021. 16 Foods to Eat (and Some to Avoid) During Your Period

Huffpost (2016). Diakses pada 15 Maret 2021. This Is Why Women Feel More Hungry Around Their Period 

The Faseb Journal (2016). Diakses pada 15 Maret 2021. Menstrual cycle hormones, food intake, and cravings

International Journal of Gynecology and Obstetrics (2012). Diakses pada 15 Maret 2021. Effect of omega-3 fatty acids on intensity of primary dysmenorrhea 

NCBI (2010). Diakses pada 15 Maret 2021. Evaluating the effect of magnesium and magnesium plus vitamin B6 supplement on the severity of premenstrual syndrome 

NCBI (2015). Diakses pada 15 Maret 2021. The Association between the Risk of Premenstrual Syndrome and Vitamin D, Calcium, and Magnesium Status among University Students: A Case Control Study

    register-docotr