Kesehatan Wanita

5 Tanda Masa Subur pada Tubuh Wanita dan Siap untuk Hamil

September 4, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Kamu sedang mempersiapkan kehamilan? Jangan lupa untuk mengecek masa suburmu. Mengukur periode ini akan mendukung kemungkinan hamil yang lebih tinggi.

Supaya tidak salah menentukan, yuk cari tahu apa sih itu masa subur pada wanita. Sekaligus mengetahui tanda-tanda tubuh dalam kondisi subur dan siap untuk hamil. Berikut penjelasan selengkapnya!

Apa itu masa subur?

Masa subur wanita juga sering disebut sebagai waktu ovulasi. Pada wanita usia subur, waktu ovulasi ini terjadi setiap bulan. Umumnya, masa subur terjadi di pertengahan siklus menstruasi, jika kamu selalu memiliki siklus 28 hari.

Sebenarnya apa yang terjadi di saat masa ovulasi, hingga disebut sebagai waktu dengan peluang tinggi untuk kamu yang merencanakan kehamilan? Masa ovulasi adalah waktu perubahan hormonal yang kemudian diikuti dengan pelepasan sel telur matang.

Dengan begitu, ketika berhubungan seksual dan sperma bisa mencapai sel telur matang tersebut, peluang kehamilan akan semakin besar. Hal ini didapat jika dibandingkan dengan peluang hamil di waktu lainnya.

Seperti apa tanda-tanda tubuh dalam masa subur?

Meski tidak semua mengalami gejala yang sama, tetapi berikut ini beberapa tanda-tanda yang umum dialami wanita ketika dalam masa subur:

1. Perubahan suhu tubuh

Perubahan suhu tubuh ini merujuk pada kondisi pertama kali bangun di pagi hari. Suhu tubuh saat sedang masa subur biasanya naik dan akan berlangsung hingga satu hari.

Kenaikan suhu tubuh mulai dari 0,5-1 derajat Celcius. Hal tersebut efek dari aktifnya hormon progesteron, yang membantu menyiapkan lapisan rahim menjadi lebih tebal. Ini adalah bentuk persiapan tubuh jika terjadi pertumbuhan embrio.

2. Perubahan jumlah dan tekstur cairan vagina

Cairan atau lendir vagina umumnya akan terlihat lebih banyak dari biasanya. Selain itu, bentuknya juga akan berubah. Jika biasanya bisa lebih kental dan pekat, saat tubuh dalam masa subur lendir vagina akan berubah menyerupai putih telur.

Perubahan cairan vagina tersebut terjadi karena adanya kenaikan kadar hormon estrogen dalam tubuh. Jika sebelumnya kamu tidak menyadari perubahan ini, kini kamu tahu bahwa ini menjadi salah satu pertanda kamu dalam masa subur.

3. Gairah seksual meningkat

Gairah seksual pada wanita biasanya meningkat sesaat sebelum masa subur. Jika kamu mengalaminya di pertengahan siklus menstruasi, ini bisa menjadi tanda bahwa kamu tengah subur dan siap untuk hamil.

Jika dibarengi dengan tanda-tanda lainnya, kamu bisa menganggap gairah seksual meningkat karena masa subur. Tapi jika tidak, mungkin saja gairah seksual meningkat karena faktor lain seperti pengaruh fluktuasi hormon, yang bukan karena masa subur.

4. Nyeri payudara

Rasa nyeri pada payudara biasanya terjadi karena pengaruh perubahan hormon ketika memasuki masa subur.

5. Nyeri pada perut bagian bawah

Nyeri pada masa subur atau ovulasi sering juga disebut dengan istilah nyeri mittelschmerz. Rasa nyeri ini bisa dirasakan di perut bagian bawah. Jika kamu mengalami nyeri ovulasi, maka kamu tepat berada di waktu yang paling subur.

Tanda lain yang menunjukkan tubuh sedang dalam masa subur

Perubahan lainnya adalah bentuk serviks. Namun kamu tidak bisa mengeceknya secara langsung. Dilansir americanpregnancy.org, saat dalam masa subur serviks akan terasa melunak dan posisinya juga menjadi lebih tinggi.

Satu perubahan lagi yang tidak bisa kamu rasakan langsung adalah kualitas air liur. Saat sedang subur, jika dilihat dengan alat khusus, air liurmu akan membentuk pola seperti daun pakis.

Selain itu, ada juga beberapa tanda yang seringkali dianggap juga menjadi pertanda kesuburan. Namun, tanda ini tidak umum dialami oleh wanita. Tanda-tanda yang dimaksud antara lain:

  • Indra penciuman, perasa dan penglihatan menjadi lebih peka
  • Serta perut yang terasa kembung

Pastikan masa subur dengan tes ovulasi

Jika kamu merasakan tanda-tanda yang sudah disebutkan di atas namun belum yakin dalam kondisi subur, kamu bisa lakukan tes kesuburan. Saat ini sudah banyak alat tes kesuburan untuk mendukung pasangan yang sedang merencanakan memiliki momongan.

Demikian penjelasan mengenai tanda-tanda tubuh dalam masa subur dan siap untuk hamil.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline diakses 3 September 2020 What Are the Symptoms of Ovulation? 
  2. Americanpregnancy.org diakses 3 September 2020 Ovulation Symptoms 
  3. Verywellfamily diakses 3 September 2020 8 Signs of Ovulation That Help Detect Your Most Fertile Time 
    register-docotr