Kesehatan Wanita

Jangan Asal-asalan, Ini Cara Minum Pil KB yang Baik dan Benar!

January 15, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Ada banyak pilihan alat kontrasepsi yang bisa dipakai untuk membantu merencanakan kehamilan. Salah satunya adalah pil KB, atau biasa juga disebut dengan istilah kontrasepsi oral. Agar berfungsi sebagaimana mestinya, kamu harus tahu cara minum pil KB yang benar.

Baca juga: KB untuk Ibu Menyusui yang Aman Apa Ya? Yuk Moms Simak 7 Pilihan Berikut

Bagaimana cara kerja pil KB?

Pada dasarnya, pil KB berfungsi untuk mencegah pembuahan (bertemunya sel sperma dengan sel telur).

Dengan kandungan hormon di dalamnya, pil KB dapat mengatur hormon sedemikan rupa untuk mencegah pematangan sel telur sehingga tidak terjadi pembuahan.

Cara minum pil KB yang benar

Kamu disarankan meminumnya di jam yang sama setiap harinya. Kamu bisa menelannya dengan air, selayaknya meminum obat-obatan pada umumnya. Akan tetapi kamu harus memperhatikan jenis pil KB yang kamu miliki, karena masing-masing memiliki aturan minum yang berbeda.

Cara minum pil KB kombinasi

Merupakan jenis pil KB yang paling banyak dikonsumsi, pil kombinasi mengandung hormon estrogen dan progestin buatan di dalamnya. Dilansir dari Plannedparenthood, kamu bisa mulai meminum pil ini kapan saja.

Namun jika kamu memulainya dalam selang waktu 5 hari setelah haid, ini akan lebih efektif melindungi dirimu dari kehamilan. Adapun cara meminumnya tergantung pada jenis paket pil yang kamu miliki.

Paket 28 hari

Minumlah 1 pil setiap hari selama 28 hari berturut-turut, dan kemudian mulai kemasan baru pada hari ke 29.

Pil terakhir dalam kemasan pil kombinasi 28 hari, tidak mengandung hormon di dalamnya. Pil ini disebut pil “pengingat” atau “plasebo”, yang berfungsi membantu mengingatkan kamu untuk minum pil setiap hari dengan tepat waktu.

Paket 21 hari

Berbeda dengan paket 28 hari, kamu harus meminum 1 pil setiap hari selama 21 hari berturut-turut, lalu jangan minum pil apa pun selama tujuh hari setelahnya.

Jika kamu mematuhi aturan ini, kamu akan mengalami haid selama minggu keempat saat tidak minum pil apa pun. Penting untuk meminum setiap pil dalam paket 21 hari karena tidak ada pil pengingat (bebas hormon).

Paket 91 hari

Beberapa pil kombinasi ada yang terdiri dari pil hormon selama 12 minggu berturut-turut, dan diikuti dengan pil pengingat bebas hormon hingga 1 minggu. Biasanya ini bertujuan agar kamu mengalami menstruasi setiap 3 bulan sekali.

Kamu tidak harus meminum pil KB kombinasi pada waktu yang sama persis setiap hari. Tetapi meminumnya pada saat yang sama adalah ide yang bagus karena bisa membantu kamu terbiasa dan mencegah lupa meminum pil tersebut.

Baca juga: Tak Boleh Sembarangan, Ini Efek Samping KB IUD yang Bisa Terjadi

Cara minum pil KB progestin

Ini adalah pil KB yang hanya mengandung progestin, dan tidak memiliki estrogen. Pil ini umumnya dipilih oleh wanita yang tidak dapat menggunakan estrogen karena alasan kesehatan atau faktor lainnya.

Pil ini akan membantu kamu terlindungi dari kehamilan setelah 48 jam sejak mengonsumsinya. Jika kamu melakukan hubungan seks selama 2 hari pertama tersebut, usahakan untu memakai metode kontrasepsi lain, seperti kondom, untuk membantu mencegah kehamilan.

Berbeda dengan pil kombinasi, kamu harus minum pil progestin pada waktu yang sama setiap hari. Jika Anda meminumnya lebih dari 3 jam dari waktu biasanya, gunakan metode kontrasepsi cadangan untuk 48 jam ke depan.

Pil khusus progestin hanya tersedia dalam kemasan 28 hari, di mana semua pil mengandung hormon. Dalam prosesnya, kamu mungkin mengalami menstruasi selama minggu keempat, pendarahan terus-menerus sepanjang bulan, atau bahkan tidak mendapatkan menstruasi sama sekali.

Bagaimana jika kamu lupa minum pil KB?

Jika ini terjadi padamu, minumlah pil KB yang kamu miliki segera setelah kamu ingat. Jika esok hari pun kamu masih tetap lupa, lanjutkan dan minum dua pil hari itu.

Apabila kamu melewatkan lebih dari dua pil, hubungi dokter untuk mendapatkan arahan yang lebih lengkap. Setiap kali kamu lupa minum pil, pastikan untuk terus menggunakan bentuk kontrasepsi lain untuk membantu rencana kehamilanmu tetap terjaga.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Birth Control Pills: Are They Right for You?, https://www.healthline.com/health/birth-control-pills#types diakses pada 6 Januari 2021

Birth Control Pill, https://www.plannedparenthood.org/learn/birth-control/birth-control-pill diakses pada 6 Januari 2021

How to Take Birth Control Pills, https://www.healthlinkbc.ca/health-topics/tn10330 diakses pada 6 Januari 2021

Birth Control Pills, https://www.webmd.com/sex/birth-control/birth-control-pills diakses pada 6 Januari 2021

    register-docotr